5 Jenis Artikel yang Paling Banyak Dicari di 2022

Artikel yang Banyak Dicari Orang

Tujuan utama ngeblog adalah mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Saat artikel yang dimuat begitu disukai, tentu sangat membahagiakan bukan? Apalagi kalau sampai punya pengunjung setia yang selalu kembali setiap kita update konten baru. Sebagai seorang penulis, rasanya puas sekali ketika tulisan kita banyak dilihat dan diterima oleh khalayak ramai.

Namun mendatangkan pengunjung bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh seorang bloger sebelum membangun blog. Salah satunya adalah harus memahami setidaknya ilmu dasar dari SEO agar blog bisa menembus mesin pencari. Tulisan yang dibuat haruslah memiliki peminat agar pekerjaan kita tidak sia-sia.

Contohnya, jika kamu membuat artikel berjudul cara membuat blog, maka artikel tersebut berpeluang untuk muncul di Google karena banyak orang yang juga mencari hal sama. Sebaliknya, jika kamu membuat artikel berjudul asal seperti ABCD, maka tidak akan ada gunanya karena orang pun tidak ada yang mencarinya.

Bayangkan, kamu sudah susah payah menulis ternyata pasarnya tidak ada. Jadi sebelum menulis, pastikan kamu tahu jenis artikel apa yang dibutuhkan pembaca.

Ingatlah hukum "supply and demand". Jika banyak orang yang mencari kata kunci tertentu, maka buatlah artikel berdasarkan kata kunci tersebut.

Artikel yang dibuat pun harus berkualitas, lengkap, relevan dan bisa memberikan solusi. Pengunjung melakukan pencarian di mesin pencari karena mereka menemukan masalah, jadi artikelmu haruslah bisa memberikan jalan keluar.

Jenis Artikel yang Paling Sering Dikunjungi

Lalu konten seperti apa sih yang paling banyak dicari oleh para pengunjung? Berikut blog Igniel berikan referensinya.

1. Artikel Ulasan Produk

Artikel yang Paling Sering Dikunjungi
Gambar: unsplash.com

Pengalaman menggunakan suatu produk bisa dituangkan ke dalam artikel yang pastinya akan banyak dicari orang ketika akan membeli produk yang sama. Mereka cenderung mencari ulasan dan referensi sebelum membeli untuk mengetahui bagaimana kualitas produk tersebut. Ada banyak jenis barang yang bisa dibuat ulasannya. Yang paling banyak dicari biasanya mengenai beberapa kategori produk berikut.

1.1. Barang Elektronik

Ulasan mengenai barang elektronik menjadi salah satu yang paling banyak dicari mengingat rutinitas orang di masa kini yang tidak bisa lepas dari benda elektronik terutama handphone (HP) alias smartphone seperti Android dan iPhone.

Laptop pun tidak luput dari incaran. Jadi selain smartphone, pastikan kamu menulis mengenai laptop-laptop terbaru yang muncul di pasaran.

Derasnya kemajuan teknologi membuat kedua benda tersebut selalu diperbarui dalam rentang waktu yang cukup pendek. Dijamin deh, kamu tidak akan kehabisan stok artikel karena akan sering menulis artikel review smartphone dan laptop terbaru.

1.2. Kendaraan

Selain peralatan elektronik, ulasan mengenai dunia otomotif pun banyak dicari oleh pengguna internet. Hal itu tidak terlepas dari fakta bahwa kendaraan, baik motor atau mobil, menjadi kebutuhan dan gaya hidup untuk sebagian besar orang.

Ulasan mengenai model-model kendaraan terbaru akan menjadi konten yang menarik dan banyak dicari oleh pengguna internet dari berbagai kalangan. Mulai dari pecinta otomotif yang suka modif, pekerja kantoran yang butuh kendaraan hemat bahan bakar untuk pergi ke kantor, atau untuk anak muda yang ingin kendaraan dengan desain stylish.

1.3. Peralatan Rumah Tangga

Ibu-ibu rumah tangga adalah target market yang tepat. Mereka sangat teliti sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Untuk mengusir keraguan, mereka akan mencari informasi dari berbagai sumber, salah satunya adalah melalui tulisan yang tersebar di mesin pencari. Jadi membuat artikel mengenai perabotan rumah tangga sangat berpotensi mendatangkan banyak pengunjung.

2. Artikel Tutorial

Ide Artikel Viral
Gambar: unsplash.com

Artikel tutorial disebut sebagai artikel abadi. Penjelasan mengenai sebuah hal cenderung selalu sama dari waktu ke waktu. Paling hanya butuh sedikit penyesuaian saja jika sudah lewat beberapa tahun. Isi tulisan tidak akan lekang dimakan zaman. Berbeda dengan artikel musiman yang terpaku pada tren atau tema tertentu yang sedang ramai untuk kemudian hilang perlahan-lahan.

Artikel tutorial sangat cocok jika ingin mendapatkan pengunjung yang stabil untuk waktu yang lama. Namun persaingan keywordnya lumayan tinggi. Mungkin kamu akan berdarah-darah dulu di awal sebelum mendapatkan hasil bagus di akhir.

Artikel tentang tutorial sangat luas cakupannya. Sebagai contoh, kamu bisa membuat tutorial membuat sesuatu seperti membuat kue, membuat akun media sosial, cara mengedit foto di Photoshop, tutorial memakai hijab, tutorial membuat video tiktok, belajar gitar, cara membuat website, dan masih banyak ide artikel tentang tutorial yang bisa dijadikan konten untuk dimuat di blog.

Jika kamu sedang belajar membuat blog, pastikan untuk memilih hosting berkualitas agar performa blog selalu stabil. Untuk pemula bisa mencoba membeli paket hosting murah namun tidak murahan.

3. Artikel Traveling

Cara Mencari Artikel yang Ramai Pengunjung
Gambar: unsplash.com

Saat ini berwisata sudah menjadi kebutuhan masyarakat indonesia. Tidak bisa dipungkiri, kemajuan media sosial seperti Instagram dan Tiktok sangat membantu menaikkan minat masyarakat untuk melakukan traveling. Banyaknya foto dan video pemandangan dari lokasi indah yang tersebar di linimasa mengundang rasa penasaran untuk ikut mencoba.

Ceruk itu bisa kita manfaatkan untuk menulis konten blog mengenai traveling. Sebelum bepergian, biasanya traveler akan melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari estimasi harga, lokasi spot foto, sampai informasi oleh-oleh. Jadi tidak heran kalau blog atau artikel traveling menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh pengunjung.

Selain hal di atas, bloger bisa membuat artikel yang terkait dengan tujuan-tujuan wisata di suatu daerah, cara menuju ke sana, biaya transportasi dan akomodasi, hotel terdekat, sampai do's and don'ts untuk pengetahuan para calon traveler.

4. Artikel Kuliner

Artikel yang Ramai Visitor
Gambar: unsplash.com

Artikel mengenai kuliner sangat berkaitan erat dengan artikel traveling. Biasanya orang yang sedang bepergian ke suatu daerah akan sekalian mencari informasi tentang kuliner daerah tersebut. Jadi selama dunia traveling masih digemari, artikel kuliner pun akan beriringan mengikuti.

Selain artikel tentang makanan khas suatu daerah, konten tentang kuliner lainnya pun banyak tersedia, misalnya tentang resep masakan. Artikel resep banyak dicari oleh para pengguna internet dari kalangan ibu-ibu. Apalagi menjelang hari spesial tertentu seperti bulan puasa, Idul Fitri, dan Natal, resep kue maupun makanan khas menjadi tinggi volume pencariannya.

5. Info Promo dan Diskon

Niche Artikel Tinggi Visitor
Gambar: unsplash.com

Satu lagi jenis artikel yang sering diburu oleh orang Indonesia adalah artikel info promo. Saat ini tingkat konsumtif masyarakat sangat meningkat berkat kemudahan dalam berbelanja. Adanya tambahan diskon atau potongan harga maka akan sangat berpengaruh pada minat beli masyarakat.

Menjamurnya toko online dan marketplace sampai pilihan metode pembayaran yang mudah membuat para perusahaan terkait mengeluarkan banyak promo untuk menarik konsumen dan bersaing dengan kompetitor. Info mengenai diskon atau promo online tersebut bisa kita tulis sebagai artikel. Dijamin banyak banget pengunjungnya!

Penutup

Jenis-jenis artikel yang banyak dibaca pengunjung di atas hanyalah sebuah referensi. Tentu kamu bebas untuk menentukan isi konten blogmu sendiri. Jika ingin diisi oleh tulisan pribadi seperti curhat, puisi, dan lain sebagainya, itu adalah hakmu. Yang penting kamu nyaman dan bahagia saat ngeblog.

SHARE Pin Share
9 komentar
  1. mantaappp kan asep jadi tau tuh harus bikin artikell bagaimana mantappp kan jangan lupa untuk kunjungin blog asep kembali ya ka igniel di www*aseprohimatea*online makasih banyak.

    BalasHapus
  2. Sekarang Blog Mbak Igniel ga ada iklannya terasa bersih dan keren, apa memang sengaja dimatikan atau bagaimana mbak igniel.

    Blog saya juga pingin ngaturnya sedikit saja iklannya, tapi ternyata yang muncul tetp buaanyak, meskipun di halaman Adsense sudah dimatikan berbasis minat.

    Salam Sukses Selalu Mbak Igniel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ga ada iklan nya kenapa teh malahan saya baru keterima adsense 3 hari yang lalu

      Hapus
    2. Semoga mendapatkan penghasilan yang maksimal dan kunjungan yang padat

      Hapus
  3. ini teh kenapa ga ada iklannya ? biasannya rame sama iklan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 iklan rame nyah?

      Hapus
    2. kenapa mbak iklannya kok gak aktif, bisa share mungkin supaya dapat menjadi pelajaran teman yang baru ngeblog

      Hapus
  4. Baru tau saya iklan adsense igniel kena banned www.traveloffline.us

    BalasHapus
  5. HP Wireless Printer Setup

    Connecting a printer over a USB cable is pretty easy. But connecting a wireless printer can become very challenging quite often. Follow the HP wireless printer setup process to install it in no time.

    1. Take the printer out of the box and remove all tapes from it before starting.
    2. Plug in the power cord, turn on the printer and install the print cartridges. Allow your printer to complete its startup routine, which includes printing of an alignment page (if applicable).
    3. Go to the manufacturer's website and download drivers for your printer model.
    4. Install the drivers and follow the instructions during hp wireless printer setup process.
    5. In the meantime, go to printer's control panel and use wireless printer setup wizard.
    6. Identify your wifi network and connect the printer to it using its correct credential.
    7. Complete the wireless printer setup process by connecting to your printer model as it would appear during installation.

    For more detailed information visit: https://mchelperprintersupport.com/hp-wireless-printer-setup/


    BalasHapus
  • Centang kotak Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.
  • Jika ingin menulis kode maka harus di-parse terlebih dulu (terutama Javascript dan HTML)
  • Gunakan <i> untuk menuliskan kode. Contoh:
    <i>#comments</i>
  • Gunakan <em> untuk menuliskan kode yang lebih panjang atau URL. Contoh:
    <em>#comments {margin:0; padding:10px 15px}</em>
×

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru. Gratis!