Memories: Membagikan Postingan atau Story Lama Instagram

Memories: Membagikan Postingan atau Story Lama Instagram

Instagram menjadi salah satu media yang digunakan banyak orang untuk mengunggah foto dan video yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang mengupload ke Instagram dengan alasan agar fotonya tetap utuh dan menghindari kejadian tidak diinginkan seperti terhapusnya semua file di dalam ponsel secara tidak sengaja.

Media sosial ini dengan cepat menjadi favorit banyak orang karena kemudahan dan beragam fitur yang ada di dalamnya. Salah satu hal keren yang ada di dalam Instagram adalah kemampuan untuk "mengingat" kejadian yang terjadi di tahun yang sudah lewat. Fitur ini dikenal dengan nama Memories (Kenangan).

Bernostalgia menjadi hal yang menyenangkan. Mengingat semua kenangan yang dulu terjadi bisa membuat kita senyum-senyum sendiri. Apalagi jika diabadikan dalam bentuk foto atau video, pasti deh kejadian tersebut bisa diingat dengan lebih baik.

Ada dua jenis Memories yang bisa dibagikan ulang, yaitu:

  1. Memories dari postingan di feed
  2. Memories dari story

Ini bisa menjadi senjata yang cukup ampuh untuk menaikkan interaksi dengan followers baru. Tahun lalu mereka belum follow kamu, jadi postingan lama tidak mereka lihat. Dengan membagikan ulang, followers baru akan melihat postingan tersebut. Blog igniel.com akan mencoba untuk menjelaskan keduanya secara lengkap. Ikuti terus sampai habis ya.


Share Ulang Postingan Feed Lama Instagram

Instagram akan memunculkan postingan yang kamu unggah di tahun yang sudah lewat pada tanggal yang sama dengan hari ini. Misalnya hari ini adalah tanggal 10 Agustus 2019, maka Instagram akan memunculkan notifikasi postingan pada tanggal yang sama, yakni 10 Agustus di tahun 2018. Postingan di tahun yang lebih lawas pun akan ikut muncul (2017, 2016, dll) selama di tanggal itu ada aktivitas posting.

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel masing-masing. Cek apakah disana ada notifikasi memories. Jika ada, ketuk saja.
    Cara Membagikan Postingan Lama Instagram ke Story
  2. Kamu akan langsung dibawa ke tampilan story, lengkap dengan foto atau video yang diposting di tanggal yang sama pada tahun yang sudah lewat. Ketuk sekali tepat di tengah gambar jika ingin mengubah ke gaya 2 (lihat gambar). Nantinya akan muncul warna latar putih lengkap dengan caption.
  3. Kamu bisa memberikan teks, stiker, gambar gif, menggeser posisi gambar, atau hal lainnya seperti biasa.
  4. Jika selesai mengatur pernak-pernik, ketuk tombol Send to (Kirim ke).
    Reshare Foto Lawas Instagram
  5. Beginilah tampilan dari memories Instagram yang berhasil dibagikan ke Instastory. Jika gambar diketuk maka pengunjung akan langsung dibawa ke postingan asli. Di bawah username pun ada keterangan bahwa foto itu berasal dari arsip lengkap dengan tanggal asli ketika postingan itu diunggah.
    Memunculkan Memories Instagram ke Story
Perlu diingat bahwa notifikasi memories hanya akan muncul jika ada postingan pada tanggal yang sama di tahun yang sudah lewat.

Share Ulang Postingan Story Lama Instagram

Berbeda dengan postingan yang harus ada di tanggal yang sama, story bisa dibagikan di tanggal berapapun selama story tersebut tersimpan di dalam arsip.

  1. Buka profil lalu masuk ke menu Archive (Arsip).
    How To Get Memories on Instagram
  2. Pada menu dropdown, pilih Stories Archive lalu pilih foto atau video story lawas yang ingin dibagikan ulang. Lalu ketuk Share (Bagikan).
    Cara Mendapatkan Memories IG
  3. Kamu akan dibawa ke halaman story. Disini bisa disisipkan pernak-pernik seperti biasa (teks, gambar gif, stiker, dll). Setelah selesai klik tombol Send to (Kirim ke). Pada bagian Your Story ketuk lagi Share (Bagikan).
    Bagaimana Cara Memunculkan Kenangan Instastory
  4. Begini tampilan dari story lama yang berhasil dibagikan ulang. Disana terdapat informasi tanggal asli ketika story pertama dipublikasikan.
    Membagikan Cerita Dari Arsip IG

Itulah penjelasan lengkap bagaimana caranya membagikan arsip atau postingan lama ke cerita Instagram. Silakan berikan komentar di bawah jika ada hal yang kurang dimengerti.

Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

2 Komentar

  1. Kak igniel, iklan tengah artikel yang di scroll ada lalu hilang itu iklan apa namanya. Kalau gak salah dipake di tribun sama grid juga. Kasih tau dong saya juga pengen pake iklan itu kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya iklan parallax. Silakan digoogling.

      Delete
  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.