Cara Kirim Notifikasi Twitter Ke Pesan Singkat (SMS)

Cara Kirim Notifikasi Twitter Ke Pesan Singkat SMS

Mungkin kamu bertanya-tanya, buat apa sih kirim notifikasi Twitter ke SMS? Kan sudah ada aplikasi. Semua push notification akan dikirim dari sana dan langsung muncul di layar smartphone.

Ya, benar. Aplikasi memang jauh lebih praktis dan lebih real time dalam memberikan notifikasi terbaru. Makanya cara ini lebih cocok untuk orang yang bermain Twitter tanpa menggunakan aplikasi dan lebih memilih menggunakan browser biasa seperti Chrome, Opera Mini, dan lainnya. Contohnya ya saya ini.

Sebisa mungkin saya menghindari pemakaian aplikasi dalam bermain media sosial karena akan menimbulkan ketergantungan dan candu lebih besar. Kalau belum buka rasanya ada yang kurang. Efeknya jadi bolak-balik ngecek setiap 3 menit. Bahaya tuh kalau sudah berlebihan seperti itu. Maka notifikasi Twitter via SMS ini bisa menjadi pengganti dari push notification aplikasi tersebut.

Tutorial Aktifkan Notifikasi Twitter Via SMS

1. Tambahkan dulu nomor handphone kamu. Caranya, buka menu dengan klik avatar di kanan atas » Settings and privacy » Mobile. Isi data sebagai beikut:
- Country/region: pilih Indonesia.
- Phone number: Masukkan nomor handphone.
Lalu klik tombol Continue.

Jika buka dari handphone, menunya ada di Settings and privacy » Notifications » SMS notifications.
Cara Kirim Pemberitahuan Twitter Ke SMS

2. Cek handphone kamu. Akan datang sebuah SMS yang berisi kode konfirmasi untuk aktivasi. Masukkan kodenya ke kolom isian di halaman Twitter dan klik tombol Activate phone.


3. Selesai. Beginilah tampilannya kalau aktivasi pemberitahuan Twitter ke SMS sukses. Kamu pun bisa mengubah untuk menyalakan / mematikan notifikasi tertentu.
Cara Hidupkan SMS Notifikasi Dari Twitter

Dapatkan Notifikasi SMS Dari Akun Tertentu

Kamu pun bisa menerima notifikasi dari akun tertentu. Ketika dia menulis, maka statusnya akan langsung dikirim melalui SMS ke nomor kamu.
1. Jika buka dari komputer: buka akun yang diinginkan » buka menu dengan klik icon berupa 3 buah titik vertikal di kanan » Turn on mobile notifications.
Cara Mengaktifkan Notifikasi SMS Twitter Ke Handphone

2. Jika buka dari handphone: buka akun yang diinginkan » ketuk icon lonceng seperti gambar dibawah.
Nyalakan Pemberitahuan Twitter Ke Pesan Singkat

Kekurangan

  1. Kadang SMSnya tidak masuk sebagian.
  2. SMS telat sampai. Notifikasi baru diterima beberapa jam setelah ada aktifitas di Twitter.
  3. Bahkan tidak ada SMS sama sekali selama satu hari penuh.

Mengaktifkan notifikasi Twittter ke SMS memang tidak sesempurna push notification dari aplikasi resminya. Tapi ini bisa jadi cara ampuh untuk sedikit mengatasi ketegantungan bermain media sosial. Bagi saya pribadi, kekurangan diatas bisa menjadi kelebihan tersendiri. Saya jadi tidak terlalu sering membuka Twitter dan bisa fokus mengerjakan hal lain yang lebin penting dibanding mengecek notifikasi terus-menerus.
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

2 Komentar

  1. Hei, terima kasih sudah berkunjung ke blogku :)
    Blog ini keren bat, banyak info yang aku butuhin.
    Keep up the good work!

    ReplyDelete
  2. Wah makasih ya admin, tutorialnya sangat ber faedah...heheh. Sayangnya saya gak main twitter jadi nyimak aja deh...hehe. terimakasih.

    Suka banget saya ama template blog ini, keren.....

    ReplyDelete

Centang kotak "NOTIFY ME" agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada yang membalas komentar kamu.