Cara Efektif Ajarkan Uang Pada Anak

Cara Edukasi Anak Tentang Uang

Agar anak bisa berkembang dengan baik, orang tua akan menerapkan berbagai macam pola asuh yang ditanamkan sejak dini. Beberapa jenis pelajaran yang diberikan antara lain tentang agama, etika, kedisiplinan, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Namun ada satu hal yang tidak kalah penting yang harus ada dalam daftar edukasi anak yaitu pengenalan tentang ilmu finansial atau money lesson.

Sebagian orang tua banyak yang beranggapan bahwa pendidikan formal saja sudah cukup untuk bekal anak di masa depan. Padahal di kehidupan nyata, banyak hal yang tidak didapatkan anak di sekolah, contohnya tentang ilmu manajemen keuangan.

Cara Sederhana Membentuk Anak Cerdas Kelola Uang

Mengajarkan anak perihal uang harus dilakukan sejak dini demi membentuk prilaku finansial yang baik dan sebagai tumpuan kokoh di masa depan. Butuh proses panjang dan berkelanjutan untuk membentuk kebiasaan finansial yang baik pada anak. Orang tua juga menjadi faktor penentu keberhasilan, dimana sebagai orang tua harus telaten, disiplin, dan bisa menjadi teladan yang baik yang bisa dicontoh oleh anak.

Beberapa cara bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengenalkan uang kepada anak yang masih balita yaitu melalui kegiatan-kegiatan sederhana yang dilakukan sehari-hari di rumah.

1. Mengenalkan Tentang Esensi Uang

Pendidikan tentang uang kepada anak bisa dimulai sejak anak mengenal uang, umumnya sekitar umur 2-3 tahun. Di umur tersebut anak sudah mulai paham fungsi dari uang, biasanya karena sudah mulai suka jajan, ingin beli mainan, susu, dan lain sebagainya. Pada kesempatan itu orang tua bisa mengajarkan kepada anak 2 hal tentang uang, yaitu:

  • Uang sebagai alat tukar
  • Uang bisa memenuhi kebutuhan

Tak hanya itu, orang tua juga bisa mengajarkan secara sederhana konsep mendapatkan uang tersebut, yaitu dengan bekerja. Kalau tidak bekerja maka tidak akan mendapatkan uang dan kebutuhan tidak akan terpenuhi. Beritahukan bagaimana sulitnya mendapatkan uang dan apa yang terjadi jika tidak ada uang.

2. Melibatkan Anak Pada Kegiatan-kegiatan yang Berhubungan dengan Uang

Cara pengajaran ini bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti:

  • Mengajak belanja
  • Membayar tagihan
  • Mengajak berjualan (jika orang tua berdagang)

Pengalaman nyata di lapangan akan lebih mudah di serap oleh daya pikir anak. Melalui kegiatan-kegiatan di atas, anak akan diperlihatkan secara langsung bagaimana uang itu bekerja, apakah uang cukup untuk membeli barang yang diinginkan atau tidak, belajar konsep mahal dan murah, dan belajar bagaimana cara uang itu didapatkan atau dikumpulkan.

3. Mengajarkan Berhemat dan Menabung

Setelah mengajarkan konsep menggunakan uang, pelajaran selanjutnya tentu saja soal menyimpan uang. Pelajaran ini paling umum dilakukan oleh para orang tua, yaitu menabung. Seringnya kalau sudah "ngajarin nabung", orang tua merasa sudah mengajari anak tentang keuangan. Tapi apakah kalau rajin nabung sudah pasti pintar mengelola uang? Belum tentu. Paling tidak menabung adalah sarana melatih anak untuk lebih terampil, hemat dan disiplin.

Setelah kebiasaan menabung terbentuk, secara natural anak akan lebih paham bahwa harus mengumpulkan uang untuk membeli apa yang dia mau. Akhirnya dia juga sadar kalau tidak semua harus dibeli sekarang, dan semua yang dibeli harus sesuai dengan kemampuan. Dengan begitu orang tua sudah mengajarkan satu pelajaran penting lainnya selain menabung, yaitu menentukan prioritas, membedakan keinginan dan kebutuhan.

4. Mengenalkan Uang Melalui Game

Cara edukasi anak tentang uang melalui game dirasa paling cocok dan mungkin paling disukai. Apalagi kebiasaan anak yang sangat lekat dengan gadget sehingga akan menjadi hal yang efektik ketika mengajarkan uang melalui game-game edukasi di gadget.

Konten game edukasi jaman sekarang bukan hanya tentang mata pelajaran saja, melainkan sangat beragam termasuk juga soal finansial. Untuk para orang tua ataupun kamu yang ingin mengenalkan finansial ke keponakan atau adik, berikut ini referensi game edukasi finansial berbasis web dari mortgagecalculator.org.

4.1. Treze Coins

Treze Coins Game Edukasi Anak
https://www.mortgagecalculator.org/money-games/trezecoins

Sebuah permainan sederhana dimana anak bisa belajar untuk menambahkan jumlah uang yang nantinya disetorkan pada sebuah mesin. Disana akan muncul sebuah angka misal $15, kemudian anak memilih beberapa koin uang sehingga berjumlah $15, koin yang tersedia ada $1, $5 dan $10.

Game ini cocok untuk balita yang sudah mulai belajar berhitung ataupun baru mengenal angka.

4.2. LEGO City Adventures Build And Protect

LEGO City Game Belajar Anak
https://www.mortgagecalculator.org/money-games/lego-city-adventures-build-and-protect

Untuk anak yang senang bermain Lego, game satu ini akan sangat cocok. Selain bermain Lego, anak juga bisa belajar mengenal uang lho dengan game LEGO City Adventures Build And Protect. Seperti dalam permainan Lego biasanya, kita diintruksikan untuk membangun kota menggunakan berbagai bangunan yang menghasilkan pendapatan pajak yang berikutnya dapat digunakan untuk membantu membangun bangunan lain di kota kita.

Game ini melatih anak untuk mengelola keuangan sekaligus melatih membuat keputusan, dimana uang yang di dapat akan digunakan kembali untuk apa agar bisa menghasilkan kota metropolitan yang keren. Game ini cocok sekali dimainkan oleh anak-anak yang sudah mulai berfikir kritis, seperti anak-anak usia sekolah. Namun begitu anak-anak balita pecinta Lego tetap bisa memainkannya dengan bantuan orang tua.

4.3. Pizza Cafe

Pizza Cafe Game Mendidik Anak
https://www.mortgagecalculator.org/money-games/pizza-cafe

Merupakan game simulasi restoran pizza. Pemain harus dengan cepat melayani pelanggan untuk mengumpulkan sejumlah uang. Selain untuk mendapatkan uang, game ini juga mengajarkan untuk membelanjakan uang yang sudah di dapat dengan membeli bahan masakan jika bahan sudah habis. Selain itu, anak juga dilatih untuk cekatan dan teliti karena setiap pengunjung yang datang memesan jenis pizza yang berbeda dan kita harus membuat sesuai pesanannya dalam waktu tertentu. Jika terlalu lama, si pengunjung akan pergi dengan raut wajah sedih :(

Itu dia beberapa jenis game yang bisa dimainkan oleh anak sebagai salah satu cara untuk mengenalkan ilmu keuangan atau finansial. Untuk game lainnya bisa di cek di halaman website mortgagecalculator.org/money-games. Game ini bisa dimainkan di handphone ataupun PC secara gratis tanpa perlu install aplikasi apapun.

Cara pengenalan uang yang menyenangkan akan lebih mudah diterima oleh anak dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar ilmu finansial sejak dini. Orang tua pun harus terus belajar dan upgrade diri supaya bisa menjadi panutan yang baik untuk ditiru oleh anak. Sebelum anak belajar ilmu finansial lebih banyak di dunia luar, kebiasaan orang tua lah yang pertama kali dilihat dan akan direkam olehnya sebagai teladan. Seperti kata pepatah:

Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya.

Artikel Terkait

Posting Komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.