Website Untuk Memperpendek URL, Membuat Bio Link, dan QR Code Sekaligus

Cara memendekkan URL panjang dengan nama kustom sendiri, disertai panduan membuat link bio di Instagram, Tiktok, atau media sosial lain sekaligus.
Review heo.li pemendek URL Shortener

Saat ini, penggunaan URL shortener atau penyingkat URL telah lumrah dan cenderung menjadi kebutuhan yang krusial. Penyebabnya tidak lain karena kebutuhan promosi, efisiensi, dan kemudahan dalam pemantauan statistik. Beberapa hal yang menjadikan pemendek URL sebagai salah satu alat blogging yang cukup berguna adalah sebagai berikut.

Manfaat Penyingkat URL

  1. Mememdekkan link sehingga lebih mudah diingat. Tentunya link dengan alamat yang bisa dikustom dan super pendek akan lebih mudah diingat. Coba deh kamu bandingkan kedua link ini:

    • https://www.domain.com/2021/07/blog-post-10347.html
    • heo.li/igniel

    Sudah pasti link heo.li/igniel jauh lebih gampang untuk diingat dan lebih menarik untuk di-klik, kan? Ini akan sangat menguntungkan jika kamu ingin mempromosikan link chat ke WhatsApp, link blog, link afiliasi, link referral, atau bahkan link order ke toko online.

  2. Selain lebih gampang untuk diingat, penyingkat URL akan membuat pekerjaan kamu lebih efisien karena tidak perlu lagi mempromosikan link panjang yang kurang menarik perhatian.
  3. Mudah dipantau. Sebuah layanan penyingkat URL umumnya memiliki alat analitik untuk memantau statistik seperti jumlah klik dan jumlah kunjungan. Data ini akan memberikan informasi tentang seberapa efektif promosi yang telah kamu lakukan.

Heo Links, Penyingkat Link yang Aman dan Serba Bisa

Dari banyaknya penyedia layanan pemendek URL alias URL shortener, ada salah satu yang sedang naik daun dan fiturnya cukup oke, yaitu Heo Links yang beralamat di https://heo.li. Saya akan membahasnya lebih jauh untuk kamu.

Siapa Itu Heo Links?

Mungkin Heo Links masih terdengar asing di telinga, namun situs ini sudah mulai dikenal oleh publik secara perlahan dan pasti. Sama seperti penyingkat URL pada umumnya, Heo Links adalah sebuah situs yang menyediakan layanan untuk menyingkat atau memendekkan link.

Fitur-Fitur Heo Links

Selain untuk mempersingkat URL, ada beberapa fitur tambahan yang ditawarkan seperti halaman profil (bio link), QR code, dan pelacakan klik. Berikut penjelasan dari fitur-fitur Heo Links lainnya.

1. Penyingkat URL dan Kustom Nama

heo.li Kustom URL Pendek

Yang pertama sudah jelas dong untuk menyingkat URL. Heo Links memberikan fitur untuk melakukan kustom URL juga lho. Perlu dicatat bahwa tidak semua layanan pengingkat URL memberikan fitur kustom ini. Sementara di Heo Links sudah tersedia.

Bedanya apa sih?
Misalnya begini. Ketika saya menyingkat URL di Heo Links, saya bisa mendapatkan link dengan alamat heo.li/igniel. Slug atau nama igniel inilah yang bisa dikustom dengan bebas. Sementara ada beberapa penyedia lain yang tidak memiliki fitur kustom nama seperti ini, jadi link yang kamu dapatkan akan memiliki nama random.

2. Halaman Bio Link

heo.li Bio Link Page Media Sosial

Bagi kamu pengguna setia Instagram atau X (Twitter), mungkin tidak asing dengan link yang sering tersemat di bio sebuah akun. Ketika diklik, maka link akan mengarah pada halaman tertentu dan di dalamnya memuat beberapa opsi halaman lain. Hal semacam itu umumnya digunakan dalam berbisnis, namun bisa juga untuk sekedar memperkuat personal branding.

Kamu juga bisa lho membuat halaman semacam itu dengan fitur dari Heo Links, yaitu Bio Link Page. Ini adalah fitur untuk membuat halaman profil yang memuat daftar link atau semacamnya. Kamu bisa mengatur halaman sesuai selera, mulai dari mengatur logo, warna, font, hingga tata letak.

Selain dari visual, kamu juga bisa kostumisasi pengaturan SEO yang memungkinkan link kamu mendapatkan lebih banyak trafik organik karena mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.

3. QR Codes

heo.li Link QR Code

Untuk mempermudah pengguna mengakses link yang kamu bagikan melalui smartphone, maka akan lebih praktis jika link tersebut diubah mejadi QR Code. Kamu bisa melakukan kustomisasi logo dan warna sesuai keinginan dengan pilihan gradasi yang beraneka ragam.

4. Laporan Analitik

heo.li Analitik Statistik Link

Heo Links juga memiliki fitur analitik atau pelacakan kinerja. Fitur ini akan melacak jumlah orang yang mengklik link yang kamu bagian, kapan mereka melakukannya, dari mana asal mereka, dan bahkan perangkat apa yang mereka gunakan. Informasi ini sangat berguna untuk mengukur efektivitas kampanye dan memahami perilaku pengguna.

5. Lainnya

Selain 4 fitur paling populer di atas, terdapat fitur lain yang tidak kalah penting dan sangat berguna, yaitu:

  • Vcard links: untuk membuat kartu nama digital yang bisa diunduh dilacak statistiknya.
  • Event links: membuat kalender digital dinamis yang bisa digunakan untuk membuat dan menyebarkan acara (event).
  • Projects: untuk mengatur sumber daya yang dimiliki sehingga terlihat lebih rapi, mudah dibaca, dan mudah digunakan di kemudian hari.
  • Tools: 25 alat-alat lain yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran (marketing) digital.

Keunggulan Heo Links

Dari sekian banyak penyedia url shortener yang ada, beberapa kelebihan ini bisa menjadi alasan kenapa kamu harus menggunakan Heo Links.

  1. Daftar gratis. Meski tidak membeli paket premium, kamu tetap bisa menggunakannya untuk kebutuhan dalam penyederhanaan url ataupun membuat QR codes.
  2. Pemendekan link kustom. Kamu dapat membuat link yang disederhanakan dengan domain kustom. Ini memungkinkan kamu menggunakan merek dalam link pendek, yang sangat penting untuk tujuan pemasaran dan branding.
  3. Analitik yang akurat. Kamu dapat memantau kinerja link dari waktu ke waktu. Ini akan sangat membantu dalam memahami tren dan perubahan perilaku pengguna.
  4. Keamanan. Fitur keamanan yang dapat membantu melindungi link, termasuk pengaturan masa berlaku link atau pembatasan jumlah klik.
  5. Tarif premium murah. Jika ingin menggunakan fitur premium harga yang ditawarkan cukup murah dan yaitu hanya $5.99/bulan.
  6. Tampilan yang user friendly dan menarik. Selain tampilan antar muka yang mudah dipahami, pilihan kostumisasinya pun sangat beragam dengan banyak fitur yang yang bisa dipakai agar tampilan lebih menarik.
  7. Demo. Adanya demo atau pratinjau (preview) untuk melihat bagaimana cara menggunakan Heo Links sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna baru.

Cara Menggunakan Heo Links

Berikut tutorial tentang cara menggunakan heo.li yang mudah dan sangat sederhana. Saya hanya mencontohkan penggunaan dua fitur paling penting saja. Selanjutnya silakan kamu eksplorasi sendiri, karena fiturnya sangat banyak dan tidak bisa dituliskan semua.

Sebelumnya, pastikan kamu melakukan pendaftaran terlebih dulu ya agar bisa menggunakan fitur-fitur yang lengkap dan menarik.

1. Cara Menyingkat URL

  • Untuk memperpendek URL, klik Shortened links pada sidebar, lalu klik + Shortened URL di pojok kanan atas.
  • Isikan link yang ingin disingkat di kolom Long URL. Tuliskan juga link singkat yang diinginkan pada kolom Short URL. Terakhir, klik Shorten URL.
    Cara Kustom URL Nama Sendiri
    Cara kustom URL pendek pakai nama sendiri
  • Link yang panjang sudah berhasil disederhanakan. Selanjutnya kamu bisa memantau datanya melalui Statistics dengan cara klik ikon menu yang ada di samping kanan.
    Cek Analitik Link Pendek
  • Jika ingin menambahkan atribut lain ke dalam link tersebut, klik ikon menu dan pilih Edit. Beberapa yang bisa ditambahkan antara lain:

    1. Pixels: untuk menambahkan analitik lain seperti Facebook Pixel, Google Analytics, dan sejenisnya.
    2. Temporary URL: agar link bersifat sementara. Batas waktunya bisa diatur berdasarkan tanggal atau jumlah klik. Saat link telah kadaluarsa, pengunjung akan diarahkan ke link baru (yang juga bisa diatur tujuan barunya).
    3. Protection: agar link terkunci dan hanya bisa diakses jika pengunjung memiliki password.
    4. Targeting: link dapat ditargetkan secara khusus berdasarkan negara, tipe perangkat, browser, dan lainnya.
    5. Advance: untuk mengkategorikannya ke dalam projek lain yang sejenis.
    Edit Link
    Fitur Tambahan Link
  • Kamu juga bisa mengubah link kamu ke dalam bentuk QR Code. Klik icon menu, pilih QR Code.
    Cara Ubah Link Jadi QR Code
  • Kamu bisa kostumisasi desain QR Code sesuai keinginan. Setelah selesai berkreasi, klik Create. Kamu juga bisa klik Print atau Download agar QR Code dapat disimpan dan dibagikan.
    Cara Buat Link Pakai QR Code
Ini adalah contoh link pendek yang saya buat:
heo.li/igniel

2. Cara Membuat Halaman Bio

Link bio ini cukup populer dipasang di profil media sosial. Jika kamu seorang influencer, afiliator, dan sejenisnya, fitur yang satu ini dijamin akan sangat bermanfaat.

  • Pilih menu Biolink pages di sidebar, lalu klik + Biolink page di kanan atas.
  • Isikan nama link pendek yang ingin digunakan, lalu klik Create biolink page.
  • Selanjutnya, kreasikan desain halaman bio sesuai keinginan, mulai dari warna, font, dan ikon media sosial.
  • Sama seperti pemendek URL sebelumnya, kamu bisa menambahkan atribut lain seperti keamanan, targeting, dll. Bahkan bio link ini memiliki alat optimasi SEO tersendiri. Benar-benar komplit!
  • Setelah selesai, klik tombol Update
Cara Buat Bio Link Instagram dan Tiktok
Cara Buat Link Bio di Media Sosial
Ini adalah contoh halaman bio yang saya buat:
heo.li/rain

Kesimpulan

Heo Links memang tergolong baru di kalangan URL shortener. Namun dengan melihat banyaknya fitur yang ditawarkan, rasanya layanan ini akan segera berkembang dengan pesat.

Semua kelebihan yang dimilikinya menjadikannya Heo Links sangat berguna untuk mengelola, melacak, dan mengoptimalkan link untuk berbagai keperluan, termasuk pemasaran, branding, dan pemahaman perilaku pengunjung.

3
Website Untuk Memperpendek URL, Membuat Bio Link, dan QR Code Sekaligus
Website Untuk Memperpendek URL, Membuat Bio Link, dan QR Code Sekaligus
Cara memendekkan URL panjang dengan nama kustom sendiri, disertai panduan membuat link bio di Instagram, Tiktok, atau media sosial lain sekaligus.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

3 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • erykaditya
    29 Oktober, 2023
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06340651707308414155
    mbaaa igniel maaf out of topic...cara membuat agar kolom bagian kanan tidak ikut bergerak saat kita scroll postingan gimn ya mba? kayak pinya mb igniel ini..
    • Andhika Nanda
      06 November, 2023
      Profil: https://www.blogger.com/profile/16460369254835800017
      bisa pakai css position:sticky;top: 20px; mas, untuk cara pemasangannya bisa search di google
  • Stefanus Ade Setiawan
    12 Oktober, 2023
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09870760824517847647
    Akhirnya nemuin alternatif dari bitly yang sekarang shortlinknya perbulan dibatasi. Makasih mbak Igniel.