Cara Menonaktifkan (Deaktif) Instagram Sementara atau Permanen

Cara Disable Instagram Sementara dan Permanen

Belakangan ini saya jarang buka akun Instagram karena sedang sibuk mengurus beberapa blog. Yang biasanya rajin update story sehari sekali, ini abis seminggu baru ada aktivitas. Makanya jadi kepikiran buat vakum sementara daripada akunnya terlantar dan tidak keurus. Sekalian deh saya bikin tutorial dan bagikan cara nonaktif akun Instagram permanen atau sementara waktu. Siapa tau diantara kalian juga ada yang mau 'take a break' dan konsentrasi ke kegiatan lain yang lebih produktif. Kecuali buat online shop dan akun-akun lain yang menggunakan Instagram dengan benar demi hal bermanfaat, pikirkan dulu sebelum memutuskan nonaktif.

Untuk deaktivasi akun Instagram ini tidak bisa lewat aplikasi, namun harus lewat browser. Dari komputer atau handphone bisa kok. Tapi karena Instagram itu aplikasi smartphone, saya share screenshot yang via handphone saja ya. Buat yang mau coba via komputer caranya sama, tinggal lihat menu-menunya.

1. Menonaktifkan Instagram Sementara

  1. Buka website resmi Instagram. Login menggunakan username dan password masing-masing.
    Cara Menonaktifkan Instagram Lewat HP

  2. Pergi ke profil dengan menekan icon paling kanan. Lalu tekan tombol Edit Profile.
    Cara Tutup Akun IG Sementara Lewat HP

  3. Scroll sampai bagian terbawah dan dan klik tulisan Temporarily disable my account.
    Cara Deaktif Akun IG Sementara Dari HP

  4. Scroll lagi sampai kebawah. Pada pertanyaan Why are you disabling your account? isi dengan alasan kenapa kamu ingin hapus akun Instagram untuk sementara waktu. Kalau saya sih biasanya pilih Just need a break alias hanya butuh waktu untuk rehat. Dibawahnya masukkan lagi password. Setelah semua terisi tekan tombol Temporarily Disable Account.
    Cara Menghapus Akun Instagram Sementara Dari Handphone

  5. Muncul pertanyaan konfirmasi. Tekan Yes.
    Cara Deaktivasi Instagram Lewat Smartphone

  6. Nah, akhirnya kamu sukses tutup akun IG sementara lewat HP. Kamu akan otomatis keluar dari Instagram dan dibawa ke halaman login awal. Diatasnya ada keterangan Your account has been temporarily disabled. To reactivate it, log back in.
    How To Temporarily Deactivate Instagram Account

1.1. Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan Sementara

Pada keterangan diatas sebenarnya sudah jelas ya, bahwa untuk mengaktifkannya kembali hanya perlu melakukan login. Jadi tinggal buka website Instagram, lalu masuk menggunakan username dan password seperti biasa. Tidak diperlukan syarat khusus apapun. Tapi tunggu dulu beberapa jam, karena kalau jarak deaktif dengan login terlalu cepat akan muncul pesan error seperti ini.
How To Disable Instagram Account Temporary


2. Menonaktifkan Instagram Permanen

Kalau tadi hanya sementara dan bisa digunakan kembali sewaktu-waktu, maka yang ini adalah metode permanen alias selamanya. Sekali dilakukan maka akun tidak akan bisa digunakan lagi. Jadi pikirkan dengan matang sebelum benar-benar melakukannya.

Ketika memutuskan untuk menghapus akun Instagram secara permanen, maka semua foto, video, followers, following, dan profil akan ikut hilang tanpa bisa dikembalikan.

Username yang dihapus tidak bisa didaftarkan ulang oleh pengguna baru. Buat yang punya username pendek dan unik, jangan sampai menyesal karena username tersebut tidak akan bisa diambil alih atau dipindahkan.

Sudah siap dengan konsekuensinya? Oke kita masuk ke tahapannya.
  1. Buka halaman ini Hapus Akun Instagram Permanen. Login dengan username dan password masing-masing.
  2. Scroll kebawah sampai menemukan kotak pilihan Why are you deleting your account?. Isi saja something else lalu masukkan password lagi. Setelah itu tekan tombol Permanently delete my account.
    Cara Menghapus Akun Instagram Versi Terbaru

  3. Akan muncul kotak notifikasi. Tekan OK.
    Cara Hapus Akun Instagram Permanen Lewat HP
  4. Selesai. Instagram kamu berhasil hilang dari peredaran dan tidak bisa dikembalikan.

Dan akhirnya kamu sukses untuk menonaktifkan akun IG sementara atau permanen lewat HP. Dipikir matang-matang dulu ya sebelum melakukannya agar tidak menyesal di kemudian hari.
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Centang kotak "NOTIFY ME" agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada yang membalas komentar kamu.