Facebook Sound Collection. Koleksi Lagu Dan Efek Suara Gratis Untuk Pembuat Video

Musik Tanpa Hak Cipta Facebook dan Instagram

Gebrakan baru dikeluarkan Facebook. Pada 8 Desember 2017, mereka meluncurkan satu fitur baru yang dinamakan Facebook Sound Collection. Apa tuh?

Kalau kamu sering main Youtube, pasti udah akrab sama yang namanya free copyright music. Artinya musik atau efek suara tersebut bebas didownload secara cuma-cuma dan digunakan di dalam video (yang diupload ke Youtube) tanpa akan terkena klaim hak cipta. Tentu hal ini sangat menguntungkan para kreator video, karena nggak semua orang sanggup bikin musik dan efek suara sendiri.

Begitupun dengan Facebook Sound Collection ini. Dia bersifat free copyright. Kamu bebas mendownload secara gratis dan memasukkan musiknya kedalam video selama videonya hanya diupload ke Facebook dan Instagram.

Apakah hal ini penting? TENTU! Sebelum diluncurkannya Facebook Sound Collection, saya sesekali suka upload video iseng yang musiknya diambil dari beberapa band atau penyanyi. Ujungnya, video saya terkena claim copyright dan Facebook menghapus video tersebut. Begitupun ketika upload di Instagram, nasibnya nggak jauh beda. Masa videonya nggak pake musik? Kan garing banget. Maka dengan adanya Facebook Sound Collection ini, masalah tersebut udah bisa diatasi.

Apakah Music dan Sound Effect dari Facebook Sound Collection Bisa Dipakai Untuk Video Youtube?

Dalam artikel resminya yang saya jadikan referensi DISINI, Facebook emang nggak menyebutkan secara gamblang tentang hal tersebut. Tapi disana tertulis dengan jelas bahwa musik dan efek suaranya gratis selama hanya diupload di Facebook dan Instagram saja. So, jika digunakan selain di kedua tempat tersebut, saya pikir NGGAK BOLEH. Bisa, tapi nggak boleh. Jangan nekat dicoba deh.

Dimana Saya Bisa Mengakses Facebook Sound Collection?

Kamu bisa pergi ke situs resminya yang beralamat di https://www.facebook.com/sound/collection

Facebook Sound Collection Musik Gratis Untuk Instagram
Tampilan Facebook Sound Collection

Keliatannya Facebook pengen banget menyaingi Youtube soal video. Semoga aja ini menjadi pertanda baik. Siapa tau nanti Facebook pun mengeluarkan program monetasi video seperti Youtube. Jadi nanti kita nggak sekedar stalking gebetan doang di Facebook. Tapi sekalian bisa nyari duit juga dari sana.

Ngomong-ngomong soal duit, sekarang pun Facebook udah resmi ngeluarin satu program monetasi sih, namanya Audience Network yang penggunaannya dikombinasikan sama Facebook Instant Article. Semoga di artikel berikutnya saya bisa bahas tentang ini.

Kalau Audience Network adalah program monetasi untuk blog, maka berharap aja dengan adanya Facebook Sound Collection ini akan ada program monetasi untuk video juga. Cheers, Facebookers!

https://www.facebook.com/creators/discover/introducing-sound-collection
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

4 Komentar

  1. Super bermanfaat sekali infonya nih, igniel :D tengkyu tengkyu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are very welcome. Happy to help.

      Delete
  2. maaf OOT Kak, bikin tutor buat share dengan counter seperti di blog igniel ini dong,, keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk waiting list dulu ya. Makasih masukannya.

      Delete

Centang kotak "NOTIFY ME" agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada yang membalas komentar kamu.