Tips Asik Mengajarkan Matematika Kepada Anak SD

Matematika merupakan ilmu yang selalu diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari mulai dari hal yang paling mendasar sekalipun. Contohnya adalah untuk menghitung, baik itu operasi pengurangan, penambahan, pembagian, dan lain sebagainya. Karenanya, penting sekali untuk mengajarkan matematika dasar pada anak sedini mungkin.

Jenjang SD (Sekolah Dasar) menjadi periode emas bagi anak untuk belajar matematika. Anak akan diberikan pengetahuan mengenai cara berhitung sederhana untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di sekitarnya.

Cara Menyenangkan Belajar Matematika Untuk Anak SD
Cara Menyenangkan Belajar Matematika Untuk Anak SD

Matematika identik dengan rumus yang harus dihafal sehingga terkadang anak menjadi takut dan malas untuk mempelajarinya. Sebagai orang tua, Anda perlu berpikir kreatif dan menemukan cara agar anak mau belajar matematika tanpa perlu dipaksa.

Untuk mengubah paradigma bahwa matematika itu sulit, Anda bisa melakukan beberapa tips asik belajar matematika untuk anak SD berikut ini.

1. Jauhkan Gadget

Anak-anak cenderung lebih mudah berpindah fokus, oleh karena itu buatlah suasana yang terbebas dari gangguan apapun selama anak sedang belajar matematika. Jauhkan gadget seperti smartphone dari jangkauan anak agar mereka dapat berkonsentrasi menyelesaikan soal-soal rumit yang sedang dihadapi.

2. Menggunakan Alat Bantu

Memahami operasi hitung dasar dapat dibantu menggunakan berbagai macam alat yang ada di sekitar, contohnya menggunakan potongan puzzle. Untuk operasi penambahan, tambahkan potongan puzzle sesuai jumlahnya. Sementara untuk pengurangan tinggal dikurangi saja jumlah puzzle tersebut.

Anda juga bisa menggunakan sempoa. Hindari penggunaan kalkulator karena penting bagi anak untuk paham konsep dasar berhitung terlebih dulu.

3. Menggunakan Soal Cerita

Anak memiliki daya imajinasi yang tinggi. Manfaatkan hal tersebut untuk membuat sebuah soal yang berhubungan dengan operasi hitungan. Cara ini pun bermanfaat untuk melatih nalar dan logika anak. Contoh soal cerita matematika adalah sebagai berikut:

Budi sangat menyukai buah apel. Budi memiliki 3 buah apel di tangannya. Jika ibu memberikan 7 apel lagi, berapakah jumlah apel yang dimiliki Budi sekarang?

4. Menggunakan Game

Gadget memang perlu dijauhkan dari anak selama belajar matematika. Namun hal tersebut dapat menjadi pengecualian jika gadget digunakan sebagai sarana belajar. Saat ini banyak sekali game online gratis yang berhubungan dengan matematika sehingga dapat membantu anak untuk memahami konsep berhitung dengan cara yang lebih asik dan menyenangkan.

Anda perlu memberikan aturan ketat pada anak saat memberikan gadget dalam rangka belajar matematika, diantaranya adalah:

  1. Tentukan batas waktu pemakaian, misalnya 30 menit.
  2. Larang anak untuk membuka game dan aplikasi selain game matematika.

Tempat rekomendasi game matematika gratis untuk anak tanpa install dapat dicoba di Calculators.Org. Namanya saja sudah matematika banget ya. Kumpulan gamenya pasti bermanfaat sekali untuk belajar berhitung.

Kumpulan game matematika online ini tidak perlu diinstal karena cukup diakses dari browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Anda dapat menghemat kapasitas penyimpanan gadget berkat game berjenis browser-based seperti ini.

Salah satu game yang perlu dicoba adalah Math 4 kids. Anak akan bermain operasi matematika standar seperti penambahan (addition), pengurangan (substraction), perkalian (multiplication), dan pembagian (divide). Musiknya pun menyenangkan dan riang sehingga suasana menjadi lebih ceria.

Game Matematika Anak SD
Math 4 kids

Jika ingin mencobanya, langsung saja akses alamat berikut ini:

https://www.calculators.org/games/educational-math-game-for-kids

5. Buat Buku Catatan

Biarkan anak memiliki buku catatannya sendiri yang berisi kumpulan rumus atau hasil pembelajaran matematika lainnya. Bebaskan dia untuk menulis sesuai dengan gayanya sendiri. Meski terkadang penuh coretan dan warna-warni, tapi itulah bukti bahwa anak berhasil mempelajari sesuatu.

6. Terapkan Di Kehidupan Nyata

Saat sedang berbelanja, ajaklah anak untuk menghitung total belanjaan sebelum pergi ke kasir. Buatlah dia menghitung jumlah buah yang dibeli saat dimasukkan ke kulkas. Bisa juga mengajak anak menghitung berapa jumlah kue yang harus dibagi rata kepada seluruh anggota keluarga. Implementasi ilmu seperti ini akan membuat anak sadar betapa pentingnya belajar matematika.

Itulah beberapa tips singkat belajar matematika untuk anak SD yang mudah dan menyenangkan. Belajar itu tidak perlu dipaksa jika anak sudah nyaman dengan lingkungan sekitar dan terbiasa dengan subjek yang dipelajarinya.

Artikel Terkait

Posting Komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.