Cara Memasang Komentar Facebook di Blogger

Cara Memasang Kotak Komentar Facebook di Blogger

Untuk bisa menggunakan komentar Facebok di blog ini pengunjung diharuskan login dulu ke akun masing-masing. Berhubung Facebook adalah media sosial terbesar dan terbanyak penggunanya di Indonesia, bisa dipastikan hampir 100% pengunjung blog sudah memiliki akun Facebook, jadi semuanya bisa berkomentar.

Pengguna Facebook pun biasanya lebih bawel dan aktif. Hal ini bisa dilihat di postingan Fanspage media atau berita dimana sesama pengguna saling lempar argumen sehingga interaksinya sangat tinggi. Jadi siapa tahu dengan memasang kotak komentar Facebook ini, blog kamu bisa ikutan ramai seperti cerita diatas.

1. Pasang Script SDK

Cara mengganti komentar bawaan Blogger dengan komentar Facebook. Pertama, simpan kode ini "SETELAH / DI BAWAH" <body>.
<div id="fb-root"></div>
<script> //<![CDATA[
  (function(d, s, id) {
  var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
  if (d.getElementById(id)) return;
  js = d.createElement(s); js.id = id;
  js.src = 'https://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v3.1';
  fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
//]]> </script>


2. Sembunyikan Komentar Bawaan Blogger

Biasanya orang lain menyarankan untuk menghapus kode komentar bawaan Blogger. Tapi saya tidak akan melakukan itu untuk jaga-jaga jika suatu hari ingin kembali menggunakan plugin komentar asli.

Komentar bawaan cukup disembunyikan, tidak perlu dihapus. Caranya:
1. Pergi ke menu Settings » Posts, comments and sharing.
2. Di bagian Comment Location pilihlah Hide.
3. Setelahnya klik tombol Save settings.

Cara Memasang Kotak Kolom Komentar Facebook di Dalam Postingan Blogspot

3. Pasang Script Komentar Facebook

Sekarang saatnya untuk memasang kotak komentar Facebook di dalam postingan Blogger. Cari dulu kode dengan nama comment_picker ATAU commentPicker di dalam template.
<b:include cond='data:view.isSingleItem' data='post' name='comment_picker'/>
ATAU
<b:include cond='data:view.isSingleItem' data='post' name='commentPicker'/>

Jika kesulitan, gunakan fitur pencarian dengan menekan keyboard CTRL + F dan cukup masukkan kata kunci name='comment_picker' ATAU commentPicker agar mudah dicari. Jadi tidak usah mencari semua kodenya ya, cukup masukkan kata kunci saja.


Setelah ketemu, simpan kode berikut "SETELAH / DI BAWAH" kode yang berhasil ditemukan tadi:
<b:if cond='data:view.isSingleItem'>
<div class='fb-comments' data-numposts='5' expr:data-href='data:blog.canonicalUrl' data-width='100%'></div>
</b:if>
data-numposts adalah jumlah komentar yang muncul di muka. Angkanya bisa diubah sesuai keinginan.

Cara Mengganti Komentar Bawaan Blogger Dengan Komentar Facebook

Gimana, gampang banget kan cara pasang plugin komentar Facebook ke dalam artikel Blogger? Yuk praktekan langsung ke blog masing-masing!

Artikel Terkait

43 komentar

Komentar TIDAK DAPAT DIHAPUS setelah dikirim. Pikirkan sebelum menulis.
  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>
  • Enjoe
    28/5/22
    Profil: https://www.blogger.com/profile/07776906850106309693
    ini sistemnya dibuat kalo muncul saat klik tombol bisa gak mba? yang kayak disqus
  • Mas Gondskii
    17/9/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/08315195225120185242
    Kemaren juga sempet ngalamin... makasih kak artikel nya membantu...
  • slot pragmatic
    15/9/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/11804115281053454270
    artikelnya sangat membantu sekali bos terimakasih sudah berbagi
  • Mimin
    5/8/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16713946930241545434
    teh, di template textrim v3 yg free saya cari2 kode teu aya wae dimana nya teh? ayana oge body data-glitch eta kitu?
  • josephine jumawan caballo
    24/7/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06942547171873764307
    Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari nyonya karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia menyuruh saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi nyonya karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi nyonya karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan disahkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Mrs karina roland: ([email protected]) atau whatsapp hanya +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Rola nd email saya: ([email protected]) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.
  • Chakly Raflesia
    16/7/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/02106258514379347993
    Terus nanti kalo ada yang koment pake faceboon di Blog, Kita dapet notifnya dimana kak?
  • maulana arief
    8/7/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/08392944466310382377
    Saya membawa kabar baik untuk Anda semua saudara Indonesia di platform ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh keluarga saya sejak september 2020, kesaksian dan kabar baik saya seperti ini,
    Nama saya MAULANA ARIEF, Seorang pria Muslim dan saya dari kota Serang Indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
    Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya adalah seorang marketer dan juga business advisor di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua yang ada di platform ini yang membutuhkan dan cari pinjaman asli untuk sangat berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda.

    Saya dan istri saya di mana memiliki hutang besar untuk membayar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari dubia pada juli 2020, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar 60 juta Rupiah ke perusahaan pinjaman palsu di dubia karena kami mengajukan pinjaman 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapatkan pinjaman dan istri saya dan saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami putus asa dan jenuh dengan kehidupan.

    Kepada Tuhan yang sangat baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami kepada seorang penolong dan pada hari yang setia ini 27 november 2020, saya sedang berselancar di internet ketika saya menemukan kesaksian dari seorang wanita Indonesia bernama MELIYAKSI LAY dengan alamat email : ([email protected])

    yang berasal dari kota batu malang jatim, tentang bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi  Bunda KARINA dan dia memperkenalkan saya kepada IBU KARINA dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari IBU KARINA oleh
    menghubunginya karena dia mendapat pinjaman dari MRS. KARINA yang merupakan pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, maka saya menghubungi MRS MELIYAKSI LAY untuk informasi lebih lanjut tentang MRS. KARINA jika dia benar-benar mendapat pinjaman dari MRS. KARINA dan dia menjawab ya dan menunjukkan bukti transfer pinjaman dan saya percaya dan saya memutuskan untuk menghubungi MRS KARINA ROLAND dan saya mengajukan pinjaman sebesar 3 miliar Rupiah dan setelah saya mengajukan aplikasi pinjaman saya dan data saya diverifikasi maka pinjaman saya disetujui dan Saya hanya diminta untuk mendapatkan persetujuan sertifikat pinjaman saya dan setelah itu pinjaman saya disetujui dan merupakan kejutan terbesar saya. pinjaman saya sebesar 3 miliar Rupiah ditransfer ke rekening bank saya dengan tingkat bunga rendah 2% dan bahkan tanpa agunan, tanpa penjamin
    maka saya menyarankan kepada rekan-rekan WNI yang sedang mencari pinjaman asli untuk menghubungi IBU KARINA melalui email : ([email protected]) atau whatsapp +1(585)708-3478

    Dia adalah satu-satunya pemberi pinjaman asli di platform ini dan di blog ini, dia adalah ibu yang baik, Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang MRS KARINA MOTHER melalui ([email protected])

    Catatan: cukup sepatah kata untuk orang bijak dan terima kasih telah membaca kesaksian dan kabar baik saya
    Tuhan memberkati kalian semua!
  • Judin
    28/6/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/18252754510715554185
    Mantap suhu
  • infopertama
    14/5/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16794557525954091378
    siap jalankan tutorialnya bos
  • Sultan Dori
    17/1/21
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14685197113589448477
    Kalau cara menyembunyikan komentar facebook di halaman tertentu, misal di about us itu gmn ya mbak igniel?
  • Jerryan
    25/12/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06799377903380448550
    terima kasih mas igniel atas panduan memasang komentar facebook di bloggernya . baru saya terapkan di blogger saya dan berjalan dengan lancar. Terima kasih banyak , mas igniel. Salam blogger.

    https://asfarasyoucandoit.blogspot.com/
  • Han Farhan
    3/12/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/05826918822005935931
    gak muncul :-(
  • wendy
    4/11/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16414468084218104366
    Ini prlu tambah tag meta id facebook sama id apk gk ya
  • TVplwcom
    21/9/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/05947387440071984843
    Kok nggak lo terapin di blog lho
    • Igniel
      21/9/20
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Suka-suka gw.
  • Dea
    18/9/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09463031057995567406
    langsung work, thanks ya
  • Unknown
    7/7/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09983698423207763527
    ijin pakai suhu
  • BACO DULU
    2/7/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/12062737449480338400
    Agan menggunakan kolom komentar apa
  • Aditya Januardi
    10/5/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04971884584951414426
    Mantap infonya, nice artikel 👍
  • Sterno Automotive
    14/2/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/12623655862233620864
    Kok bisa
  • Evan deppran
    8/1/20
    Profil: https://www.blogger.com/profile/01976694733154832194
    Nyimak
  • bagi pengalaman
    9/10/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00064183411085459586
    sip, langsung praktek
  • aziz
    3/10/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16993046633250978564
    mantap kak ignieel, makasih ilmunya sngt bermanfaat. aku coba trik2 yang lain komennya gk muncul, cuma pas pake trik ka igniel, srkg blognya yang gak muncul wkwkw becanda, alhamdulillah dah ada kok komennya. thanks ya , sukses terus kak. jangan lupa bales hhe
    • Igniel
      21/11/19
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Hi. Alhamdulillah kalau muncul. Makasih
  • PAWON RAKYAT
    5/9/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06690880015817023704
    kok kode comment_picker atau commentPicker ngga muncul ya kak di html ?
    padahal udah saya cari pake ctrl + F. syedih deh

  • PCM METRO BARAT
    2/9/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16022722947300464566
    Terima kasih
    https://www.pcmmetrobarat.org
  • admin infotegno
    15/8/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/12779174239148514571
    sudah sesuai tutor kok masih saja nggak muncul ya gan
    • mr.admin
      12/10/19
      Profil: https://www.blogger.com/profile/15028257954639871095
      Sedikit membantu :)

      Ganti Who can comment? menjadi Anyone

      Settingan awal blogger adalah : User with Google Accounts

      Salam kenal : ismmedia.blogspot.com
  • Roni
    20/7/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/17957043817708413934
    trus cara mengetahui balasan komentar dari orang kek gimana?
    • Roni
      20/7/19
      Profil: https://www.blogger.com/profile/17957043817708413934
      maksudnya tanpa moderation tool fb dari id fb yg langsung masuk ke dashboard blogger kita
    • Igniel
      21/7/19
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Komen dari FB nggak bisa masuk ke Blogger. Harus dicek ke web FB. Nanti ada notifnya di sana.
  • Dhanny
    9/7/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/03455097694318571030
    dari beberapa kali coba tuts ini yang berhasil.. terima kasih mbakk...
    • Pungkas nurrohman
      15/7/19
      Profil: https://www.blogger.com/profile/08912097388643087179
      Punya saya kok gak muncul ya? Waktu pasang script nomor 3 muncul notif klo blog1 tidak dapat menampilkan b:if
  • Pena Digital
    27/5/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/18123707859335767754
    Terimakasih atas ilmunya kak, jangan lupa mampir ke https://www.garutupdate.com/ ya kak
  • Eva
    20/5/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/08710122825565061932
    kok malah gak muncul komen fb nya
    • ⠀
      6/8/21
      Profil: https://www.blogger.com/profile/14861092182195724906
      tunggu beberapa detik, memang agak lama kalau muncul komentar facebook karna berat
      kalau masih belum muncul
      cek tutor di : farih.web.id
  • Naruto Subtitle Indonesia
    12/5/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/02098657058681863253
    mmakasih gan
    http://cintasholawat.fastblog.net
  • Unknown
    10/3/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00696091430266822867
    mantab banget, jangan lupa kunjungan balik ya,.
    http://androidremuk.com
  • Admin
    29/1/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09514865497601513651
    Mba igniel minta tutorialnya dong, cara bikin kotak layanan donasi seperti diblog ini. Terima kasih atas ilmunya
    • Igniel
      21/11/19
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Ini ya.
      https://www.igniel.com/2019/06/kotak-donasi-paypal.html
  • Dunia Informasi
    22/1/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/15061853086454247005
    trimaksh infonya ya
    mohon skiranya kunjungi juga
    www.duniainformasi.site
  • Onhax ID
    5/1/19
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00952844989056635064
    bermanfaat sekali, thanks min ^^
  • negerikertas.com
    31/12/18
    Profil: https://www.blogger.com/profile/13688420814959875373
    okee