5 Jenis Artikel yang Paling Banyak Dicari di 2023

Kumpulan niche artikel blog yang paling sering dikunjungi orang dan paling dicari di Google. Pas untuk ide mencari keyword dengan volume tinggi.
Artikel yang Banyak Dicari Orang

Tujuan utama ngeblog adalah mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Saat artikel yang dimuat begitu disukai, tentu sangat membahagiakan bukan? Apalagi kalau sampai punya pengunjung setia yang selalu kembali setiap kita update konten baru. Sebagai seorang penulis, rasanya puas sekali ketika tulisan kita banyak dilihat dan diterima oleh khalayak ramai.

Namun mendatangkan pengunjung bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh seorang bloger sebelum membangun blog. Salah satunya adalah harus memahami setidaknya ilmu dasar dari SEO agar blog bisa menembus mesin pencari. Tulisan yang dibuat haruslah memiliki peminat agar pekerjaan kita tidak sia-sia.

Contohnya, jika kamu membuat artikel berjudul cara membuat blog, maka artikel tersebut berpeluang untuk muncul di Google karena banyak orang yang juga mencari hal sama. Sebaliknya, jika kamu membuat artikel berjudul asal seperti ABCD, maka tidak akan ada gunanya karena orang pun tidak ada yang mencarinya.

Bayangkan, kamu sudah susah payah menulis ternyata pasarnya tidak ada. Jadi sebelum menulis, pastikan kamu tahu jenis artikel apa yang dibutuhkan pembaca.

Ingatlah hukum "supply and demand". Jika banyak orang yang mencari kata kunci tertentu, maka buatlah artikel berdasarkan kata kunci tersebut.

Artikel yang dibuat pun harus berkualitas, lengkap, relevan dan bisa memberikan solusi. Pengunjung melakukan pencarian di mesin pencari karena mereka menemukan masalah, jadi artikelmu haruslah bisa memberikan jalan keluar.

Jenis Artikel yang Paling Sering Dikunjungi

Lalu konten seperti apa sih yang paling banyak dicari oleh para pengunjung? Berikut blog Igniel berikan referensinya.

1. Artikel Ulasan Produk

Artikel yang Paling Sering Dikunjungi
Gambar: unsplash.com

Pengalaman menggunakan suatu produk bisa dituangkan ke dalam artikel yang pastinya akan banyak dicari orang ketika akan membeli produk yang sama. Mereka cenderung mencari ulasan dan referensi sebelum membeli untuk mengetahui bagaimana kualitas produk tersebut. Ada banyak jenis barang yang bisa dibuat ulasannya. Yang paling banyak dicari biasanya mengenai beberapa kategori produk berikut.

1.1. Barang Elektronik

Ulasan mengenai barang elektronik menjadi salah satu yang paling banyak dicari mengingat rutinitas orang di masa kini yang tidak bisa lepas dari benda elektronik terutama handphone (HP) alias smartphone seperti Android dan iPhone.

Laptop pun tidak luput dari incaran. Jadi selain smartphone, pastikan kamu menulis mengenai laptop-laptop terbaru yang muncul di pasaran.

Derasnya kemajuan teknologi membuat kedua benda tersebut selalu diperbarui dalam rentang waktu yang cukup pendek. Dijamin deh, kamu tidak akan kehabisan stok artikel karena akan sering menulis artikel review smartphone dan laptop terbaru.

1.2. Kendaraan

Selain peralatan elektronik, ulasan mengenai dunia otomotif pun banyak dicari oleh pengguna internet. Hal itu tidak terlepas dari fakta bahwa kendaraan, baik motor atau mobil, menjadi kebutuhan dan gaya hidup untuk sebagian besar orang.

Ulasan mengenai model-model kendaraan terbaru akan menjadi konten yang menarik dan banyak dicari oleh pengguna internet dari berbagai kalangan. Mulai dari pecinta otomotif yang suka modif, pekerja kantoran yang butuh kendaraan hemat bahan bakar untuk pergi ke kantor, atau untuk anak muda yang ingin kendaraan dengan desain stylish.

1.3. Peralatan Rumah Tangga

Ibu-ibu rumah tangga adalah target market yang tepat. Mereka sangat teliti sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Untuk mengusir keraguan, mereka akan mencari informasi dari berbagai sumber, salah satunya adalah melalui tulisan yang tersebar di mesin pencari. Jadi membuat artikel mengenai perabotan rumah tangga sangat berpotensi mendatangkan banyak pengunjung.

2. Artikel Tutorial

Ide Artikel Viral
Gambar: unsplash.com

Artikel tutorial disebut sebagai artikel abadi. Penjelasan mengenai sebuah hal cenderung selalu sama dari waktu ke waktu. Paling hanya butuh sedikit penyesuaian saja jika sudah lewat beberapa tahun. Isi tulisan tidak akan lekang dimakan zaman. Berbeda dengan artikel musiman yang terpaku pada tren atau tema tertentu yang sedang ramai untuk kemudian hilang perlahan-lahan.

Artikel tutorial sangat cocok jika ingin mendapatkan pengunjung yang stabil untuk waktu yang lama. Namun persaingan keywordnya lumayan tinggi. Mungkin kamu akan berdarah-darah dulu di awal sebelum mendapatkan hasil bagus di akhir.

Artikel tentang tutorial sangat luas cakupannya. Sebagai contoh, kamu bisa membuat tutorial membuat sesuatu seperti membuat kue, membuat akun media sosial, cara mengedit foto di Photoshop, tutorial memakai hijab, tutorial membuat video tiktok, belajar gitar, cara membuat website, dan masih banyak ide artikel tentang tutorial yang bisa dijadikan konten untuk dimuat di blog.

Jika kamu sedang belajar membuat blog, pastikan untuk memilih hosting berkualitas agar performa blog selalu stabil. Untuk pemula bisa mencoba membeli paket hosting murah namun tidak murahan.

3. Artikel Traveling

Cara Mencari Artikel yang Ramai Pengunjung
Gambar: unsplash.com

Saat ini berwisata sudah menjadi kebutuhan masyarakat indonesia. Tidak bisa dipungkiri, kemajuan media sosial seperti Instagram dan Tiktok sangat membantu menaikkan minat masyarakat untuk melakukan traveling. Banyaknya foto dan video pemandangan dari lokasi indah yang tersebar di linimasa mengundang rasa penasaran untuk ikut mencoba.

Ceruk itu bisa kita manfaatkan untuk menulis konten blog mengenai traveling. Sebelum bepergian, biasanya traveler akan melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari estimasi harga, lokasi spot foto, sampai informasi oleh-oleh. Jadi tidak heran kalau blog atau artikel traveling menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh pengunjung.

Selain hal di atas, bloger bisa membuat artikel yang terkait dengan tujuan-tujuan wisata di suatu daerah, cara menuju ke sana, biaya transportasi dan akomodasi, hotel terdekat, sampai do's and don'ts untuk pengetahuan para calon traveler.

4. Artikel Kuliner

Artikel yang Ramai Visitor
Gambar: unsplash.com

Artikel mengenai kuliner sangat berkaitan erat dengan artikel traveling. Biasanya orang yang sedang bepergian ke suatu daerah akan sekalian mencari informasi tentang kuliner daerah tersebut. Jadi selama dunia traveling masih digemari, artikel kuliner pun akan beriringan mengikuti.

Selain artikel tentang makanan khas suatu daerah, konten tentang kuliner lainnya pun banyak tersedia, misalnya tentang resep masakan. Artikel resep banyak dicari oleh para pengguna internet dari kalangan ibu-ibu. Apalagi menjelang hari spesial tertentu seperti bulan puasa, Idul Fitri, dan Natal, resep kue maupun makanan khas menjadi tinggi volume pencariannya.

5. Info Promo dan Diskon

Niche Artikel Tinggi Visitor
Gambar: unsplash.com

Satu lagi jenis artikel yang sering diburu oleh orang Indonesia adalah artikel info promo. Saat ini tingkat konsumtif masyarakat sangat meningkat berkat kemudahan dalam berbelanja. Adanya tambahan diskon atau potongan harga maka akan sangat berpengaruh pada minat beli masyarakat.

Menjamurnya toko online dan marketplace sampai pilihan metode pembayaran yang mudah membuat para perusahaan terkait mengeluarkan banyak promo untuk menarik konsumen dan bersaing dengan kompetitor. Info mengenai diskon atau promo online tersebut bisa kita tulis sebagai artikel. Dijamin banyak banget pengunjungnya!

Penutup

Jenis-jenis artikel yang banyak dibaca pengunjung di atas hanyalah sebuah referensi. Tentu kamu bebas untuk menentukan isi konten blogmu sendiri. Jika ingin diisi oleh tulisan pribadi seperti curhat, puisi, dan lain sebagainya, itu adalah hakmu. Yang penting kamu nyaman dan bahagia saat ngeblog.

20
5 Jenis Artikel yang Paling Banyak Dicari di 2023
5 Jenis Artikel yang Paling Banyak Dicari di 2023
Kumpulan niche artikel blog yang paling sering dikunjungi orang dan paling dicari di Google. Pas untuk ide mencari keyword dengan volume tinggi.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

20 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • John Asto
    04 September, 2023
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06642785961421891028
    Postingannya dari Januari 2022 tapi baru baca. Tahu-tahu ada template Igniplex versi terbaru.

    Baru sebulan belakangan ini aktif lagi.
  • Walidin
    23 Februari, 2023
    Profil: https://www.blogger.com/profile/10103731508592634086
    Tp susah sekali untuk membuat artikel dengan kata kunci yang banyak demand-nya ya?
  • Afatsumazer
    01 Oktober, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16722528987764251590
    tidak masuk dalam kategori di atas satupun artikel yang saya tulis
  • Ilmu Internet
    24 Juni, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/05396280838105705380
    lebih suka tutorial, bener seperti info diatas faktanya harus berdarah-darah dulu biar dikenal.
  • Ehsaaan
    09 Juni, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/18301344476097593206
    Komentar ini telah dihapus oleh Ehsaaan selaku penulis.
  • admin
    31 Maret, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06212981030371838282
    Terimakasih infonya kak. Membuka wawasan buat bloger pemula kayak aku ini. Hehe..
    Btw mau dong punya template blog sama seperti kak igniel ini. Tampilannya bagus hihi😁
  • eka maryanti
    18 Februari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/07375656466069018745
    platform apa yg dipakai untuk melihat artikel apa yg sdg top news di dunia
    • Qais Abdul Aziz
      29 September, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/12046396442102295448
      Google news saja kak, disana bisa diganti 'bahasanya' agar dapat menyesuaikan mau melihat berita hangat dari masing-masing negara, CMIIW
  • sufyan Yaan
    24 Januari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00896429756820287073
    blog yang selalu menginspirasi dan memiliki konstribusi sangat bermanfaat bagi pemula. Semoga ads nya kembali ya mbak igniel...
    • Kuamangmedia.com
      25 Januari, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/04807995430280331692
      Biasa om, mungkin biasanya ada yang usil, klak klik klak klik iklan berulang, seharusnya sesama blogger saling mendukung mengirim trafik dan lain sebagainya.

      Biasanya sich sesama pesaing, namun alangkah baiknya, langkah-langkah baik digunakan, agar setiap rezeki ketemu yang baik, meski hasil dikit bisa barokah dan masih bisa menyisakan tiap bulannya.

      Salam Kenal
    • Muhammad Alif
      03 Juni, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/04556623481896383672
      Biasa emang kak, banyak yang iri kwkwk
  • CEK-V.BLOGSPOT.COM
    21 Januari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09110144222897772925
    Baru tau saya iklan adsense igniel kena banned www.traveloffline.us
    • Asep Rohimat
      24 Januari, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/13503791911000091655
      Komentar ini telah dihapus oleh Asep Rohimat selaku penulis.
  • CodeFlare
    19 Januari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/08299761705959834546
    ini teh kenapa ga ada iklannya ? biasannya rame sama iklan.
    • Igniel
      19 Januari, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      4 iklan rame nyah?
    • Unknown
      24 Januari, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/07654819626621513879
      kenapa mbak iklannya kok gak aktif, bisa share mungkin supaya dapat menjadi pelajaran teman yang baru ngeblog
  • Kuamangmedia.com
    16 Januari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04807995430280331692
    Sekarang Blog Mbak Igniel ga ada iklannya terasa bersih dan keren, apa memang sengaja dimatikan atau bagaimana mbak igniel.

    Blog saya juga pingin ngaturnya sedikit saja iklannya, tapi ternyata yang muncul tetp buaanyak, meskipun di halaman Adsense sudah dimatikan berbasis minat.

    Salam Sukses Selalu Mbak Igniel.
    • Asep Rohimat
      16 Januari, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/13503791911000091655
      Komentar ini telah dihapus oleh Asep Rohimat selaku penulis.
    • Kuamangmedia.com
      18 Januari, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/04807995430280331692
      Semoga mendapatkan penghasilan yang maksimal dan kunjungan yang padat
  • Asep Rohimat
    14 Januari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/13503791911000091655
    Komentar ini telah dihapus oleh Asep Rohimat selaku penulis.