Cara Memasang dan Menggunakan Font Awesome Untuk Membuat Ikon di Blog

Cara Memasang dan Menggunakan Font Awesome Untuk Membuat Ikon di Blog


1. Pengenalan

Font Awesome adalah framework CSS yang berfungsi untuk membuat ikon atau simbol. Keberadaannya saat ini sangat membantu banyak web developer karena mereka tidak perlu pusing untuk membuat ikon sendiri. Cukup dengan memanggil Font Awesome ke dalam website, berbagai jenis ikon keren bisa langsung dipakai tanpa perlu ribet membuatnya secara manual seperti dulu. Meski namanya mengandung kata 'font' tidak berarti Font Awesome menghasilkan text seperti Google Font ya.


2. Kelebihan

Keunggulan Font Awesome ini banyak sekali, diantaranya:

  1. Gratis. Font Awesome bebas digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan apapun.
  2. Mempunyai ratusan ikon keren yang cocok digunakan untuk blog pribadi sampai website profesional.
  3. Dapat bekerja dengan semua jenis framework CSS lainnya seperti Bootstrap.
  4. Compatible di banyak jenis browser.
  5. Dokumentasi sangat lengkap.
  6. Proses instalasi mudah dan tidak membutuhkan Javascript tambahan lainnya.
  7. Penggunaannya pun mudah, cukup menambahkan nama ikon pada class HTML atau unicode pada CSS pseudo-elements. Akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.
  8. Ringan dan tidak memberatkan loading blog.


3. Cara Install

Kamu sudah tahu apa saja kelebihan dari Font Awesome, maka sekarang saatnya untuk mencoba memasang ikon keren ini untuk mempercantik tampilan blog.

  1. Buka website resminya yang beralamat di:
    https://fontawesome.com

  2. Pilihlah layanan gratis dengan klik tombol Start Using Free
    Cara Memakai Font Awesome di Blogger Blogspot

  3. Kamu bisa memilih versi yang ingin digunakan. Saran saya pilihlah versi terbaru agar tampilan ikonnya pun lebih update. Copy kode yang muncul untuk nantinya disimpan ke dalam blog.
    Menggunakan Font Awesome Untuk Membuat Ikon Blog

  4. Kemudian buka akun Blogger dan pergi ke pengaturan HTML template. Simpan kode yang sudah di dapatkan pada langkah sebelumnya DI ATAS </head>.
    Bagaimana Install Icon Font Awesome Untuk Blog dan Website

  5. Sampai disini proses instalasi selesai. Lihat kan seberapa gampangnya proses pemasangan ini berjalan. Sekarang saatnya mencoba menggunakan Font Awesome di blog.

4. Cara Pakai

Ada dua cara yang digunakan untuk memakai dan menampilkan Font Awesome di website maupun blog, yaitu melalui tag HTML atau ditulis dalam format unicode pada CSS. Kamu hanya perlu memanggil nama class atau unicode dari ikon yang diinginkan, maka dari itu kamu harus tahu dulu nama class dan unicode yang harus ditulis.

Untuk mengetahui semua list dan daftar lengkapnya, buka alamat berikut:

https://fontawesome.com/icons

Cari ikon yang diinginkan dengan mengetik namanya di kotak yang tersedia.

Daftar Lengkap Kode Ikon Font Awesome


Setelah ketemu, klik ikonnya dan kamu akan dibawa ke sebuah halaman baru. Perhatikan info di atas ikon. Di kanan adalah nama class untuk HTML, sementara yang kiri adalah unicode untuk CSS. Kode inilah yang harus kamu tuliskan.

Cara Memanggil Ikon dari Font Awesome Terbaru

Bagaimana cara menggunakannya melalui HTML dan CSS? Kita akan bahas satu per satu.


4.1. Melalui HTML

Cara untuk memasang ikon Font Awesome melalui HTML adalah dengan menuliskannya ke dalam tag berjenis inline seperti <i> dan <span>. Hampir sebagian besar lebih memilih menggunakan <i>, di websitenya pun dicontohkan menggunakan <i>, jadi kita pun akan memakai tag tersebut (berhubung penulisannya lebih pendek juga sih).

Berdasarkan penjelasan di atas, maka yang harus kamu lakukan adalah menuliskan tag HTML <i> dan menambahkan nama class dari ikon ke dalamnya. Dimana nama class ini berawalan fas (dulu menggunakan fa namun dimatikan dalam Font Awesome versi 5). Contohnya seperti ini:

<i class="fas fa-laptop"></i>

Saya menuliskan class yang bernama fas fa-laptop ke dalam tag HTML <i>. Kode di atas akan memanggil ikon laptop seperti ini:



Mengubah Ukuran

Jika ingin memperbesar ukurannya tambahkan nama class lain yaitu fa-xs, fa-sm, fa-lg, fa-2x, fa-3x, fa-4x, fa-5x, fa-6x, fa-7x, fa-8x, fa-9x, atau fa-10x. Contoh:

<i class="fas fa-laptop fa-2x"></i>
<i class="fas fa-laptop fa-3x"></i>
<i class="fas fa-laptop fa-5x"></i>
<i class="fas fa-laptop fa-7x"></i>
Hasilnya:


Bisa juga dengan menambahkan inline CSS seperti ini:

<i class="fas fa-laptop" style="font-size:60px;"></i>
Hasilnya:


Mengubah Warna

Tambahkan inline CSS ke dalam HTML. Contoh:

<i class="fas fa-laptop" style="font-size:60px; color:#ff0000"></i>
Hasilnya:


4.2. Melalui CSS

Cara kedua untuk menampilkan ikon Font Awesome adalah melalui CSS pseudo-elements yang ditempatkan pada :before (posisi di depan) atau :after (posisi di belakang). Misalnya kamu memiliki sebuah tag HTML dengan nama class quote, maka kodenya adalah:

.quote:before {
content: "\f109";
font-family: "Font Awesome 5 Free";
font-weight: 900;
font-size: 20px;
display: inline-block;
margin-right: 3px;
}
- content: unicode dari Font Awesome. WAJIB ditambahkan tanda slash (\) di depannya.
- font-family: jenis font yang digunakan. WAJIB diisi dengan Font Awesome 5 Free.
- font-weight: WAJIB diisi dengan 900 jika menggunakan font berjenis solid, isi dengan 400 jika menggunakan font berjenis regular. Jenis solid atau regular ini bisa dilihat ketika memilih ikon.

Hasilnya:

Lorem sum dolor sit mate, tongue is re. Ea usu stet alters. Pei unique ditherer vituperation. Ad ram leis lucid lies, in quo dis risque civics cum, re consul sol eat usu.

5. Alternatif Font Awesome

Saat ini Font Awesome adalah framework CSS terpopuler untuk menampilkan ikon. Apalagi bagi blogger Indonesia, nampaknya sebagian besar dari mereka menggunakan Font Awesome di dalam template yang digunakan. Meski begitu tidak berarti kamu harus ikut-ikutan. Jika tidak mau pakai, kamu bisa coba alternatif lainnya yaitu menggunakan ikon SVG yang jauh lebih ringan karena tidak perlu memanggil CSS atau Javascript eksternal apapun.

Sampai disini tutorial lengkap tentang cara memanggil dan memakai Font Awesome untuk ikon blog dan web. Semoga bisa membantu dan memberikan manfaat bagi yang membaca. Sampai jumpa di tutorial keren berikutnya.

Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

2 Komentar

  1. Font SVG masih terlalu sulit jika menggunakan content:' '; sebagai awalanya karena icon sering tidak muncul. Di sisi lain Keunggulan font SVG lebih ringan di bandingkan Font Awesome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang salah dengan ikon SVG yang disimpan ke dalam pseudo CSS yang mengharuskan menggunakan content. Kalau sering tidak muncul artinya penulisan kode CSS kurang tepat.

      Delete
  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.