Cara Kirim Pemberitahuan Komentar Blogger ke Email Sebagai Pengganti Push Notification

Cara mengaktifkan dan menerima email pemberitahuan ketika ada komentar baru di Blogger agar seperti push notification aplikasi smartphone.
Cara Kirim Notifikasi Komentar Blogger ke Email

Komentar dari pembaca menjadi salah satu sumber semangat dalam menulis. Ketika ada yang memberikan feedback, itu artinya tulisan kamu berhasil menarik perhatian sampai membuat orang lain merasa perlu meninggalkan komentar. Untuk membangun hubungan harmonis dengan pembaca, ada baiknya kamu sebagai admin mampu memberikan respon yang cepat ketika ada yang meninggalkan jejak. Entah itu sekedar ucapan terima kasih atas kunjungan mereka atau memberikan jawaban jika ada yang bertanya.

Terutama untuk yang memiliki niche tutorial seperti Igniel nih, pasti banyak yang bertanya kalau ada instruksi yang kurang jelas. Saat itulah kamu diharuskan untuk cepat tanggap dalam memberikan balasan. Karena kalau tidak, mereka akan bosan menunggu dan beralih ke blog lain yang adminnya lebih mudah diajak diskusi.

Masalahnya Blogger belum mempunyai fitur notifikasi real time yang bisa memberikan informasi apakah ada komentar baru atau tidak. Biasanya aplikasi di Android dan iOS, contohnya Facebook, Twittter, dan Instagram terdapat push notification yang langsung memberikan pemberitahuan jika ada komentar baru yang masuk. Sedangkan di aplikasi Blogger belum ada fitur tersebut. Bahkan secara keseluruhan pun fiturnya masih minim. Sayang sekali kan, cukup ketinggalan untuk ukuran platform blogging yang jumlah penggunanya salah satu terbanyak di dunia.


Untungnya ada satu cara yang bisa digunakan sebagai pengganti push notification tersebut. Kamu aktifkan saja notifikasi via email jika ada komentar terbaru! Nantinya email tersebut bisa diterima dari smartphone. Jadi setiap ada inbox dari Blogger, handphone kamu akan berbunyi. Serasa push notification beneran, bukan?

Cara Menerima Email Pemberitahuan Komentar Terbaru Blogspot

Kita hanya akan memanfaatkan fitur bawaan yang sudah disediakan Blogger. Tidak perlu bantuan dari aplikasi pihak ketiga manapun.
1. Masuk ke akun Blogger.
2. Pergi ke menu Settings » Email.
3. Pada bagian Comment Notification Email masukkan email kamu. Ingat ya, harus pakai email yang juga di-login-kan di smartphone agar pemberitahuannya bisa langsung dicek. Kamu bisa memasukkan maksimal 10 alamat email. Penulisannya harus dipisahkan dengan tanda koma.
4. Jika sudah, klik tombol Save settings.
Cara Menerima Email Pemberitahuan Komentar Terbaru Blogger

5. Setelahnya langsung cek email. Jika tidak ada di folder inbox, pastikan juga untuk cek folder spam. Siapa tahu masuk ke sana. Biasanya diberi subjek Comment subscription request from 'Nama Blog'.
Cara Mengirim Pemberitahuan Komentar Blogspot ke Email Pribadi

6. Klik link Subscribe.
Cara Membuat Push Notification Komentar Blogger ke Email


7. Akan terbuka sebuah tab baru yang menginformasikan bahwa notifikasi komentar terbaru Blogger via email sudah aktif. Sampai disini semua langkahnya sudah selesai.
Mengaktifkan Email Pemberitahuan Setiap Ada Komentar Baru di Blogspot

Hasilnya akan seperti ini.
Cara Memperbaiki Hilangnya Email Notifikasi Komentar Baru

Jika ingin berhenti menerima pemberitahuan cukup klik link Decline di email yang diterima tadi. Dan selama saya pakai, email yang masuk tidak pernah telat. Begitu ada yang memberikan komentar, pasti handphone langsung berbunyi pertanda ada pesan baru di inbox.

Memang tidak ada yang sempurna. Tapi semoga saja email notifikasi setiap ada komentar baru di Blogger ini bisa menjadi solusi terbaik sambil menunggu adanya pembaruan yang signifikan di aplikasi resminya.
Posting Komentar
Cara Kirim Pemberitahuan Komentar Blogger ke Email Sebagai Pengganti Push Notification
Cara Kirim Pemberitahuan Komentar Blogger ke Email Sebagai Pengganti Push Notification
Cara mengaktifkan dan menerima email pemberitahuan ketika ada komentar baru di Blogger agar seperti push notification aplikasi smartphone.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

Posting Komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.