Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Melalui Instant Articles dan Audience Network




1. Pendahuluan

Makin hari Facebook makin menggurita. Ada saja gebrakan baru yang dikeluakan dan bikin netizen geleng-geleng kepala sekaligus berdecak kagum. Dimulai dari akusisi WhatsApp, akusisi Instagram, munculnya FB Ads, dan sekarang bertambah lagi inovasi baru yang nggak kalah keren, yaitu hadirnya Instant Articles dan Audience Network. Keduanya merupakan fitur yang berbeda, namun saling membutuhkan satu sama lain. Dan hal terpenting yang bikin orang-orang tergiur adalah: bisa dijadikan ladang uang! Iya, kamu nggak salah baca. Sekarang kamu bisa mendapatkan uang dari Facebook melalui Instant Articles dan Audience Network.

Inovasi ini bener-bener gila! Facebook yang awalnya hanya media sosial biasa, kini berkembang pesat menjadi media sosial sekaligus media iklan yang dibayar (FB Ads) dan membayar (Instant Articles dan Audience Network) penggunanya.

Penasaran? Sebenarnya mereka itu makhluk apa sih? Trus cara dapet uangnya gimana? Sabar, blog Igniel akan mencoba menjelaskannya satu persatu. Kamu harus membaca dari awal sampai akhir kalau beneran mau dapat uang dari Facebook melalui Instant Articles dan Audience Network. Baca aja males, gimana bisa dapet penghasilan?

2. Pengertian Facebook Instant Articles

Cara Mendapatkan Uang Melalui Facebook Instant Articles

Instant Articles adalah program dari Facebook yang dapat menerbitkan artikel secara langsung ketika dibuka di aplikasi resmi Facebook (selanjutnya disebut App). Dikatakan bahwa Instant Articles mampu memangkas waktu muat artikel sehingga dapat diakses 10 kali lebih cepat dibandingkan ketika dibuka di browser mobile biasa.

2.1. Apa Ciri Jika Artikel Tersebut Adalah Instant Articles?

Kalau kamu melihat sebuah konten di Facebook yang memiliki tanda petir, artinya itu adalah Instant Articles. Maka ketika kamu klik, dia akan langsung otomatis membuka artikelnya di App. Nggak bakal dibuka di browser mobile seperti biasanya.
Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Instant Articles

2.2. Kelebihan Facebook Instant Articles

  1. Loading halaman sangat cepat sampai 10 kali lipat. Bahkan lebih cepat dari AMP milik Google.
  2. Tampilan lebih minimalis, interaktif, dan elegan.
  3. Template dapat dimodifikasi.
  4. Artikel otomatis terbuka melalui browser bawaan App. Menghemat waktu karena pembaca nggak perlu meninggalkan Facebook untuk membukanya.
  5. Namanya juga 'artikel instan'. Intinya lebih cepat, sederhana, dan lebih hemat data tanpa mengurangi kualitas artikel asli.
  6. Bisa menampilkan iklan Audience Network.

2.3. Kekurangan Facebook Instant Articles

  1. Wajib memiliki halaman / fanpage.
  2. Harus membuat aplikasi Facebook dulu.
  3. Hanya dapat dibuka melalui App.
  4. Seperti AMP milik Google, format HTML di Instant Articles agak sedikit berbeda dan harus disesuaikan lagi. Kamu harus edit dulu sebelum mempublikasikannya.
  5. Begitupun dengan iklannya, scriptnya harus disesuaikan.

App = aplikasi resmi Facebook.
Tanda petir hanya akan terlihat di App. Artinya, Instant Articles hanya dapat dibuka ketika kamu menggunakan App. Nggak bakal muncul kalau dibuka di browser mobile biasa.

3. Pengertian Iklan Audience Network

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Audience Network

Audience Network adalah fitur dari Facebook yang membuat advertiser (pengiklan) dapat mengiklankan produk mereka DILUAR Facebook, namun dengan data targeting yang sama yang biasa mereka gunakan.

Dimana saja iklannya dapat muncul?
  1. Di aplikasi Android
  2. Di aplikasi iOS
  3. Di Instant Articles yang penjelasannya sudah saya tulis panjang lebar diatas.

3.1. Kelebihan Audience Network

  1. Keuntungan Bagi Advertiser (Pengiklan)
    Lokasi pemasangan iklan menjadi lebih luas dan nggak terbatas cuma di Facebook doang. Target pasar menjadi lebih banyak dan dapat menekan biaya iklan.
  2. Keuntungan Bagi Publisher (Penerbit)
    Artinya buat kita-kita nih para blogger dan pembuat aplikasi. Ini bisa dijadikan ladang emas untuk meraup dollar. Kita akan dibayar jika menampilkan iklan Audience Network di aplikasi atau di Instant Articles.
  3. Keuntungan Bagi Pembaca dan Pengguna Aplikasi
    Iklan yang ditampilkan sesuai dengan minat dan kesukaan. Misalnya kalau kamu senang memasak dan sedang membuka artikel tentang resep, maka iklan yang muncul pun akan berkaitan dengan hal masak-memasak. Pun ketika membuka aplikasi atau game di smartphone, iklan yang muncul akan sesuai dengan yang disuka saja.

3.2. Kekurangan Audience Network

  1. Sementara ini hanya muncul di aplikasi Android dan iOS, dan di Instant Articles. Belum bisa dipasang di website dan blog secara luas seperti AdSense milik Google.
  2. Menyambung dari atas, artinya iklan nggak bakal muncul kalau dibuka di browser biasa.

4. Kesimpulan

Terlalu males baca semuanya? Ini sih intinya.

Instant Articles adalah program dari Facebook yang membuat artikel bisa terbuka lebih cepat dari aslinya. Instant Articles hanya bisa dibuka dari aplikasi mobile Facebook dan Pages Manager di Andoid dan iOS. Instant Articles bisa dimonetasi dan menghasilkan dollar melalui pemasangan iklan yang bernama Audience Network. Jadi, program yang menghasilkan uang adalah Audience Network. Dan Audience Network hanya bisa dipasang di Instant Articles.

Kelihatannya Facebook memang sedang berusaha untuk bisa bersaing dengan brand lain yang lebih besar, terutama Google. Sekilas, Instant Articles mirip AMP, dan Audience Network mirip AdSense. Tapi iklan Audience Network hanya bisa tampil di dalam Instant Articles. Berbeda dengan AdSense yang bisa tampil di semua jenis web, baik itu AMP maupupun NON AMP. Dan bukan itu saja, ada juga Facebook Sound Collection yang mirip seperti koleksi musik no copyright dari Youtube.

Inovasi dan kreasi itu penting bagi seluruh perusahaan teknologi agar bisa bersaing dan terus digunakan oleh banyak orang. Apapun inovasinya, selama itu positif, kita harus mendukung Facebook. Apalagi kalau bisa menghasilkan uang, didukung banget lah.

5. Tutorial Membuat Instant Articles Dan Audience Network

Kamu pasti nungguin bagian ini kan? Agar bisa mulai mendapatkan uang dari Facebook melalui Instant Articles dan Audience Network, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan. Silakan ikuti dengan membaca artikel lanjutannya berikut ini.

5.1. Cara Daftar Dan Membuat Instant Articles

  1. Blogger
    Bagi pengguna Blogger (Blogspot), kamu bisa ikuti panduannya di artikel Cara Pasang Facebook Instant Articles Di Blogger.
  2. Wordpress
    Sedangkan jika kamu pengguna self-hosted Wordpress, ikuti panduannya di artikel Cara Pasang Facebook Instant Articles Di Wordpress.

5.2. Cara Memasang Iklan Audience Network Di Dalam Instant Articles

Setelah Instant Articles sukses dibuat, kamu mulai bisa monetasi dan menghasilkan uang dari Facebook. Tutorial tentang ini bisa kamu baca di Cara Memasang Iklan Audience Network Untuk Blogger dan Wordpress.

https://instantarticles.fb.com
https://www.facebook.com/business/help/788333711222886
http://www.businessinsider.sg/what-is-facebook-audience-network-and-why-does-it-matter-2016-2
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

19 Komentar

  1. Tutorial untuk bikin aplikasi facebooknya sekalian atuh teh.. di tunggu ah artikelnya..
    biar tambah semangat buat nulis.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti kang. Kan masih nyambung sama tutorial di artikel ini. Mau nggak mau harus dibikin :)

      Delete
  2. Saya sudah buat itu.cuma agak ribet di cara pembuatan artikel nya...bisa di jelaskan cara buat instan arikelnya jeng....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan dijelaskan satu-persatu secara bertahap mas. Tunggu ya.

      Delete
  3. terimakasih atas infonya, dan saya tunggu inovasi2

    ReplyDelete
  4. Dengear dengar keuntungan nya besar juga dari facebook instant articles ini. Btw, kok belakangan ini post setiap hari kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan besar kalau trafficnya juga besar.

      Iya biar perkembangan blog nggak stuck. Posting sebulan sekali kaya kemarin tafficnya mentok disitu-situ aja. Kan pengen jadi blogger yang rajin juga :)

      Delete
  5. Mada perhitungan pendapatan IA itu kalau artikel dibuka atau iklan yang di klik, terima kasih

    ReplyDelete
  6. artikel yang bagus, sangat bermanfaat. Saya ada masalah dengan situs saya: www.ummatsatu.net. Sampai 9 bulan ini belum bisa menghasilkan apa-apa. Mohon bantuan saudara semua. kirim kabar baiknya ke email saya: ummatsatu@gmail.com

    ReplyDelete
  7. mba igniel web ini pake platform blogger ya? keren..

    ReplyDelete
  8. Ok ditunggu bahasan selanjutnya kak :)

    ReplyDelete
  9. template blog ini pake apa ya? boleh minta link widget share sosmed?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada namanya karena bikin sendiri.

      Social share with counter segera dishare tutorialnya.

      Delete
  10. Udah perneh denger tapi kayaknya ribet. Jejak dulu. Fokus di blogger dulu. Thanks infonya

    ReplyDelete
  11. mbak Igniel, adakah tutorial membuat daftar ini seperti di post ini? yang ketika di klik linknya bisa menuju ke judul terkait?

    terima kasih

    ReplyDelete

Gunakan tag HTML <em> untuk menuliskan URL, potongan kode, atau hal penting lainnya.
Contoh: <em>isi pesan</em>