Menggunakan Video untuk Meningkatkan Konversi Jualan di E-commerce

Teknologi telah mengambil alih dunia bisnis dalam satu dekade terakhir dan menjadi cara paling efektif untuk mempertahankan eksistensi di era modern. Jika dulu smartphone adalah barang mewah, justru sekarang ini hampir semua orang telah mampu membelinya. Ini mengakibatkan waktu akses internet secara global menjadi meningkat secara drastis hanya dalam satu dekade.

Video Tingkatkan Konversi Jualan Ecommerce
Manfaatkan Video Untuk Pemasaran Digital

Hal tersebut berdampak pada dunia bisnis. Model pemasaran yang tadinya hanya menggunakan brosur atau memasang banner dengan biaya mahal, kini bisa menggunakan jenis iklan digital yang jangkauannya lebih luas namun berbiaya rendah. Salah satu strategi pemasaran yang lebih menarik dan interaktif melalui platform digital adalah menggunakan konten berjenis video. Pemilik toko kecil dan menengah pun dapat menjangkau khalayak luas secara global dengan menggunakan metode ini. Iklan jenis video memungkinkan bisnis mereka mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Sudah banyak toko-toko yang mulai menjelajah ke model pemasaran digital dengan memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada. Sebut saja seperti situs web, media sosial, mesin pencari, marketplace, sampai layanan pelanggan (customer service) yang interaktif dan aktif 24 jam.

Namun hal tersebut menciptakan tantangan baru. Yang melakukan pemasaran secara digital tidak hanya satu dua toko saja, melainkan ribuan bahkan ratusan ribu. Ini menjadikan pemasaran di dunia digital sangat kompetitif. Maka dari itu dibutuhkan strategi bisnis dan alat pemasaran yang inovatif untuk mengungguli kompetitor. Salah satu ide sederhana yang terbukti efektif, cepat, dan murah adalah melalui konten video.

Jika kita cek media sosial yang sedang populer, Anda pasti menyadari bahwa konten yang sering mendapat sorotan adalah konten berjenis video. Dibanding foto, video bisa lebih banyak menampilkan visual dan lebih informatif. Jadi, solusi sederhana untuk meningkatkan kinerja e-commerce adalah melalui konten video.

Cara Meningkatkan Konversi Jualan Memakai Video

Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan saat membuat video agar konversi jualan di e-commerce bisa meningkat drastis.

1. Jelaskan Informasi Produk Melalui Video

Video adalah alat komunikasi yang sangat baik karena memungkinkan Anda menceritakan kisah lengkap dengan narasi, emosi, tindakan, visual yang jelas, dan banyak lagi. Hal yang menonjol dari konten video adalah Anda dapat menambahkan banyak fitur seperti sulih suara, animasi, dan efek khusus yang dapat menarik penonton secara lebih positif.

Bandingkan saja situasi di mana Anda mencari informasi tentang suatu produk dan situs resmi hanya menampilkannya dalam bentuk teks sebanyak dua halaman. Apakah Anda lebih suka teks panjang atau video sederhana yang dapat menjelaskan semuanya dalam durasi yang lebih singkat?

2. Buat Video yang Menjelaskan Fitur dan Cara Pakai Produk

Satu-satunya kelemahan toko online dibandingkan toko konvensional adalah calon pembeli tidak dapat mengecek fisik produk sebelum membuat keputusan akhir tentang pembelian. Namun, toko online telah menemukan solusi untuk mengatasi keterbatasan ini dengan menyediakan gambar dan deskripsi produk yang komprehensif kepada calon pembeli untuk memberikan gambaran tentang apa yang akan mereka beli.

Menggunakan video dimana seseorang menjelaskan cara kerja dan cara menggunakannya dapat memberikan solusi kepada calon pembeli yang memiliki keraguan. Menampilkan berbagai fitur dan manfaat produkmelalui video akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan kemungkinan konversi. Kebanyakan orang membeli produk setelah melihat ulasan atau video produk pada barang dagangan. Jadi, buatlah konten video.

3. Bangun Kepercayaan Konsumen Menggunakan Video

Tidak bisa mengecek produk secara langsung menyebabkan calon pembeli kurang percaya pada produk yang dijual online. Metode tradisional tetap menjadi pilihan utama jika ingin menyentuh dan melihat produk secara langsung sebelum membeli.

Namun, pertumbuhan teknologi telah membuka jalan untuk membuat konten video berkualitas dalam membangun kepercayaan. Bahkan saat ini telah banyak editor video profesional yang bisa membantu pekerjaan Anda dengan cepat dan mudah dalam membuat video berkualitas. Video kreatif dan informatif tentang produk dapat membantu meningkatkan keyakinan calon pembeli untuk membuat keputusan akhir dalam membeli produk.

Jadi, jika halaman e-commerce Anda berisi produk atau video ulasan yang dapat memberikan gambaran utama kepada calon pembeli tentang cara kerja dan tampilan produk, itu akan membuat mereka mempercayai produk Anda dalam waktu yang lebih singkat.

Rutin membuat video dapat membantu mendapatkan lebih banyak penonton dan meningkatkan tingkat konversi. Video testimonial dan ulasan konsumen di situs Anda dapat meningkatkan kepercayaan secara signifikan karena calon pembeli dapat memperoleh pendapat yang tidak memihak dari konsumen lain yang telah membeli. Video jenis ini dapat meningkatkan tingkat konversi Anda.

Kesimpulan

Video pemasaran adalah strategi kreatif yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan dan tingkat konversi di dunia e-commerce. Buatlah video sekreatif dan seinovatif mungkin agar calon pembeli merasa teredukasi dan memiliki informasi yang cukup atas produk yang Anda jual.

SHARE Pin Share
Terbaru Lebih lama
Artikel Terkait
Posting Komentar
×

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru. Gratis!