Mengatasi Blogger Tidak Bisa Dibuka Tanpa www

Agar Custom Domain Blogger Bisa Dibuka Tanpa www

Saat memasang custom domain di Blogger, maka pengguna wajib mengaturnya dengan menyertakan subdomain utama, yang mana biasanya adalah www. Ini hal mutlak yang harus dilakukan. Tidak bisa tuh naked domain alias tanpa www seperti di blog self-hosted.

Akibatnya, pengunjung pun wajib menuliskan alamat blog secara lengkap termasuk www di depannya. Ini sebenarnya meribetkan semua orang sih. Kenapa? Ini contoh kasusnya.

Suka buka Facebook? Apa yang kamu tulis di browser ketika membuka situsnya? Saya yakin hampir semua orang menuliskan facebook.com saja tanpa www.

Kalau Blogger mewajibkan menulis www di depan, yang ada pengunjung pada males sih. Tapi untungnya, ada pengaturan khusus di Blogger yang bisa me-redirect alamat ketika mengakses blog tanpa www ke versi dengan www. Untung deh.

Tapi tunggu. Tidak semuanya untung. Ada juga yang rugi kehilangan traffic karena hal sepele, yaitu lupa mengatur redirect www ketika telah memasang custom domain Blogger. Blog jadi terkesan error seperti gambar berikut.

Memperbaiki Error Blog Tidak Bisa Diakses Tanpa www

Nah, agar kamu tidak rugi kehilangan pengunjung, ada baiknya pengaturan blog dicek dengan teliti seperti tutorial di bawah ini.


Cek Akses Blog

Pertama-tama kita cek aksesibilitas blog. Apakah bisa redirect www atau tidak. Untuk mengecek bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  1. Melalui browser dengan mode incognito / private.
  2. Menggunakan browser dari perangkat lain yang belum pernah membuka blognya sama sekali.

Kenapa? Karena jika pakai browser dari smartphone, laptop atau PC milik kamu sendiri yang sudah sering membuka blog tujuan, maka akan terdapat cache, cookie, dan history yang tertinggal. Sehingga kalaupun TIDAK BISA redirect www, dia akan otomatis dilempar ke alamat dengan www karena ada bekas cookie, cache, dan history sebelumnya.

Akibatnya blog akan terlihat aman-aman saja UNTUK KAMU SENDIRI. Sementara bagi pengunjung? Ya sudah jelas akan muncul halaman error. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung. Kesan pertama yang muncul adalah blog kamu tidak aktif, bisa jadi mereka malas untuk membukanya lagi. Itu menjadi kunjungan pertama dan terakhir bagi mereka. Jangan sampai deh kehilangan banyak traffic gara-gara blog tidak bisa diakses.

Jadi cek dulu ya melalui dua cara di atas. Kalau ternyata memang error, silakan ikuti tutorial memperbaiki error custom domain Blogspot tidak bisa dibuka tanpa www berikut ini.


Solusi Agar Blogger Bisa Diakses Tanpa www

  1. Buka dashboard Blogger dan akses menu Setelan (Settings) » Dasar (Basic) » Publikasi (Publishing) » Alamat Blog (Blog Address).
  2. Klik Edit pada alamat custom domain yang telah terpasang.
  3. Klik pada bagian Alihkan domain.com ke www.domain.com (Redirect domain.com to www.domain.com) sampai muncul tanda checklist / centang pada kotak yang tersedia.
  4. Terakhir klik tombol Simpan (Save).
Mengaktifkan Redirect www Blogger

Sampai disini sebenarnya sudah selesai. Namun pihak Blogger sendiri menyarankan pengaturan tambahan, yaitu menambah A Records agar tidak terjadi error ketika blog dibuka tanpa www.

  1. Pergilah ke situs dari tempat kamu membeli domain.
  2. Buka menu untuk mengatur DNS.
  3. Tambahkan 4 buah A Records sesuai table di bawah ini.
  4. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan.

Host / Name Type Data / Value / Target TTL
Kosongkan A 216.239.32.21 Biarkan default sesuai bawaan
Kosongkan A 216.239.34.21 Biarkan default sesuai bawaan
Kosongkan A 216.239.36.21 Biarkan default sesuai bawaan
Kosongkan A 216.239.38.21 Biarkan default sesuai bawaan

Jika host tidak bisa dikosongkan, isi dengan nama domain tanpa www.

Cara Menambahkan A Records Blogger

Selesai deh. Coba buka lagi blognya tanpa www menggunakan 2 cara yang sudah disebutkan di atas. Kini blog bisa dibuka tanpa www dan tidak akan terjadi error lagi.

SHARE Pin Share
Artikel Terkait
Posting Komentar