Cara Verifikasi Akun Instagram Untuk Mendapatkan Centang Biru

Cara Verifikasi Akun Instagram Untuk Mendapatkan Centang Biru

Kabar gembira datang dari Instagram. Aplikasi berbagi foto terpopuler di dunia ini membuka kesempatan kepada seluruh penggunanya agar bisa mengajukan permintaan mendapatkan centang biru di akunnya. Seperti yang kita tahu, dulu yang bisa mendapatkan blue badge hanya akun yang dimiliki oleh figur publik seperti seniman, aktor, politisi, atlet, brand terkenal, dan pesohor lainnya. Ada sih golongan 'bukan artis' yang beruntung bisa menjadi verified account, yaitu mereka yang sudah menjadi influencer.

Apa sih influencer? Sesuai namanya, influencer bisa diartikan sebagai orang yang meng-influence atau yang bisa mempengaruhi publik. Contohnya seperti Selebgram dan Youtuber (yang memiliki akun Instagram juga). Dengan banyaknya followers yang dimiliki, mereka bisa dengan mudah mendapatkan simpati publik dan menjadi sosok yang berpengaruh, khususnya di kalangan anak muda.

Banyak sekali hal menjadi viral karena dimulai oleh Selebgram dan Youtuber. Misalnya:
  • Pemilihan style fashion yang keren ditambah pengambilan foto yang profesional kemungkinan besar akan ditiru oleh followers Instagram. Ketika gaya berpakaian tersebut menjadi viral, akan banyak toko online yang menjual pakaian serupa seperti yang dikenakan Selebgram.
  • Ketika seorang Youtuber melakukan unboxing smartphone merk tertentu, subscribers akan terpengaruh dan kemungkinan akan tergiur untuk mencoba merk yang diulas di video tersebut.
  • Tidak jarang ada influencer yang berbicara di Instagram atau Youtube dan topik pembahasannya menjadi viral.
  • Dan lain sebagainya. Kamu pasti sudah merasakan sendiri banyak hal heboh yang bermula dari seorang influencer. Dan karena sadar dirinya memiliki daya jual, tidak jarang mereka membuka jasa endorse yang harganya normal sampai gila-gilaan.

Apa harus jadi influencer dulu baru bisa mendapatkan centang biru dan mendapatkan status verified account di Instagram?

Tidak mudah lho menjadi seorang influencer. Selain harus memiliki followers banyak, kamu pun harus berkomitmen pada konten. Artinya setiap postingan harus berkualitas dan tidak boleh asal-asalan. Belum lagi foto harus terlihat profesional dan rutin update setiap hari.


Jangan sedih, kan sekarang Instagram sudah membuka kesempatan untuk umum. Jadi kita-kita yang bukan siapa-siapa ini bisa kok mencoba mengajukan permintaan untuk mendapatkan status bergengsi tersebut untuk nantinya mendapatkan lencana biru.


Persyaratan Mendaftar Lencana Terverifikasi

Sebelum itu harus tahu dulu apa saja syarat dan ketentuannya. Pastikan semuanya sudah terpenuhi agar permintaan diterima.
  1. Autentik
    Akun harus mewakili orang atau bisnis yang terdaftar dengan nyata alias bukan fiktif. Jika orang harus memiliki KTP. Jika bisnis harus memiliki surat izin bisnis.
  2. Unik
    Unik disini berarti hanya satu-satunya. Hanya satu akun tiap orang atau bisnis yang dapat diverifikasi. Misalnya jika kamu memiliki dua akun Instagram, maka hanya salah satunya yang bisa diverifikasi. Ada pengecualian untuk akun dengan bahasa tertentu. Misalnya brand Adidas memiliki dua akun resmi, satu akun berbahasa Inggris untuk target market dunia, dan satu lagi akun berbahasa Indonesia yang khusus untuk melayani market di negara Indonesia saja. Maka kedua akun tersebut bisa diverifikasi.
  3. Lengkap
    Akun harus bersifat publik (jangan dikunci) dan memiliki profil yang lengkap. Bio, foto profil, dan data lainnya tidak boleh kosong.
  4. Mudah Diingat
    Nah ini yang agak sulit dipenuhi bagi orang awam seperti kita. Akun harus mewakili orang, merk, atau sosok yang terkenal dan banyak dicari orang. Dengan kata lain akun kamu harus menjadi populer terlebih dulu. Instagram akan meninjau akun yang muncul di berbagai sumber berita untuk mengukur apakah dia sudah populer atau belum. Satu hal yang patut dicatat, konten berbayar atau iklan tidak menjadi rujukan sebagai sumber tinjauan. Instagram hanya melihat dari sumber organik.

Apakah Harus Memiliki Banyak Followers?

Dalam persyaratannya tidak disebutkan tuh. Disana cuma diminta mudah diingat dan populer saja. Kamu tidak perlu memiliki followers beratus-ratus ribu, yang penting terkenal dan banyak dicari orang. Coba kamu buat satu akun percobaan yang isi postingannya biasa-biasa saja, lalu belilah followers sampai satu juta. Pasti permintaan verifikasinya ditolak. Ya karena punya followers banyak pun percuma kalau kamu tidak banyak dicari orang.


Mengajukan Permintaan Verifikasi Instagram Centang Biru Tanpa Perlu Jadi Artis

Oke mari kita masuk ke inti dari tutorial.

1. Pastikan aplikasi Instagram yang terinstall di Android atau iOS sudah versi terbaru. Update dulu ya kalau masih pakai versi lama. Setelahnya buka profil Instagram » ketuk menu (ikon 3 garis horizontal) » ketuk Settings.
Menjadi Verified Account di Instagram dengan Blue Tick Badge

2. Scroll ke bawah sampai ke bagian Account, ketuk menu bernama Request Verification.
Cara Mendapatkan Centang Biru di Akun Instagram Tanpa Jadi Artis

3. Akan muncul sebuah formulir. Isi semua data yang dibutuhkan dan setelah selesai ketuk tombol Send.
  • Username
    Akan terisi otomatis sesuai dengan username Instagram.
  • Full Name
    Nama lengkap dan asli sesuai KTP. Jika mewakili bisnis maka isi dengan nama merk atau nama perusahaan yang sesuai dengan surat izin.
  • Known As
    Nama alias yang membuat kamu tenar di internet. Contoh: Pewdiepie.
    Pada isian Full Name sebelumnya diisi: Felix Arvid Ulf Kjellberg.
  • Category
    Isi sesuai dengan katerogi yang paling pas dengan akun yang digunakan.
  • Attachment
    Upload foto dari identitas diri. Bisa KTP, passport, SIM, atau lainnya. Jika akun bisnis maka foto surat izinnya.


Cara Verifikasi Instagram Centang Biru

4. Begini tampilannya jika semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar. Setelah itu tunggu beberapa hari dan biarkan pihak Instagram mengolah data yang sudah dikirimkan.
Tutorial Request Verifikasi Lencana Biru Instagram


Bagaimana Mengetahui Permintaannya Diterima Atau Ditolak?

Akan muncul sebuah pesan di tab Notification (ikon hati / love) seperti ini.
Instagram Rilis Cara Baru Mengajukan Verifikasi Akun

Seperti yang bisa dilihat di gambar, permintaan saya DITOLAK karena tidak memenuhi kriteria. Saya sih tidak berharap banyak karena akun pribadi saya sepi banget dan tidak pernah mendapatkan banyak like di setiap fotonya. Belum lagi jumlah followers yang super sedikit. Iya, jumlah followers memang tidak ada dalam syarat dan ketentuan. Tapi ya....sadar diri lah kalau sedikit banget kaya saya sih sudah pasti bakal ditolak. Belum lagi saya ini tidak populer di kalangan manapun.


Apa Yang Harus Dilakukan Jika Permintaan Ditolak?

Kamu bisa mengajukan ulang permintaan dalam 30 hari. Selama menunggu, tingkatkan terus engagement seperti:
  1. Perbanyak interaksi dengan followers.
  2. Rajin posting dan usahakan mendapatkan banyak like di setiap postingannya.
  3. Dapatkan followers baru dengan cara natural (bukan hasil beli).
  4. Perkuat image brand agar nama atau merk dagang kamu melekat di ingatan followers.
  5. Boleh saja mengiklankan produk dengan Google Ads atau Facebook Ads. Buatlah tujuan utama dari iklan agar brand kamu semakin terkenal dan diingat orang banyak, bukan melariskan produk. Karena syarat diterimanya pengajuan verifikasi adalah menjadi populer, bukan dari seberapa lakunya dagangan.


Yuk segera coba request verifikasi Instagram sekarang juga. Tidak akan rugi apa-apa kok, toh gratis juga. Kalau ditolak ya tidak apa, kalau diterima ya bersyukur. Anggap saja iseng-iseng berhadiah.

Bagi online shop yang sudah punya brand sendiri sih saya sarankan wajib mencoba agar merk dagang kamu bisa semakin dikenal oleh publik. Dan jika mendapatkan centang biru, toko kamu akan semakin dipercaya dan reputasinya akan meningkat drastis. Kalau sudah begitu, pasti deh dagangannya semakin laris.

https://www.facebook.com/help/instagram/854227311295302
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

1 Komentar

Gunakan tag HTML <em> untuk menuliskan URL, potongan kode, atau hal penting lainnya.
Contoh: <em>isi pesan</em>