Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger

Cara Memasang Kotak Komentar Disqus di Blogger

Sebagian besar blogger pasti sudah familiar dengan nama brand ini. Disqus adalah penyedia layanan plugin / widget komentar yang bisa dipasang di blog ataupun website. Fitur melimpah dan tampilannya yang menarik menjadikannya sangat populer di kalangan blogger. Tidak heran plugin ini bisa ditemukan di banyak tempat karena memiliki beragam keunggulan dibanding kotak komentar bawaan situs itu sendiri. Diantaranya:
  1. Tampilan sederhana tapi sangat memanjakan mata.
  2. Bisa menambahkan emoji.
  3. Bisa memasukkan gambar. Sangat membantu apalagi di blog dengan niche tutorial.
  4. Terdapat related post bawaan yang SEO Friendly.
  5. Terdapat reaction button (upvote, funny, love, surprised, angry, sad).
  6. Dan masih banyak lainnya. Kamu harus coba sendiri.

Banyak sekali pengguna Blogspot yang memilih untuk menggunakan Disqus sebagai kotak komentar di dalam postingannya karena banyaknya kelebihan yang sudah disebutkan di atas. Kalau saya pribadi sih lebih senang kometar bawaan Blogspot. Bagi kamu yang mau coba pasang plugin kotak komentar Disqus di Blogger, ikuti panduannya berikut ini.

Cara Mengganti Komentar Bawaan Blogger Menjadi Komentar Disqus

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun di website resminya yang beralamat di https://disqus.com. Jika belum punya, registrasi dulu ya. Caranya gampang kok, jadi proses registrasi tidak akan dijelaskan disini.


2. Setelah pendaftaran sukses, langsung buka alamat ini:
https://disqus.com/admin/create

3. Isikan data yang diperlukan. Setelah selesai, klik tombol Create Site.
Website Name: Nama website. Dari sini akan didapatkan username / shortname.
Category: kategori. Sesuaikan dengan niche blog.
Perhatikan menu Website Name. Ketika mengisi, disana akan otomatis ter-generate shortname. SIMPAN NAMA SHORTNAME karena nanti akan digunakan.
Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger Terbaru Valid HTML5

4. Kamu mungin akan dibawa ke halaman berlangganan. Pilih saja Free agar selamanya gratis.
Cara Pasang Kotak Komentar Disqus di Dalam Postingan Blogger

5. Setelahnya kamu akan diminta untuk memilih platform blogging yang digunakan. JANGAN DIPILIH DULU, karena kita akan pakai jalan lain agar cara memasang plugin komentar Disqus di dalam postingan Blogspot ini lebih valid HTML5.

6. Sebagai gantinya kita akan pakai kode berikut. Ganti igniel-net dengan shortname masing-masing.
<b:if cond='data:view.isSingleItem'>
<div id='disqus_thread'/>
<script>
var disqus_shortname = 'igniel-net';
var disqus_blogger_current_url = &quot;<data:blog.canonicalUrl/>&quot;;
  if (!disqus_blogger_current_url.length) {
    disqus_blogger_current_url = &quot;<data:blog.url/>&quot;;
  }

  var disqus_blogger_homepage_url = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;;
  var disqus_blogger_canonical_homepage_url = &quot;<data:blog.canonicalHomepageUrl/>&quot;;
//<![CDATA[
(function() {
  var bloggerjs = document.createElement('script');
  bloggerjs.type = 'text/javascript';
  bloggerjs.async = true;
  bloggerjs.src = '//'+disqus_shortname+'.disqus.com/blogger_item.js';
  (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(bloggerjs);
})();
//]]> </script>
</b:if>

7. Dimana kita menempatkan kodenya pada Blogger?
Cari dulu kode berikut. Jika kesulitan, gunakan fitur pencarian dengan menekan keyboard CTRL + F dan cukup masukkan kata kunci name='comment_picker' ATAU commentPicker agar mudah dicari. Jadi tidak usah mencari semua kodenya ya, cukup masukkan kata kunci saja.
<b:include cond='data:view.isSingleItem' data='post' name='comment_picker'/>
ATAU
<b:include cond='data:view.isSingleItem' data='post' name='commentPicker'/>

Tempatkan script Disqus tepat "SESUDAH / DIBAWAHNYA". Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Install Widget Comment Disqus di Blogspot


8. Sekarang kotak komentar Disqus sudah terpasang di blog. Tapi komentar bawannya masih ada, jadi kita sembunyikan dulu. Cuma disembunyikan ya, tidak perlu dihapus. Untuk jaga-jaga jika suatu hari ingin kembali memakai komentar bawaan Blogger lagi. Caranya:
  1. Pergi ke menu Settings » Posts, comments and sharing.
  2. Di bagian Comment Location pilihlah Hide.
  3. Setelahnya klik tombol Save settings.
Cara Memasang Kotak Kolom Komentar Disqus di Dalam Postingan Blogspot

Pengaturan Lanjutan

Ini bersifat opsional, artinya boleh dilakukan boleh tidak. Jika kamu merasa komentar Disqus terlalu berat dan menambah waktu loading halaman, maka ada satu cara yang bisa mengatasinya. Yaitu komentar baru dipanggil ketika pengunjung melakukan klik pada tombol. Jadi saat loading awal tidak akan langsung muncul, maka tidak akan terasa berat. Caranya bisa kamu temukan di artikel dengan judul Cara Memuat Komentar Disqus Saat Klik Tombol.

Dan tutorial lengkap cara memasang kotak komentar Disqus di Blogger pun selesai. Jadi kamu lebih suka kolom kometar yang mana nih?

https://help.disqus.com/installation/manually-adding-a-disqus-gadget-to-blogger
Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

20 Komentar

  1. disini nggak pakai disqus gan?

    ReplyDelete
  2. Kalau buat nambahin komentar blogspot yang hilang gimana yaa mbak ?, mau nambah komentar disqus secara manual atau otomatis juga gak bisa :(

    ReplyDelete
  3. kalau mau digabungin gimana mna?

    ReplyDelete
  4. disqus emang mantap, tampilannya sederhana tapi enak dilihat

    ReplyDelete
  5. Sip, sukses saya terapkan pada halaman tertentu.

    ReplyDelete
  6. saya coba dan ternyata sekarang berhasil. Terima kasih ya

    ReplyDelete
  7. kok agan gk pake disqus?, trus juga ada tuh blog yg komennya punya 3 jenis kira2 itu memperlambat blog gk ya?

    ReplyDelete
  8. terima kasih gan, agan sudah membantu saya memecahkan solusi yang saya cari
    Jangan lupa kunjungi situs saya juga gan : www.situsbandaronline.com
    Sakong Online
    BandarQ
    AduQ
    Capsa Susun
    DominoQQ
    Bandar66
    Poker
    BandarQ Poker
    Sakong Online

    ReplyDelete
  9. gan kalau mauy digabungin dengan commentar lain kok ga bisa ya ?
    ada solusi gan ?
    Jangan lupa gan kunjungi balik yah situs kami : www.situsbandaronline.com

    ReplyDelete
  10. Terima kasih, sangat lengkap penjelasannya dan jelas

    ReplyDelete
  11. soal disqus third party pihak ketiga menggunakan otoritasi disqus soal keamanan bsa di liat authnya dstu jangan asal otoritasi aja tau2 otoritasinya ke file2 penting bsa bhasa akun googllenya sekdedar berbagi info

    ReplyDelete
  12. kalau di gabung dengan koment bawaan blogger dengan tab gitu gimana caranya mba?

    ReplyDelete
  13. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya. Nama saya adalah kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu kehidupan telah sengsara.

    Sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih.

    Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pemberi pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ms. Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam.

    Saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang rahmat ibu perusahaan pinjaman, jadi saya ingin untuk menggunakan media ini untuk memberikan saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Grace melalui email: [email protected] dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: [email protected] untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny via email: [email protected]
    Nyonya Grace melalui email: [email protected]

    ReplyDelete
  14. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya. Nama saya adalah kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu kehidupan telah sengsara.

    Sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih.

    Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pemberi pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ms. Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam.

    Saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang rahmat ibu perusahaan pinjaman, jadi saya ingin untuk menggunakan media ini untuk memberikan saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Grace melalui email: [email protected] dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: [email protected] untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny via email: [email protected]
    Nyonya Grace melalui email: [email protected]

    ReplyDelete
  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.