Cara Terbaru Fetch As Google (Submit URL) di Search Console

Cara Terbaru Fetch As Google Inspect URL di Search Console

Sejak Search Console menggunakan tampilan baru, ada satu fitur yang menghilang dari daftar menu. Dia adalah submit URL atau lebih dikenal dengan fetch as Google. Fungsinya sendiri adalah meminta mesin pencari untuk segera mengindex url agar artikel bisa segera muncul di halaman pencarian Google.

Saya sendiri selalu melakukan fetch setiap selesai menerbitkan artikel. Memang sih, tanpa fetch pun lama kelamaan artikel akan terindex dengan sendirinya. Tapi kalau bisa dipercepat, kenapa tidak?

Selidik punya selidik, rupanya fitur ini tidak benar-benar hilang. Hanya saja dia berganti nama menjadi Inspect URL (inspeksi URL). Jadi mau dicari sampai pusing pun menu fetch as Google sudah tidak ada.

Oke, lalu bagaimana caranya melakukan inspect URL tersebut?


Cara Submit URL (Inspeksi) di Search Console Versi Baru

Pertama, pastikan sudah mendaftarkan blog ke Search Console.
Kedua, submit sitemap blog untuk memberitahukan mesin pencari dimana letak URL sitemap kita. Yang ini tidak wajib tapi sangat direkomendasikan.
Selanjutnya baru kita bisa mulai inspeksi URL. Buka halaman awal Search Console dan masukkan URL artikel di kolom atas seperti gambar ini, lalu tekan Enter pada keyboard.

Cara Submit URL di Google Webmaster Versi Baru

Tunggu beberapa saat sampai Google selesai mengambil data. Lalu akan tampiln tulisan "URL is not on Google", artinya URL tersebut belum terindex oleh mesin pencari. Untuk meminta pengindexan, klik REQUEST INDEXING.

Cara Fetch as Google  di Webmaster Versi Baru

Jika permintaan sukses maka tampilannya akan seperti ini. Klik saja GOT IT

Inspeksi URL di Search Console Tampilan Baru

Jika nantinya blog sudah terindex, ketika kamu melakukan inspeksi URL lagi akan muncul tulisan URL is available to Google beserta tanda centang berwarna hijau.

Minta Pengindexan Secara Cepat ke Google

Sudah tidak bingung lagi kan mencari dimana letak menu untuk submit URL di Google Search Console versi baru ini? Harap diingat, sesering apapun melakukan fetch tidak akan mengubah prioritas atau posisi antrian blog kita di halaman Google. Cukup lakukan sekali saja. Jika ingin ada di halaman pertama hasil pencarian, maka SEO on page dan off page harus lebih dimaksimalkan lagi. Bukannya keseringan fetch as Google.

Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

6 Komentar

  1. Mantappp, langsung terindeks google

    ReplyDelete
  2. kalo ngesubmit main url gmn teh? panel yg baru kynya cuma bisa buat submit url posts y??

    ReplyDelete
  3. Fetch as Google sebenernya perlu gak, sih? Soalnya kan meski gak di-fetch, artikel tetep bakak ke-indeks dengan sendirinya. Barangkali ada yang tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau cepet keindex nggak? Kalo iya, pake aja.
      Kalo santai nggak mau buru-buru (toh nanti keindex) nggak perlu.

      Delete
  4. Kirain udah hilang fitur fetch as google ternyata masih ada , makasih tutornya

    ReplyDelete
  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.