Cara Melihat dan Menyembunyikan "Last Seen" Instagram

Cara Melihat dan Menyembunyikan Last Seen Instagram

Secara default, Instagram akan memperlihatkan kapan terahir kali pengguna membuka akunnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi antar pengguna. Ini ditandai dengan munculnya ikon bulat berwarna hijau di samping kanan avatar, persis seperti yang ada di dalam Facebook Messenger.

Cara kerjanya pun sama seperti WhatsApp yang memperlihatkan menit hingga jam berapa akun tersebut terakhir beraktivitas. Tentu ini memudahkan untuk menghubungi teman karena kamu bisa tahu apakah mereka sedang aktif atau tidak.


Cara Mengetahui Last Activity Teman di Instagram

Untuk melihat orang yang sedang online di Instagram harus dilakukan dengan cara sebagai berikut:


  1. Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon DM (Direct Message) yang ada di kanan atas. Bentuknya seperti pesawat kertas itu lho.
  2. Setelah daftar pesan tampil, kamu bisa melihat siapa saja yang sedang online (ditandai dengan ikon bulat berwarna hijau) atau kapan terakhir kali mereka aktif.
Cara Melihat Last Seen Instagram


Untuk mengintip last seen IG ini memang hanya bisa dilakukan melalui DM saja. Jadi kamu harus bertukar pesan dulu jika ingin melihatnya. Dan jika disana ada aktivitas yang tidak muncul, artinya temanmu menyembunyikan last seen-nya.


Cara Menonaktifkan Last Online di Instagram

Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa fitur "activity status" tersebut malah mengganggu privasi karena pengguna tidak ingin orang lain mengetahui ketika dirinya tengah beraktivitas di Instagram. Solusinya adalah dengan menyembunyikan atau menonaktifkan status terakhir online agar tidak bisa dilihat orang lain. Caranya adalah sebagai berikut:


  1. Pilih menu profil berupa ikon user dan ketuk pilihan berupa ikon garis tiga. Setelah itu masuk ke Settings (Pengaturan).
    Cara Menyembunyikan Status Online Instagram
  2. Ketuk menu Privacy (Privasi) dan ketuk lagi Activity Status (Status Aktivitas).
    Hilangkan Kapan Terakhir Aktif di IG

  3. Matikan fitur Show Activity Status (Tampilkan Status Aktivitas) dengan mengetuk atau menggeser toggle ke arah kiri sampai berubah menjadi warna abu-abu.
    Cara Menghilangkan Last Seen di DM Instagram

Setelah pengaturan tersimpan, kamu tidak bisa melihat aktivitas teman. Begitupun mereka tidak bisa melihat aktivitas kamu.

Mudah bukan cara untuk melihat last seen orang lain di Instagram dan juga bagaimana untuk menonaktifkan status online tersebut agar tidak ada yang mengintip aktivitas kita. Tidak banyak yang memperhatikan hal kecil seperti ini, tapi tutorial di atas berhubungan dengan privasi kamu lho. Jadi pilihlah, mau terus terlihat atau disembunyikan. Semuanya tergantung pada pilihan masing-masing.

SHARE Pin Share
Artikel Terkait
Posting Komentar