Tips Mengatasi Writer's Block Bagi Bloger Saat Menulis

Tips Atasi Writer's Block Bloger

Apa sih writer's block? Mungkin kamu cukup sering mendengar istilah ini tapi masih belum paham artinya. Secara singkat, writer's block adalah sebuah kondisi dimana penulis mengalami kebuntuan ide sehingga tidak dapat menghasilkan atau menyelesaikan tulisan. Writer's block dapat terjadi pada penulis pemula sampai profesional.

Profesi bloger yang dituntut untuk selalu menghasilkan tulisan menarik setiap hari sangat rawan terkena writer's block. Bloger harus memiliki strategi agar bisa secepatnya keluar dari kondisi itu. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi writer's block bagi penulis dan bloger yang bisa dicoba.

1. Jangan Terlalu Perfeksionis

Sifat perfeksionis memiliki dua sisi yang berbeda seperti sebuah koin. Di satu sisi akan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa sempurna, di sisi lain akan menguras tenaga lebih banyak dari yang dibutuhkan dan juga waktu pengerjaan yang lebih lama.

Jika dibiarkan terlalu berlebihan, sifat ini akan membawa pengaruh negatif. Kamu akan terus merasa cemas dan takut akan opini orang lain tentang tulisanmu.

Cobalah untuk tidak mempedulikan pendapat miring orang lain kecuali jika berupa opini membangun. Jangan terlalu terpaku pada hasil akhir dan hargailah dirimu sendiri yang sudah berjuang saat proses pembuatannya. Percaya diri dan terbitkan tulisanmu saat selesai. Perbaiki seperlunya tanpa harus mengejar standar sempurna yang terlalu tinggi.

2. Lakukan Blogwalking

Blogwakling adalah kegiatan berjalan-jalan mengunjungi blog orang lain. Membaca tulisan bloger lain dapat membuka perspektif baru tentang banyak hal. Kamu jadi mampu untuk menilai suatu masalah dari banyak sisi berkat membaca opini yang berbeda sudut pandang. Perbedaan gaya tulisan pun dapat menambah pembendaharaan kata dan memperluas wawasan. Asupan informasi baru seperti ini mampu memberikan ide segar dan inspirasi sehingga kreativitas dapat kembali mengalir.

3. Buat Kerangka Tulisan

Jujur saja, saya pun masih jarang membuat outline (kerangka tulisan) saat menulis artikel. Pokoknya langsung nulis saja deh sesuai isi kepala yang ada saat itu. Padahal kerangka cukup penting agar isi tulisan tidak melebar dari pembahasan utama. Hal inilah yang sedang saya biasakan.

Menulis mengikuti kerangka tulisan seperti bekerja dengan buku panduan. Kamu dapat menyelesaikan paragraf demi paragraf dengan lebih mudah dan tidak membuang ide dengan percuma karena fokusmu sudah jelas ke arah mana.

Saat mengalami writer's block, bacalah kembali kerangka tulisan agar kamu mengingat kembali hal apa saja yang perlu ditambahkan.

4. Membuat Tulisan Dengan Niche Berbeda

Jika sudah terasa stuck banget menulis topik yang sama terus-menerus, coba deh untuk menulis topik yang sangat berbeda dengan biasanya. Menulis niche diluar kebiasaan akan melatih kemampuan pengolahan kosakata. Siapa tahu pada akhirnya kamu jadi bisa membuat blog baru dari niche tersebut. Semakin banyak blog semakin banyak pemasukan juga, bukan?

Jika ingin mencoba, pelajari dulu topik artikel paling dicari di Google agar bisa sekalian mendulang trafik dari tulisan selingan ini.

5. Bermain Game Ringan

Salah satu cara melepas penat terbaik adalah dengan bermain game. Kamu bisa coba game yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran, atau bisa juga mencoba game pengasah otak agar kreativitas lebih terlatih. Game dengan tipe strategi dapat memberikan kemampuan untuk menganalisa dan melakukan problem solving. Berikut adalah rekomendasi game online ringan tanpa install untuk selingan dan hiburan.

5.1. Solitaire

Namanya sangat familiar, bukan? Game klasik ini sudah menemani sejak pertama kali mengenal komputer, khususnya pengguna sistem operasi Windows. Saat ini game kartu gratis Solitaire bisa dimainkan di browser sehingga pengguna sistem operasi lain pun bisa mencobanya. Karena berbasis browser, kamu tidak perlu menginstall apapun untuk memainkannya. Cocok banget untuk pengguna smartphone.

Untuk mencobanya, cukup buka browser seperti Google Chrome dan akses URL berikut ini. Solitaire akan langsung tersedia di halaman utama.

ALAMAT:

https://www.solitaire.org
Game Online Klasik Gratis

5.2. Tetra Blocks

Game ini kurang lebih sama seperti Tetris, dimana kamu dapat mengubah bentuk balok yang tersedia agar bisa masuk ke balok sebelumnya. Jika bermain di komputer, berikut adalah perintah yang digunakan:

  1. Bergerak ke kiri dan kanan: tanda panah kiri dan kanan atau huruf A dan D
  2. Mengubah bentuk balok: tanda panah atas atau huruf W
  3. Menurunkan balok: tanda panah bawah atau huruf S
  4. Meluncurkan balok ke bawah dengan instan: spasi

ALAMAT:

https://www.solitaire.org/tetra-blocks
Game Online Klasik Tanpa Install

5.3. Minesweeper

Game satu ini terkenal nyebelin karena permainan akan berakhir jika kamu menemukan peledak sementara posisi peledak tidak bisa diketahui secara pasti. Biasanya jika meledak, saya akan ketawa-ketawa sendiri karena kesal. Cocok deh buat seru-seruan sebagai sarana penepas penat.

ALAMAT:

https://www.solitaire.org/classic-minesweeper
Game Online Klasik Tanpa Install

Masih banyak lagi game pereda stress gratis yang bisa ditermukan di situs Solitaire. Silakan explore sendiri dan temukan game favoritmu.

6. Atur Waktu Menulis

Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda. Saya sendiri cenderung lebih aktif menulis di malam hari. Saya tidak pernah memaksakan diri untuk menulis di pagi atau siang hari karena ujung-ujungnya tidak akan menghasilkan apa-apa. Cuma buang-buang waktu nongkrong di depan laptop doang tapi hasilnya nol. Lebih baik siang hari dimanfaatkan untuk hal produktif lain, bukan?

Bagaimana denganmu? Kenali dirimu dan cobalah untuk menulis di waktu yang menurutmu tepat.

7. Liburan

Hidup itu tidak melulu soal kerja kerja kerja! Kamu juga butuh selingan agar otak tidak overload. Seimbangkan porsi kerja dan liburan agar kesehatan mentalmu aman.

Pergi ke tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota akan membuatmu merasa relax dan damai. Kadang inspirasi bisa datang disaat pikiran tenang dan tidak banyak tekanan.

Saya pribadi sangat menyukai kegiatan outdoor seperti camping dan hiking. Cukup sering dilakukan, tapi tidak sampai ditulis di blog traveling khusus sih.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan writer's block bagi penulis, khususnya bagi yang berprofesi sebagai bloger. Tidak usah memaksakan diri kalau sedang buntu ide. Lakukan tips di atas untuk penyegaran dan meminimalisir resiko terkena writer's block.

Artikel Terkait

3 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • eos.my.id
    09 September, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/11459423643847761691
    izin
  • irfan
    31 Agustus, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00432675358921231781
    kalo otak udah bingung mau nulis kata apalagi saya biasanya ngalihin kegiatan kehal yang lain

    kaya main game atau nonton youtube
  • Adam Muiz
    19 Agustus, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14028754173000527387
    Mantap mbak, kalau aku malas buat konten biasanya menggunakan teknik efortless untuk mencegah Perfeksionis yang biasanya justru berujung procrastination.