UPDATE! Jenis Iklan Teks / Link AdSense Resmi Dihilangkan

Iklan Teks / Tautan AdSense Hilang dan Dihapus

Google melakukan beberapa pembaruan terkini pada unit iklan AdSense di bulan April 2019 lalu. Selain tampilan halaman situsnya yang berganti, yang mejadi sorotan adalah hilangnya jenis iklan teks / link. Perubahannya sudah cukup lama tapi saya baru mendapatkannya sekarang dan semua publisher AdSense akan mendapatkannya secara bertahap. Tapi jika kamu membuat akun baru dan berhasil approve, maka tampilannya akan langsung berubah ke versi baru.

Berikut saya rangkum beberapa point penting dari pembaruan tersebut.

Jika dulu menunya bernama Iklan teks & display (Text & display ads), maka sekarang keduanya digabung dan berganti nama menjadi Iklan display (Display ads) saja. Tampilan iklan akan dioptimalkan oleh Google secara otomatis.

Perubahan Jenis Iklan Teks dan Link AdSense

Karena iklan display dan iklan teks sudah disatukan, iklan yang tampil di blog akan random. Bisa jadi display saja, bisa jadi teks saja. -- belum pasti --

Format iklan akan lebih kaya dan berbobot, artinya bisa jadi iklan display akan lebih banyak muncul dibanding iklan teks. -- belum pasti --

Ukuran iklan akan berperilaku responsif secara default dan mengikuti ukuran semua layar. Ini bagus karena tidak perlu repot-repot mengaturnya seperti dulu. Tapi pemilihan iklan berukuran tetap masih ada kok.

Jika belum mendapatkan update ini, kamu masih bisa memilih iklan teks saja atau iklan display saja. Namun sudah dipastikan akan dihilangkan secara bertahap pada semua akun.

Sayang banget sih karena buat saya pribadi, unit iklan yang paling banyak mengundang klik berasal dari iklan teks. Iklan display malah sedikit karena pengunjung pasti sudah tahu bahwa itu iklan, jadi tidak digubris sedikitpun. Semoga tidak berdampak terlalu signifikan pada penghasilan.

Selain itu masih ada beberapa pembaruan lain yang tidak kalah penting, diantaranya:

  • Script iklan akan sepenuhnya menjadi async (asinkron). Pilihan untuk membuatnya sync (sinkron) akan dihilangkan. Yang ini juga bagus, karena pemanggilan script secara async akan lebih meringankan halaman.
  • Jika iklan tidak muncul di blog, sebagai gantinya akan menampilkan ruang kosong atau ruang tersebut akan diciutkan otomatis (menghilang). Jika setelan kamu saat ini adalah warna atau URL lain, setelah tersebut akan diperbarui secara bertahap dalam waktu dekat.
  • Fitur eksperimen akan dihilangkan.

https://support.google.com/adsense/answer/9193354?hl=id
Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

20 Komentar

  1. biarin ah saya juga ads nya kena bannes😂

    ReplyDelete
  2. Gua kagak pasang iklan teks link untuk saat ini, juga waktu pasang itu adalah jenis iklan dengan sumber klik terbanyak. Dan kini gua sendiri pasang iklan cuma 2 biji (gambar dan matched content)

    ReplyDelete
  3. Belum di acc adsense linkuman.com

    ReplyDelete
  4. Bukan hanya iklan teks... Tapi iklan saya benar2 dihilangkan dari blog saya. Pelanggaran Kebijakan.. Huuft

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah, makanya jangan nakal 😋

      Delete
  5. kenapa igniel masih pakai iklan teks ?

    ReplyDelete
  6. Saya belum membuka tampilan jenis iklan ini di home GA. Dan ternyata ada perubahan. Baru tahu saya.

    ReplyDelete
  7. Tjakep Gan tampilan blognya, fresh pake warna ijo. Salam kenal yak...

    ReplyDelete
  8. Apa gara-gara ini ya ada sebagian blogger yg iklan adsensenya tiba" blank, termasuk saya juga. Tanpa ada pemberitahuan apapun dari pihak adsense.

    ReplyDelete
  9. Wah pantesan ka di cari cari ga ada

    ReplyDelete
  10. Berarti mending pake auto ads dong mbak igniel??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pribadi kurang suka (atau belum suka) auto ads. Munculnya suka di sembarang tempat.

      Delete
  11. Saya malah sudah beberapa bulang gak bisa masuk dashboard adsense untuk akun yang dipasang di blog. Gara-gara nomer hp diblokir telkomsel.

    ReplyDelete
  12. kangen main adsense.

    ReplyDelete
  13. Halo mbak igniel, saya dapat email penyempurnaan iklan dari GA, tapi kenapa iklan saya blank semua ya alias tidak muncul.
    Mohon di bantu mbak.

    ReplyDelete
  14. Semoga aja dengan perubahan ini, nggak berdampak sama penghasilan ya mbak :D

    ReplyDelete
  15. Sudah hilang tapi kok tempat mba masih ada ya?

    ReplyDelete

Gunakan tag HTML <em> untuk menuliskan URL, potongan kode, atau hal penting lainnya.
Contoh: <em>isi pesan</em>