Cara Membuat Fanspage (Halaman) Facebook

Cara Membuat Fanspage Halaman Facebook

Di blog Igniel banyak banget artikel yang berkaitan dengan Fanspage. Tapi kok informasi dasarnya belum ada sih, yaitu bagaimana cara membuat Fanspage Facebook. Waduh, hal paling basicnya aja belum dibahas nih. Oke, melalui artikel ini kita kupas lebih lanjut.

Halaman atau yang lebih dikenal dengan nama Fanspage Facebook adalah profil publik yang khusus dibuat untuk pelaku bisnis, pemilik merk, selebriti, komunitas, dan organisasi lainnya. Nggak kaya profil pribadi yang mengumpulkan "teman", Fanspage ini menumpulkan "fans" (atau "liker") yang menyukai Fanspage tersebut. Pada dasarnya, cara keja Fanspage masih sama seperti profil pribadi. Bisa update status, upload foto dan video, membagikan URL website, dan sebagainya.

Kok sama aja sih? Trus kelebihannya apa?

Kelebihan Fanspage Dibanding Profil Pribadi

  1. Nggak ada batasan jumlah fans. Berbeda dengan profil pribadi yang dibatasi maksimal 5.000 orang teman saja.
  2. Menyambung dari atas, artinya jangkauan audience dan target market menjadi lebih luas.
  3. Ada laporan insight dan interaksi.
  4. Postingan bisa diiklankan melalui FB Ads.
  5. Potensi viral lebih besar.
  6. Bisa membuat Instant Articles yang nantinya dipasang iklan Audience Network.
  7. Terlihat lebih profesional, apalagi jika Fanspagenya dibuat untuk tujuan bisnis.

Cara Membuat Fanspage Facebook

  1. Login dulu dong ke akun Facebook kamu. Lalu masuk ke alamat https://www.facebook.com/pages/create
  2. Disana akan tampil berbagai jenis kategori yang bisa dipilih. Sebagai contoh, saya akan buat Fanspage untuk berjualan. Artinya ini Fanspage untuk online shop ya. Maka pilih Brand of Product. Untuk keperluan lain semisal Fanspage untuk blog, self-banding, dan sebagainya tinggal pilih yang lain.
    Cara Membuat Fanspage Facebook

  3. Kategorinya saya pilih Clothing (Brand) dan nama Fanspagenya adalah Kaos Anime Igniel. Setelah selesai, klik tombol Get Started.
    Cara Membuat Halaman Facebook

  4. Selesai! Cuma gitu doang kok cara membuat Fanspage di Facebook untuk online shop.
    Cara Membuat Fanpage Facebook
    Tampilan awal Fanspage yang baru selesai dibuat. Masih polos ya.

  5. Selanjutnya tentukan username Fanspage. Pada tampilan awal, akan ada box tips yang menyarankan kamu untuk memilih username. Klik saja. Lalu tuliskan usernamenya. Kalau sudah, klik tombol Create Username.
    Cara Membuat Fanspage Jualan di Facebook

    URL Fanspage yang awalnya facebook.com/Kaos-Anime-Igniel-350884485385088 sudah berubah lebih singkat menjadi facebook.com/KaosAnimeIgniel. Ini penting biar pengunjung nggak pusing duluan ketika mengetik alamat Fanspage kamu.
  6. Biar makin terlihat terpercaya dan profesional, kamu bisa coba untuk verifikasi Fanspage agar mendapat lencana hitam.

Sampai disini semuanya selesai. Kamu sudah bisa memajang produk dan berjualan melalui Fanspage. Tentang isi konten, jadwal posting, copywriting, dan lain sebagainya silakan tentukan sendiri. Oh iya, upload juga foto profil dan foto cover yang menarik ya. Dan isi postingannya jangan terus-terusan soal jualan, nanti orang bosan dan muak. Sesekali selingi dengan info menarik yang masih berkaitan dengan produk jualan. Edukasi market juga penting lho. Utamakan kedekatan dengan fans yang sudah menyukai Fanspage. Kalau orang sudah dibuat nyaman, mereka nggak bakal ragu untuk membeli dagangan kamu.

Simple kan cara membuat Fanspage Facebook. Buat yang masih jualan di akun personal, buruan cobain jualan di Fanspage biar potensi marketnya lebih besar. Buat blogger, kamu juga bisa memperkuat self-branding melalui Fanspage. Dan juga bisa menghasilkan uang lewat Instant Articles dan Audience Network.
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

1 Komentar

  1. saya maun request tool
    s untuk split file xml mbak , data di blogger terlalu besar untuk di import soalnya

    ReplyDelete

Gunakan tag HTML <em> untuk menuliskan URL, potongan kode, atau hal penting lainnya.
Contoh: <em>isi pesan</em>