Adsterra vs MGID. Mana Alternatif AdSense yang Lebih Baik?

Salah satu cara agar blog yang kamu kelola bisa menghasilkan uang secara online adalah dengan mendapatkan pendapatan melalui Google AdSense. Namun untuk bisa mendapatkan akun AdSense bukanlah hal yang mudah. Ada banyak prosedur yang harus dipenuhi ketika mendaftarkan blog.

Perbandingan Adsterra dan MGID
Perbandingan Adsterra dan MGID

Ada banyak sekali perusahaan periklanan yang bisa menjadi alternatif AdSense. Kali ini blog Igniel membahas perbandingan dua diantaranya, yaitu Adsterra dan MGID.

Alasan Memilih Alternatif Iklan Selain AdSense

Sekarang ini sudah banyak blogger yang beralih menggunakan alternatif AdSense. Beberapa alasan diantaranya karena blog yang dikelola sudah memiliki traffic bagus namun berulang kali mendapatkan penolakan dari AdSense.

Banyak juga yang beralih karena kurang mampu mengelola blog dengan peraturan AdSense yang cukup ketat. Ada juga karena blognya pernah terkena banned oleh pihak AdSense.

Selain alasan di atas, mereka lebih memilih untuk gunakan perusahaan periklanan lain karena bisa memberikan pendapatan yang lebih menguntungkan namun dengan ketentuan yang lebih longgar.

Perbandingan Adsterra dan MGID

Dalam artikel ini, kita akan mencoba untuk mengulas beberapa hal tentang Adsterra dan MGID. Keduanya adalah alternatif AdSense yang bagus dan bahkan bisa digunakan berbarengan dalam satu blog. Namun saya sarankan fokuslah pada satu saja yang menurut kamu paling baik agar lebih fokus.

1. Adsterra

Berikut adalah beberapa informasi penting mengenai perusahaan periklanan Adsterra.

Penjelasan Lengkap Adsterra
Penjelasan Lengkap Adsterra

1.1. Informasi Umum

Adsterra memiliki kantor periklanan yang berpusat di kota Nikosia, tepatnya di negara Cyprus (Siprus). Adsterra memiliki beberapa metode pembayaran seperti Paypal, Webmoney, Bitcoin, Paxum, dan transfer bank.

1.2. Layanan Iklan

Adsterra memberikan layanan format iklan yang bervariatif dari mulai dari popunder, Native ads, Banners, Push ads, In-page push, Direct Smartlink, VAST (pre-roll), Social Bar ads in the form of chats, messenger widgets, video teasers, interstitials, dan custom banners dengan berbagai bentuk dan ukuran.

1.3. Performa

Adsterra dikenal banyak memberikan nilai CPM yang tinggi meski blog yang menggunakannya masih memiliki traffic yang rendah namun kadang bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

1.4. Penghasilan

Menurut banyak blogger yang menggunakan Adsterra, iklan yang satu ini bisa memberikan penghasilan yang lumayan jika dibandingkan jenis iklan lainnya.

Adsterra juga memiliki nilai payout yang rendah. Minimal payout Adsterra dan metode pembayarannya adalah:

  1. $5: Paxum atau Webmoney
  2. $100:PayPal atau Bitcoin.
  3. $1.000: transfer bank.

1.5. Kelebihan

Saat ini Adsterra merupakan salah satu layanan periklanan yang memiliki pendapatan tinggi karena memiliki 2 metode iklan yaitu dengan CPM dan PPC. Artinya, publisher yang menggunakan iklan Adsterra akan mendapatkan pendapatan ganda dari jumlah Pay Per Click dan Cost Per Mile yang dihitung setiap seribu tampilan iklan.

Jaringan periklanan Adsterra dibangun pada tahun 2013 yang lalu dan saat ini sudah memiliki prestasi menjadi salah satu platform untuk sumber pendapatan dana terbaik untuk publisher iklan karena kualitasnya.

Adsterra menawarkan CPM yang tinggi kepada para publisher mereka, sehingga bisa menjadi mesin uang yang menghasilkan.

Adsterra memiliki layanan support 24 jam penuh, sehingga kapanpun advertiser atau publisher mengalami masalah, bisa menghubungi tim support yang siap tanpa adanya hari libur.

Bagi Advertiser Adsterra yang ingin beriklan, minimal deposit sebesar $100 sudah bisa memulai kampanye periklanan.

Advertiser dapat melakukan deposit dengan berbagai sistem pembayaran mulai dari Visa / Mastercard, wesel, Paxum, Paypal, Webmoney, QIWI, Bitcoin, Yandex Money, dan Capitalist.

Setiap advertiser maupun publisher akan didampingi oleh manajer yang bisa membantu dalam urusan periklanan, dan memberikan solusi jika menemui kendala dalam kampanye periklanan.

1.6. Kekurangan

Dengan berbagai kelebihan diatas, ada pula kekurangan dari Adsterra yaitu tidak adanya iklan teks. Hal tersebut sama dengan AdSense yang juga sudah menonaktifkan iklan teks.

2. MGID

Berikut adalah informasi singkat mengenai perusahaan iklan MGID.

Penjelasan Lengkap MGID
Penjelasan Lengkap MGID

2.1. Informasi Umum

MGID berdiri sejak tahun 2004 yang lalu, namun baru masuk ke pasar lokal Indonesia mulai tahun 2017. Pemilik MGID memang lebih fokus untuk berkembang di pasar Eropa dan Amerika. Sekarang mereka sudah mengembangkan sayap ke area Asia Pasifik untuk menjadi alternatif Google AdSense.

2.2. Layanan Iklan

Layanan MGID akan memberikan penghasilan yang tinggi terutama jika blog memiliki fokus bahasan utama di bidang kecantikan dan kesehatan.

Dengan menggunakan MGID, peluang akun untuk mendapatkan banned sangat kecil. Ini karena pihak MGID memberikan manager khusus yang melayani konsultasi tentang kesulitan yang dialami oleh publisher atau advertiser sehingga bisa terhindar dari masalah yang bisa menyebabkan terjadinya banned.

2.3. Performa

Beberapa publisher memberikan testimoni mereka terkait penghasilan MGID yang jauh lebih besar dari AdSense. Namun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu dimana blog yang didaftarkan tidak melanggar TOS.

2.4. Penghasilan

Minimal payout MGID dan metode pembayarannya adalah:

  1. $50: Paymaster24
  2. $100:PayPal, Payoner, atau Tipalti.
  3. $1.000: transfer bank.

2.5. Kelebihan

Relatif lebih aman, sehingga dalam penggunaannya bisa disandingkan dengan AdSense. Untuk mendaftar di MGID juga jauh lebih mudah dan peraturannya lebih lunak.

2.6. Kekurangan

Penggunaan MGID sepertinya hanya khusus ditujukan untuk website atau blog yang memiliki traffic yang tinggi. Ini yang menjadi kekurangan dari MGID.

Kesimpulan

Ketatnya persaingan dalam layanan jasa periklanan terus meningkat. Ada banyak sekali pemain besar di dalamnya, antara lain Adsterra dan MGID.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silakan pilih mana yang menurutmu paling cocok untuk dipasang di blog. Yang pasti, Adsterra dan MGID adalah alternatif iklan AdSense yang aman, populer, dan berpotensi menghasilkan banyak dollar jika dimaksimalkan dengan baik.

SHARE Pin Share
Artikel Terkait
14 komentar
  1. Menurut saya, kedua alternatif pengiklanan ini sangatlah bisa dijadikan pilihan daripada hanya menunggu approval dari AdSense.

    Harapannya, semoga kedua alternatif pengiklanan ini kedepannya bisa menyajikan iklan yang lebih relevan dengan konten yang dibuka.

    Terima kasih mbak untuk sharingnya!

    BalasHapus
  2. Bener banget, kedua metode periklanan yg di sebutkan di atas bisa dijadikan alternatif oleh para blogger utk memperoleh penghasilan. Memang memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Tetapi aku pikir tidaklah rugi utk di coba.

    Mengingat utuk mendaftarkan blog ke adsen tidaklah mudah. Ada banyak persyaratan yang diperlukan. Dan masing2 blog dinilai dengan cara yg berbeda2. Artinya, tidak ada standar yg bisa dijadikan patokan penilaian terhadap kelayakan satu blog utk di aprov menjadi pengiklan adsen.

    Sekian saja. Terima kasih atas infonya ya mba Igniel...

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak mbak atas penjelasannya : ) jadi punya pencerahan lagi saya :-)

    BalasHapus
  4. Masih lebih mending worth it A-ads sihh daripada semua publisher ads ini, tapi ngak tau kenapa jarang yang review A-ads

    BalasHapus
  5. Saya sudah coba Adsterra, memang verifikasi usernya sangatlah mudah dan gampang *mungkin saja tidak ada seleksi, langsung diterima, namun CPM-nya benar benar mengecewakan, dulu sempat 0,01 US$ per seribu tayangan, beberapa kenalan blogger saya di Pinterduit,com juga pernah memakainya, dan memang pengalaman mereka dengan Adsterra tidak terlalu baik, membayar sihh memang membayar, namun sayang traffic-nya jika tidak bisa dimonetisasi, juga iklan mereka berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kecil gitu mending cash ad, tadinya aku mau pake adsterra makasih infonya

      Hapus
  6. saya sudah pakai keduanya, namun tak sesuai isi iklannya, akhirnya enggak saya pakai lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya memang belum ada yang lebih unggul dari AdSense soal algoritma kesesuaian iklan.

      Hapus
  7. MGID ini kalau trafficnya dikit sangat lama sekali untuk bisa menghasilkan, apalagi kalau blognya masih baru. Bisa saja diterima, tapi pendapatannya sangat sedikit sekali.

    Sepertinya berlaku untuk semua iklan sih hha

    BalasHapus
  8. saya pernah pake MGID, gambar iklannya lebih ke arah menjijikkan menurut saya & bbrpa pengunjung yg inbox saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, beberapa iklannya memang kurang enak dilihat. Tapi kelebihannya adalah lebih mudah diterima saat pengajuan.

      Memang ada plus minusnya.

      Hapus
  9. tetap gunakan google adsense saja kalu sudah diterima 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana caranya supaya terhindar dari invalid click ya? soalnya pengunjung blog saya rata-rata orang iseng

      Hapus
  10. Saya pakai adsense, mgid, dan rajatrafik... mgid legit banget, rajatrafik saya copot karena bikin speed loading blog lambat. Kin

    BalasHapus
  • Centang kotak Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.
  • Jika ingin menulis kode maka harus di-parse terlebih dulu (terutama Javascript dan HTML)
  • Gunakan <i> untuk menuliskan kode. Contoh:
    <i>#comments</i>
  • Gunakan <em> untuk menuliskan kode yang lebih panjang atau URL. Contoh:
    <em>#comments {margin:0; padding:10px 15px}</em>
×

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru. Gratis!