Cara Tes dan Uji Kecepatan Internet Tanpa Aplikasi

Cara test, uji, dan cek kecepatan koneksi internet Wifi dan provider HP pakai browser tanpa aplikasi. Bisa dari laptop, komputer, dan smartphone.
Cek Test Kecepatan Internet

Cara cek kecepatan koneksi internet menjadi hal yang sudah biasa dilakukan mengingat pentingnya memiliki koneksi yang lancar dan anti lelet di zaman digital seperti sekarang. Kecepatan internet sangat berpengaruh dalam berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan secara online. Lantas bagaimana cara test speed internet?

Untuk melakukan tes kecepatan internet ternyata sangat mudah. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Cek speed internet bisa dilakukan langsung melalui browser komputer atau handphone masing-masing, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lainnya.

Cara Uji Kecepatan Internet di Laptop dan Hp

Banyak sekali situs gratis untuk cek internet speed test wifi dan provider Indonesia, namun blog igniel.com hanya akan menyajikan tiga yang terbaik agar kamu tidak terlalu bingung dalam menentukan pilihan.

1. Speedtest by Ookla

Situs pertama dalam jajaran speed test internet terbaik adalah speedtest.net. Kamu dapat langsung mengaksesnya melalui alamat https://www.speedtest.net.

Setelah terbuka, langsung saja klik tulsan GO yang terpampang dengan sangat besar. Hasilnya cukup lengkap, terdapat informasi Download (unduh), Upload (unggah), dan Ping. Terdapat juga informasi tambahan nama provider internet dan lokasi servernya.

speedtest.net

2. Fast.com

SItus kedua penyedia jasa cek kecepatan internet gratis yaitu Fast yang beralamat di https://fast.com.

Tampilannya jauh lebih sederhana dibanding yang pertama. Informasinya pun hanya menampilkan kecepatan download saja. Tapi jika kamu klik Show more info, akan muncul keterangan yang lebih lengkap.

Speed Test Internet Fast.com

3. Google

Speedtest milik Google ini tidak memiliki situs khusus. Kamu hanya perlu membuka situs Google di https://www.google.com. Setelah itu, ketik kata kunci "speedtest" atau "tes kecepatan internet" atau "cek kecepatan internet".

Saat hasil pencarian muncul, klik tombol JALANKAN UJI KECEPATAN.

Test Speed Internet Google

Tunggu beberapa saat hingga hasilnya keluar.

Cek Kecepatan Wifi dan Internet

Itulah beberapa cara cek kecepatan internet dan wifi dari browser hp dan laptop tanpa aplikasi. Manakah situs favoritmu?

Posting Komentar
Cara Tes dan Uji Kecepatan Internet Tanpa Aplikasi
Cara Tes dan Uji Kecepatan Internet Tanpa Aplikasi
Cara test, uji, dan cek kecepatan koneksi internet Wifi dan provider HP pakai browser tanpa aplikasi. Bisa dari laptop, komputer, dan smartphone.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

Posting Komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.