MUTE: Menyembunyikan Post, Story, dan DM Instagram Orang Lain Tanpa Unfollow Atau Blokir

Hide Post Story dan DM Instagram Seseorang

Sudah lumrah jika Instagram dijadikan media untuk membagikan berbagai momen keseharian penggunanya. Selain itu, Instagram pun sering dijadikan tempat untuk memposting gambar dan video yang berhubungan dengan pekerjaan. Tidak sedikit akun yang merepresentasikan sebuah institusi, merk dari perusahaan tertentu, dan sejenisnya. Bahkan sampai dibuat untuk berjualan. Banyak sekali toko online yang membuka lapak di Instagram.

Saking banyaknya jenis akun dengan berbagai macam jenis postingan berbeda, terkadang timeline terlihat terlalu penuh. Kalau postingannya bermanfaat sih tidak apa-apa. Bagaimana kalau ternyata isinya kurang berfaedah? Udah gitu sering pula.

Masalah timbul jika ada akun yang di-private, dimana hanya pengikutnya saja yang bisa melihat postingannya. Jika itu teman kamu, kan tidak enak kalau mesti unfollow atau blokir si dia. Atau online shop yang terlalu sering upload foto dan video sampai timeline kamu hanya dipenuhi oleh barang jualan dia saja. Kalau diunfollow, kamu tidak bisa lihat postingannya. Kan siap tau butuh barangnya sewaktu-waktu. Tapi dia keseringan update nih. Serba salah kan jadinya.

Jika terlalu jengah dengan semua itu, ada satu solusi terbaik yang dapat dilakukan, yaitu mute atau sembunyikan update feed Instagram tanpa perlu unfollow atau blok akun tersebut. Di tutorial ini pun dijelaskan bagaimana jika ingin sembunyikan story dan direct message (DM).


Mute: Sembunyikan Konten IG Akun Lain Tanpa Unfollow atau Blok

Jika unfollow orang lain, cepat atau lambat akan ketahuan jika dia mengecek daftar followers di akunnya sendiri. Mungkin yang diunfollow adalah teman sendiri. Nanti dia kaget dan kecewa kenapa namamu tidak ada di dalam daftar pengikutnya.

Solusinya bukanlah unfollow, melainkan MUTE, yaitu cukup menyembunyikan postingan dia saja. Kamu tetap menjadi followers yang bisa melihat feed-nya jika membuka profilnya terlebih dulu.

Dengan mute, kamu akan membungkam postingan orang lain agar tidak muncul di timeline (kronologi) Instagram. Selain postingan foto dan video, hal lain yang bisa ikut di-mute adalah story dan DM (pesan).


Apakah Instagram Memberi Notifikasi Pada Orang yang di-mute?

TIDAK. Instagram tidak mengirimkan pesan apa-apa. Temanmu tidak akan tahu jika sewaktu-waktu kamu melakukan mute pada postingannya. Jadi tidak perlu merasa tidak enak ya.

Hal paling signifikan yang terjadi mungkin temanmu mulai merasa kamu jadi jarang atau bahkan tidak pernah lagi memberikan love dan komen pada postingannya, tidak melihat story-nya, dan tidak membalas DM-nya. Bisa jadi dia berpikir bahwa kamu sedang sibuk.


Cara Mute Feed, Story, dan Pesan DM Instagram

Kamu sudah siap untuk menghilangkan update foto dan video orang lain di IG tanpa unfollow atau blok? Simak baik-baik penjelasan dari igniel.com berikut.


1. Mute Postingan

Yang pertama adalah membuat senyap postingan foto dan video yang biasa tampil di home Instagram. Ini dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu langsung dari timeline atau dari profil orang tersebut.


1.1. Dari Timeline

  1. Tentukan akun yang ingin di-mute postingannya.
  2. Ketuk ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Ketuk Mute.
  4. Setelah itu muncul beberapa pilihan. Ketuk Mute Posts jika hanya ingin menyembunyikan postingan, atau ketuk Mute Posts and Story jika ingin menyembunyikan postingan dan story sekaligus. Pada contoh ini saya memilih hanya mute post saja.
Mute Postingan IG Dari Timeline
Klik untuk melihat ukuran lebih besar.


1.2. Dari Profil

  1. Buka profil dari akun yang akan di-mute.
  2. Ketuk kotak bertuliskan Following.
  3. Ketuk lagi pilihan Mute.
  4. Kamu akan kembali dihadapkan pada pilihan mute post saja, story saja, atau langsung keduanya. Pilihlah sesuai kebutuhan. Disini saya mencontohkan hanya mute post.
Mute Postingan IG Dari Profil Orang
Klik untuk melihat ukuran lebih besar.


2. Mute Story

Story Instagram adalah postingan yang bersifat sementara karena akan hilang setelah 24 jam. Cara mute kurang lebih sama seperti sebelumnya, yakni bisa ditempuh dengan dua cara: melalui timeline atau halaman profil si pengguna.


2.1. Dari Timeline

  1. Kumpulan story Instagram berada di paling atas halaman. Carilah akun yang akan menjadi target.
  2. Setelah ketemu, ketuk akun tersebut dan tahan layar selama kurang lebih 3 detik sampai muncul sebuah kotak.
  3. Ketuklah Mute pada pilihan yang muncul.
  4. Ketuk lagi Mute Story untuk menyembunyikan.
Mute Story IG Seseorang


2.2. Dari Profil

  1. Buka profil dari akun yang dituju.
  2. Lihat tulisan Following dan ketuk kotak tersebut.
  3. Pilih Mute jika muncul kotak baru.
  4. Ketuk tulisan Stories sampai ikon di sampingnya bergeser dan menjadi warna biru.
Mute Instastory Orang Tertentu
Klik untuk melihat ukuran lebih besar.


3. Mute DM

Yang terakhir adalah membuat senyap pesan atau DM (Direct Message). Kadang ada saja orang kurang kerjaan yang terus mengirim pesan tidak penting. Kan lama-lama menyebalkan juga. Lebih baik disenyapkan saja agar notifnya tidak selalu muncul.


3.1. Dari Isi Percakapan

  1. Buka DM yang berisi percakapan dengan akun yang akan di-mute.
  2. Ketuk ikon huruf i di pojok kanan atas.
  3. Ketuk Mute Message sampai ikon di sampingnya bergeser dan berubah warna menjadi biru.
  4. Maaf ya kalau DM di bawah adalah milik kamu. Ini cuma buat contoh. Saya tidak mute pesan dari siapapun.
Cara Senyapkan Notif Pesan Instagram


3.2. Dari Daftar Percakapan

  1. Buka halaman utama DM yang berisi seluruh daftar percakapan dengan semua akun.
  2. Cari akun yang akan di-mute. Ketuk dan tahan selama 3 detik pada foto akun tersebut.
  3. Ketuk Mute Messages pada pilihan yang muncul.
Cara Mute DM Instagram


Selesai sudah panduan untuk hide update post IG, story, dan pesan DM seseorang. Silakan langsung praktekan pada akun yang dirasa terlalu menyebalkan karena kerajinan upload foto atau selalu kirim message. Tidak sulit, bukan. Selalu gunakan media sosial secukupnya ya. Jangan berlebihan karena orang akan kesal dan akhirnya mute kamu deh.

Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.