Cara Riset Dan Mencari Hashtag Populer Di Instagram

Riset Hashtag Populer Instagram Untuk Jualan Tertarget

Sejak kemunculan Twitter, penulisan hashtag menjadi hal yang cukup penting dalam media sosial. Dengannya, kamu bisa mencari postingan dengan topik yang sama. Nggak mau ketinggalan, hal ini diikuti oleh Instagram. Penggunaannya sangat krusial karena orang sering mencari topik kesukaannya menggunakan hashtag. Mungkin bisa disamakan dengan keyword (kata kunci) karena sejauh ini pencarian yang diizinkan di Instagram adalah menggunakan hashtag. Nggak bisa pakai query kalimat biasa seperti ketika melakukan pencarian di Google atau mesin pencari lain.

Kenapa Harus Menggunakan Hashtag Populer?

Sederhana aja: karena banyak orang yang mencari.
Gini deh, anggap kamu pakai hashtag nggak jelas kaya #abcdef yang total penggunaannya hanya 20. Kemungkinan dilihat orang lain selain following pun kecil.

Beda halnya kalau kamu pakai hashtag #bajukerenmurah dengan total penggunaan 150.000. Artinya hashtag tersebut cukup populer dan sering digunakan. Jika sering digunakan berarti sering dicari pula. Paham kan? Inilah pentingnya mencari hashtag terpopuler di Instagram untuk jualan. Agar kamu bisa membidik sasaran yang tepat dan tertarget sesuai dengan konten yang disajikan. Jika profil kamu sudah berubah menjadi akun bisnis Instagram maka pencarian hashtag terbanyak di Instagram ini cukup penting untuk menentukan target jualan.

Cara Mengetahui Hashtag Paling Populer di Instagram

Secara garis besar, riset hashtag Instagram bisa dilakukan dengan 2 cara:
  1. Melalui aplikasi Instagram langsung.
  2. Melalui website pihak ketiga.
Igniel.com akan menjelaskannya satu-persatu.


1. Melalui Instagram Langsung

  1. Tentukan dulu topik utama dari postingan. Misalnya kamu berjualan sepatu, maka keyword utamanya ya jelas sepatu.
  2. Buka akun Instagram » buka menu pencarian » masukkan kalimat sepatu di kotak pencarian » buka tab TAGS. Akan terdapat daftar hashtag lengkap dengan jumlah pemakaiannya. Hasilnya memang nggak otomatis diurutkan dari yang terbesar sampai terkecil sih. Paling nggak, kamu jadi punya bayangan kan mana hashtag yang populer mana yang nggak.
    Cara Mencari Hashtag Populer Instagram

  3. Kalau dirasa terlalu luas, kamu bisa mengerucutkan dan memperkecil jumlah pencarian agar hasilnya lebih spesifik dan tertarget. Misalnya, tuliskan sepatu kulit.
    Cara Riset Hashtag Instagram Tertarget

  4. Cara lain, kamu bisa buka akun Instagam yang jumlah followersnya banyak dan ambil hashtag dari salah satu postingannya.

Selain itu kamu harus pandai membaca situasi. Kalau sebulan kebelakang sedang ramai topik tentang film Avengers: Infinity War, carilah hashtag dengan kata kunci tersebut dan sisipkan di dalam postingan. Meskipun kamu berjualan sepatu, sah-sah aja kok memasukan hashtag populer yang nggak berhubungan. Tujuannya agar dilihat oleh lebih banyak orang yang sedang gencar-gencarnya mencari postingan tentang film Avengers. Tapi jangan sering-sering ya. Nanti postingannya nggak tertarget. Cukup sesekali disaat ada topik yang benar-benar booming.

2. Melalui Pihak Ketiga

Daftar website menyediakan fitur untuk melihat hashtag Instagram populer secara gratis:
  1. websta.me (sepertinya akan tutup)
  2. instagress.com (mungkin akan tutup juga)
  3. ink361.com
  4. all-hashtag.com
  5. hashatit.com
  6. top-hashtags.com
  7. hashtagify.me
  8. iconosquare.com
  9. crowdfireapp.com


Diantaranya ada yang berbayar, tapi dikasih waktu trial juga kok. Yang lainnya Googling sendiri aja deh ya.

Karena kebijakan Facebook (selaku induk perusahaan Instagram) selalu berubah-ubah, layanan pihak ketiga diatas bisa saja ditutup sewaktu-waktu karena tidak mendapatkan izin dari Facebook untuk mengakses API. Blog igniel.com akan selalu mengupdate informasi ini jika ada berita terbaru.

2.1. Cara Pakai Website Pencari Hashtag Populer Instagram

Sebagai contoh, untuk riset hashtag Instagram ini saya gunakan website yang (sampai artikel ini diturunkan) belum menutup layanannya karena dampak perubahan kebijakan Facebook, yaitu all-hashtag.com.

  1. Buka websitenya » masukkan kata kunci utama » pilih menu top » klik tombol Generate.
    Cara Mencari Hashtag Instagram Terpopuler

  2. Tunggu beberapa saat. Hasilnya akan muncul ketika scroll halaman ke bawah. Tinggal copy deh hashtag-nya dan sisipkan ke dalam postingan kamu.
    Hashtag Populer Instagram Untuk Jualan

Untuk website lainnya, kurang lebih penggunaannya sama gampangnya. Tinggal masukkan kata kunci dan biarkan mereka bekerja mencari hashtag Instagram terpopuler.
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

11 Komentar

  1. Mantap artikelnya, terima kasih mba igniel :)

    ReplyDelete
  2. Udah lama gak main ke sini. Sekarang blognya Lain isinya udah beda ya daripada dulu, hehehe (ketauan udah lama banget ga blogwalking ke sini). Btw makasih banyak lho tipsnya. Berguna banget bagi gua yang sekarang sedang mencari tambahan followers IG wkwkwk

    ReplyDelete
  3. info gurih nih ,,, makasih kaka ..

    ReplyDelete
  4. Main IG itu bisa lewat PC gak sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa. Silakan cari tutorialnya di blog ini dengan kata kunci "upload instagram dari pc"

      Delete
  5. Wah keren banget informasinya admin. Cocok nih kalau mau endors hehehe..
    Btw mba Putri F: IG bisa mba dimainin di pc. Pake inspect elemen. Ubah responsivenya seperti ukuran layar Ponsel. beress deh hehe. Salam blogger

    ReplyDelete
  6. numpang koreksi cewek pada template. Terlalu banyak yang bergerak-gerak pada desain gambar sangat menyiksa mata. :D

    ReplyDelete
  7. Kontennya bermanfaat banget bang Igniel, moga makin sukses...

    ReplyDelete

Gunakan tag HTML <em> untuk menuliskan URL, potongan kode, atau hal penting lainnya.
Contoh: <em>isi pesan</em>