Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum

Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum

Syarat agar blog bisa muncul di hasil pencarian adalah artikelnya harus sudah terindex dengan baik. Maka mengetahui artikel sudah terindex atau belum sangatlah penting. Banyak yang penasaran, sebenarnya artikel yang saya tulis kemarin sudah terindex belum sih? Cara ceknya gimana ya? Kalau kamu kebingungan seperti itu, maka tutorial ini menjadi solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut.


Memeriksa URL Postingan yang Sudah Terindex Google

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Semuanya bertujuan sama, yaitu untuk memastikan hasil index halaman di mesin pencari.


Menuliskan URL Halaman

Ini cara yang paling mudah dan sederhana namun efektif. Untuk melakukannya cukup tuliskan URL lengkap dari artikel di kolom pencarian Google. Karena URL bersifat unik dan tidak mungkin ada yang sama, maka hasilnya pasti ada. Jika tidak ada, bisa dipastikan artikel belum terindeks.

Cek Halaman Blog yang Terindex Google


Menuliskan Judul Halaman

Cara kedua kurang lebih sama, hanya saja yang ditulis pada kolom pencarian adalah judul artikel. Hasilnya akan menampilkan semua blog dan website yang memiliki judul serupa. Kalau blognya langsung ada di halaman pertama sih enak. Bagaimana kalau tidak ada dan harus mencari sampai halaman berikutnya terus-menerus. Kan pegel ya.

Makanya diberikan atribut tambahan site: untuk membantu mempersempit ruang pencarian. Format penulisannya seperti ini:

"judul artikel" site:blogkamu.com

Pastikan menggunakan tanda kutip agar judul yang tampil benar-benar sesuai seperti yang diinput.

Mengetahui Postingan Sudah Diindex Mesin Pencari


Menuliskan URL Blog

Kamu pun bisa langsung menuliskan alamat blog dengan menambahkan atribut site: tapi yang muncul tidak hanya satu yang spesifik saja, melainkan semua yang sudah terindex, baik itu halaman postingan maupun halaman statis (page).

site:blogkamu.com


Jika artikel belum kunjung terindex, sebaiknya gunakan bantuan Google Search Console. Silakan daftar Search Console jika belum punya akun. Selanjutnya submit sitemap blog dan fetch as Google alias submit URL setiap artikel. Ini dilakukan untuk meminta mesin pencari agar segera melakukan pengindeksan pada artikel yang disubmit.


Melalui Google Search Console

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki akun Search Console seperti yang disebutkan di atas.
Buka dashboard dan masukkan URL artikel ke kotak di atas, persis seperti gambar ini.

Cek Index Artikel Melalui Google Webmaster

Jika artikel sudah terindex tampilannya akan seperti ini.

Cara Cek Index Halaman di Google

Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Gunakan tag HTML <em> untuk menuliskan URL, potongan kode, atau hal penting lainnya.
Contoh: <em>isi pesan</em>