Buntu Ide Menulis Karena Stress? Redakan Dengan Game

Rekomendasi game online gratis penghilang bosan dan stress dengan genre puzzle, arcade, RPG petualangan, edukasi, simulasi, dan lainnya.
Rekomendasi Game Online Penghilang Stress

Melakukan rutinitas yang itu-itu aja memang bisa bikin bosan. Ditambah dengan situasi pandemi yang sedang menimpa seluruh penjuru dunia, semakin terbataslah ruang gerak kita untuk melakukan aktifitas selingan karena banyak sekali area publik yang ditutup. Untuk sekedar ngopi santai bersama teman pun sulit karena kita masih harus menerapkan protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan menjaga jarak.

Saya sendiri sedang merasakan itu. Tiap hari berkutat dengan laptop untuk menulis artikel, sudah pasti rasa bosan tidak bisa dihindari. Mood yang kurang bagus bisa merambat ke hal lain, yaitu tersumbatnya ide-ide baru untuk muncul. Jelas jadi masalah dong. Bagi saya yang seorang full time blogger, tidak bisa menghasilkan tulisan baru merupakan hal yang mengerikan. Jika tidak ada artikel baru, maka tidak ada pemasukan. Sesederhana itu. Ujung-ujungnya malah jadi stress.

Biasanya saya melakukan kegiatan outdoor seperti naik gunung atau berkemah untuk membuang penat sekaligus mencari inspirasi. Cara itu terbukti efektif. Setelah berkegiatan di alam bebas, otak menjadi lebih jernih dan bisa memikirkan ide-ide baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Sayangnya pandemi akibat virus Corona telah mengubah itu semua. Dalam setahun, hampir bisa dihitung dengan jari berapa kali saya melakukan kegiatan outdoor. Alias jaranggggg banget. Ya mau tidak mau saya harus mencari cara lain untuk bersenang-senang tanpa menggadaikan kesehatan.

Game Online Gratis Penghilang Stress

Untuk mengusir bosan dan mengurangi stress, akhirnya saya memilih untuk bermain game disela-sela kesibukan menulis. Kebetulan saya menemukan situs yang menyediakan banyak game edukasi gratis yang bisa dimainkan di laptop. Situsnya beralamat di https://plays.org.

Beberapa keunggulan dari situs tersebut antara lain:

  1. Terdapat ribuan game online gratis yang siap dimainkan.
  2. Browser-based game alias dimainkan di browser. Jadi tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Cukup praktis.
  3. Ringan meskipun dimainkan di browser.
  4. Aman dimainkan oleh anak.
  5. Konten diupdate setiap hari sehingga game baru akan selalu muncul.
  6. Alamat situs yang pendek sehingga mudah untuk diingat.

Keuntungan Bermain Game

Selama tidak dilakukan secara berlebihan, game memiliki banyak kelebihan kok, diantaranya:

  1. Mengurangi stress akibat dari pekerjaan yang menumpuk.
  2. Sumber hiburan yang murah.
  3. Mengembalikan mood menjadi baik.
  4. Mengasah ketajaman berpikir jika memainkan game sejenis catur dan teka-teki.
  5. Jika dimainkan oleh anak, game dapat menjadi sarana edukasi karena terdapat banyak permainan yang merangsang tumbuh kembang otak seperti permainan membaca, berhitung, menghapal nama-nama benda, dan sejenisnya.

Kumpulan Game Gratis Penghilang Stress

Karena niatnya untuk menghilangkan stress, saya memilih game yang fun dan nggak perlu mikir. Beberapa yang saya mainkan antara lain sebagai berikut.

1. Foot Chinko

Game Bola Gratis Pakai Browser

Alamat:

https://plays.org/foot-chinko

Saya cukup suka sepak bola, jadi saya mencari game yang berhubungan dengan itu. Akhirnya ketemulah game dengan judul Foot Chinko.

Rupanya cara mainnya hanya perlu memantulkan bola saja sampai masuk ke gawang. Tidak perlu digiring seperti game bola pada umumnya. Ya lumayan lah untuk permulaan bermain di situs ini.

Game ini mengingatkan saya pada permainan masa kecil, yaitu kelereng. Ketika menyentil kelereng, kita biasanya memantulkannya terlebih dulu ke tembok atau langsung mengarahkan ke kelereng teman untuk membuatnya terpental. Ya kurang lebih seperti itu lah. Cukup membuat nostalgia juga sih.

Cara bermain: pantulkan bola ke samping atau arahkan langsung ke gawang untuk membuat goal. Kiper akan terus bergerak dari kiri ke kanan tanpa henti untuk menjaga bola. Jadi pastikan untuk mengarahkannya dengan benar.

2. Tom & Jerry Backyard Hoops

Game Online Gratis

Alamat:

https://plays.org/tom-and-jerry-backyard-hoops

Ketika mencoba game kedua untuk dimainkan, mata saya tertuju pada gambar yang sangat familiar, yaitu Tom & Jerry. Rupanya situs ini juga membuat game dari karakter terkenal. Kalau kamu mengajak anak, adik, ponakan, atau sadara yang masih kecil untuk bermain game di plays.org, mereka pasti senang melihat tokoh kartun kesukannya hadir di sana.

Cara bermain: arahkan cursor pada bola yang sedang dipegang Tom lalu klik kiri pada mouse atau touchpad agar bolanya terlempar.

3. Pac Rat

Game Pacman Gratis Android

Alamat:

https://plays.org/pac-rat

Kalau namanya terasa familiar, ini karena game-nya memang sejenis dengan Pacman. Hanya saja karakternya diubah menjadi tikus. Kamu hanya perlu memakan makanan yang ada di arena sambil menghidar agar tidak menabrak musuh.

Cara bermain: gunakan tombol panah pada keyboard untuk menggerakan Pac Rat.

Ada beberapa game lain yang saya mainkan tapi hanya sekilas. Sementara 3 di atas adalah favorit, jadi saya sebutkan secara khusus. Karena tujuannya untuk selingan, saya pun hanya bermain sebentar, mungkin sekitar 30 menit. Kalau keterusan takutnya kebablasan dan malah artikelnya nggak selesai-selesai.

Di situs plays.org terdapat ribuan game online gratis yang diupdate secara berkala. Jadi kamu tidak akan bosan untuk memainkan game yang itu-itu saja. Game-nya pun tergolong ringan dan mudah untuk dimainkan. Benar-benar cocok sebagai game penghilang stress.

Karena stress saya sudah sedikit berkurang berkat bermain game di plays.org, sekarang sudah waktunya untuk kembali memikirkan ide menulis. Jaga konsistensi agar selalu bisa menghasilkan artikel baru. Kalau bosan, stuck, atau stress akibat beban pekerjaan, tidak apa-apa kok untuk istirahat sejenak dan sedikit bermain game.

1
Buntu Ide Menulis Karena Stress? Redakan Dengan Game
Buntu Ide Menulis Karena Stress? Redakan Dengan Game
Rekomendasi game online gratis penghilang bosan dan stress dengan genre puzzle, arcade, RPG petualangan, edukasi, simulasi, dan lainnya.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

1 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Unknown
    01 Maret, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/17618175681547988668
    Thanks mbak sangat bermanfaat bagi yang bosan blogger