Aktifkan Pengingat Waktu di Instagram Untuk Membatasi Durasi Pemakaian

Mengaktifkan Alarm Pengingat Waktu Instagram

Berselancar di Instagram memang asyik. Melihat begitu banyak koleksi foto dengan gaya berbeda, menonton video beragam genre dari seluruh dunia, kadang semua terjadi begitu saja tanpa terasa. Kok tau-tau sudah berjam-jam kita menghabiskan waktu untuk scroll ponsel tanpa henti.

Ujung-ujungnya banyak urusan yang terbengkalai deh. Tadinya sih buka handphone hanya sekedar hiburan sekejap dari penatnya rutinitas harian, eh kok malah keterusan. Harusnya waktu yang terbuang tadi bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Kamu tidak sendirian kok. Keasyikan main Instagram sampai lupa waktu bukanlah hal baru. Banyak pengguna lain yang merasakan hal serupa. Mau coba berhenti tapi susah karena tidak ada yang bantu mengingatkan. Pokoknya kalau sudah lihat-lihat feed Instagram jadi suka lupa diri. Apalagi kalau kontennya tentang hal yang disuka, wah sudah deh....5 jam berasa 5 menit!

Kabar baik nih bagi kamu yang kecanduan Instagram dan ingin mencoba mengurangi durasi pemakaian. Ada fitur bawaan aplikasi IG berupa alarm atau reminder yang fungsinya untuk memberikan peringatan pada pengguna jika sudah terlalu lama mengakses Instagram. Sangat disarankan untuk dinyalakan jika memiliki manajemen waktu yang buruk sampai tidak bisa beraktifitas karena kebanyakan menghabiskan waktu untuk bermain media sosial.

Fitur ini bernama Your Activity, dimana kamu bisa memantau dan melihat berapa lama waktu rata-rata untuk online di Instagram. Laporannya tersedia secara mingguan dan harian.

Nah buat kamu yang ingin menghidupkan daily reminder timer Instagram agar bisa mengatur waktu pemakaian, silakan ikuti tutorial di bawah. Baca sampai habis ya, jangan ada yang terlewat.


Cara Mengaktifkan Timer Instagram Untuk Mengatur Waktu

Langkah ini cukup dilakukan melalui aplikasi resmi Instagram. Tidak perlu bantuan dari software tambahan atau install aplikasi apapun. Caranya bekerja untuk semua jenis ponsel, baik itu Android, iPhone, dan lainnya.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone masing-masing.
  2. Buka halaman profil dengan cara mengetuk ikon user. Setelah itu ketuk ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas. Ketuk lagi menu Settings (Pengaturan) di bawah.
    Hidupkan Fitur Your Activity Instagram
  3. Pilih Account (Akun) pada opsi-opsi yang tersedia. Masuk lagi ke menu Your Activity (Aktivitas Anda).
    Nyalakan Pemberitahuan Batas Waktu Instagram
  4. Untuk mengaktifkan alarm yang membatasi durasi online, lihat tulisan Set Daily Reminder (Setel Pengingat Harian), ketuk menu tersebut. Kamu bisa mengatur berapa jam dan menit alarm akan diaktifkan. Setelah selesai, klik tombol Set Reminder.
    Setting Alarm Your Activity IG

Pada menu Your Activity terdapat grafik yang menunjukan berapa durasi yang dihabiskan untuk membuka Instagram selama satu minggu terakhir. Jika satu kotak biru ditekan cukup lama, akan muncul informasi durasi yang dihabiskan pada hari tersebut. Di paling atas tampil informasi durasi rata-rata yang dihabiskan per hari setelah diakumulasikan per minggu.

Dalam contoh ini saya memilih 1 jam. Artinya jika saya telah beraktifitas selama 1 jam di Instagram, alarm akan muncul untuk memberi peringatan bahwa waktu telah habis. Seperti ini bentuk notifikasinya. Untuk menghilangkan tinggal ketuk OK.

Cara Membatasi Waktu Online di Instagram


Apakah Instagram Tidak Bisa Dibuka Lagi Jika Telah Mencapai Batas Harian?

TIDAK. Setelah alarm muncul kamu masih bisa membuka Instagram dengan normal seperti biasa. Pembatasan waktu seperti ini hanya bertujuan mengingatkan saja ketika sudah online melebihi waktu yang ditentukan. Dan juga agar pengguna bisa belajar mengatur waktu dalam mengakses media sosial secukupnya tanpa menjadi kecanduan yang ujung-ujungnya berdampak pada kesehatan mental.

Merasa ada yang kurang jika 10 menit saja tidak membuka Instagram? Nah itulah salah satu cirinya. Lebih baik belajar manajemen waktu dari sekarang agar kita bisa mengendalikan diri dari media sosial, bukan sebaliknya. Sekian tutorial untuk mengaktifkan alarm pengingat waktu Instagram dari igniel.com.

Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.