Tips Mudah Memilih Asuransi yang Tepat

Panduan untuk membantu memilih dan menentukan asuransi kesehatan yang cocok bagi Anda dan keluarga. Pilih premi ringan dan klaimnya mudah.
Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang mulus, memiliki badan sehat, dan terhindar dari segala marabahaya yang mengancam keselamatan. Namun sebagai manusia kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, bukan? Untuk meminimalisir segala resiko yang bisa saja terjadi, kita harus siap dan memiliki solusi yang tepat, salah satunya dengan memiliki asuransi.

Asuransi menjadi salah satu produk keuangan yang perlu dimiliki oleh siapa saja, karena fungsi asuransi tidak hanya sebagai jaminan medis, tapi juga untuk melindungi keuangan. Di artikel ini akan dijelaskan secara detail terkait bagaimana tips memilih asuransi.

Tips Memilih Asuransi Secara Tepat

Banyaknya jenis perusahaan asuransi bisa memudahkan kamu dalam memilih asuransi. Namun pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu agar tidak terjebak pada perusahaan yang salah. Beberapa perusahaan asuransi kredibel yang mungkin sudah tidak asing di telinga antara lain Asuransi Roojai, Prudential, dan BPJS Kesehatan milik pemerintah, dan lainnya.

Salah sedikit saja, maka uang yang kamu miliki akan melayang sia-sia. Jadi hati-hati ya. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum memilih asuransi.

1. Pahami Kebutuhan dan Keperluan

Sebelum memilih asuransi, kamu perlu memahami terlebih dahulu terkait kebutuhan dan kemampuan. Misalnya mengenai penyakit apa yang dapat dicover oleh pihak asuransi, apa saja syaratnya, batasan usia, dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus terjawab sehingga kebutuhan kamu benar-benar terpenuhi secara optimal. Hindari juga membeli produk asuransi dengan fitur tambahan yang sebenarnya tidak kamu butuhkan karena akan sia-sia dan berpengaruh kepada premi yang harus dibayar.

Untuk premi sendiri, kamu harus pastikan besarannya sesuai dengan kemampuan keuangan setiap bulan. Hal ini dilakukan karena ketika telat membayar maka dendanya akan terus berjalan.

2. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Yang tidak kalah penting dalam memilih asuransi yaitu perlunya memastikan perusahaan tersebut sudah terpercaya. Pastikan perusahaan sudah berdiri dalam jangka waktu yang lama dan memiliki rekam jejak yang baik di tanah air. Salah satu cara memastikan perusahaan dengan reputasi baik adalah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu juga bisa mencari informasi tambahan dan ulasan dari website, blog, atau media sosial.

3. Bandingkan Premi dan Manfaatnya

Setelah kedua hal di atas sudah terpenuhi, selanjutnya kamu perlu mempelajari terkait besarnya premi dan manfaatnya. Seperti di poin pertama, kamu perlu memastikan kembali asuransi seperti apa yang dibutuhkan, bagaiamana kesanggupan keuangan kamu udah membayar premi tanpa merasa terbebani dan apakah biaya yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat yang di dapat.

Proses ini dilakukan karena banyak sekali asuransi yang preminya besar tetapi manfaatnya tidak sesuai. Demi menghindari itu, maka diperlukan kejelian dalam membandingkan premi antara satu perusahaan dengan yang lainnya.

4. Proses Klaim Mudah

Proses klaim asuransi secara umum adalah dengan cara cashless dan reimbursement. Untuk sistem cashless, pembayaran dilakukan secara langsung dari pihak asuransi kepada pihak rumah sakit. Sedangkan reimbursement yaitu pembayaran tagihan kepada konsumen dengan cara meng-klaim dan membutuhkan barang bukti seperti struk pembayaran, dll.

Apapun metodenya pastikan bahwa klaimnya mudah, cepat, dan praktis. Kamu harus rajin mecari informasi dan ulasan di berbagai platform. Kamu juga bisa bertanya jika ada orang disekitarmu yang sudah lebih dulu menggunakan jasa asuransi tersebut.

5. Cara Belinya Praktis dan Mudah

Di era serba digital ini, harusnya proses pembelian asuransi sudah lebih mudah lagi. Pilihlah perusahaan yang proses pembeliannya praktis, misalnya dengan mendaftar dan membeli secara online tanpa perlu tatap muka. Cara ini dapat lebih hemat biaya, waktu, dan juga energi. Kamu juga tidak perlu menyishkan waktu dikala kesibukan untuk antri berjam-jam demi mendaftar dan membeli asuransi.

Dari 5 tips di atas bisa disimpulkan bahwa memilih asuransi itu gampang-gampang susah. Ingat ya, tidak boleh asal-asalan dan jangan tergiur dengan penawaran-penawaran menarik tanpa mempelajarinya dulu. Jangan sampai kamu menyesal karena memilih asuransi yang kurang tepat. Pilih yang sesuai kebutuhan, dari perusahaan terpercaya, premi dan manfaatnya sepadan, klaimnya mudah, dan belinya praktis.

Posting Komentar
Tips Mudah Memilih Asuransi yang Tepat
Tips Mudah Memilih Asuransi yang Tepat
Panduan untuk membantu memilih dan menentukan asuransi kesehatan yang cocok bagi Anda dan keluarga. Pilih premi ringan dan klaimnya mudah.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

Posting Komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.