ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Laptop Tangguh Untuk Blusukan Saat Work From Anywhere

Spesifikasi Dan Harga ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

Laptop adalah alat tempur utama seorang blogger. Semua kegiatan yang berhubungan dengan proses pembuatan konten dilakukan di benda mungil portable ini. Mulai dari menulis, membuat gambar ilustrasi atau infografis, riset kata kunci, hingga edit foto dan video untuk kebutuhan dokumentasi tambahan.

Saya adalah seorang blogger yang konsisten menulis beberapa artikel per hari untuk beberapa blog berbeda. Saya menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop untuk menghasilkan banyak konten berkualitas. Laptop yang sesuai dengan kebutuhan saya adalah yang memiliki daya baterai awet untuk menunjang produktivitas harian.

Apalagi saya terkadang pergi ke kafe atau kedai es krim untuk menulis jika sedang bosan kerja dari rumah. Tidak jarang sampai blusukan ke tempat yang tidak biasa seperti warteg tetangga atau bakan spot glamping (glamour camping) *FYI, hobi saya adalah melakukan kegiatan outdoor*. Pokoknya selama ada tempat duduk dan terjangkau sinyal, saya pasti meluncur ke sana.

Ketahanan baterai yang panjang akan membantu mobilitas karena saya tidak perlu membawa charger akibat ketakutan kehabisan daya. Bobot pun sangat berpengaruh karena laptop yang ringan akan mudah dibawa kemana-mana menggunakan ransel.

Kebayang kan banyaknya aktivitas yang harus dilakukan melalui laptop untuk menunjang pekerjaan? Itu pun belum termasuk kegiatan entertainment seperti bermain game, mendengarkan podcast dan lagu, nonton YouTube dan TV series, atau hiburan lainnya.

Harus memilih laptop yang sesuai nih dengan kebutuhan harian agar tidak nge-lag dan menghambat produktivitas. Laptop yang bertenaga dan mampu melakukan banyak pekerjaan berat dengan lancar adalah pilihan absolut untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Lantas, laptop powerful apa yang sanggup melahap semua kegiatan multitasking saya?

Nih kenalin laptop andalan para blogger....

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400
ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Produk baru jagoan ASUS ini resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan Agustus 2022. Masih fresh from the oven banget kan? Jadi, semua teknologi yang disematkan pun sudah menggunakan versi terbaru. Apa saja sih memangnya kelebihan dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sampai digadang-gadang sebagai The World's Most Powerful 14" Everyday OLED Laptop?

Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Laptop yang berkualitas harus mampu menunjang berbagai kegiatan ringan maupun berat dari pemiliknya. Performa kencang, hemat baterai, layar jernih, berbobot ringan, dan memiliki tingkat durabilitas tinggi agar awet dipakai dalam jangka waktu yang panjang adalah beberapa kriteria yang harus dimiliki sebuah laptop tangguh.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah memiliki semua spesifikasi yang dibutuhkan untuk mendukung beragam aktivitas berbeda. Dengan segala kemewahan yang diilikinya, rasanya sangat kaget ketika mengetahui harga laptop ini relatif terjangkau di kelasnya, yakni Rp 11-jutaan saja.

Kepo dengan alasan lengkap kenapa saya memilih ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)? Nih blog Igniel kasih tahu keunggulan utama yang dimiliki laptop ini.

Spesifikasi ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400
Spesifikasi ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

1. Prosesor Kencang Sekelas Laptop Gaming

Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Kebetulan saya sedang hobi main game berat seperti Genshin Impact yang membutuhkan spesifikasi minimum tingkat tinggi agar bisa berjalan tanpa tersendat. Untuk menjalankan game kelas berat lain sih pasti lancar dan sanggup mengaplikasikan settingan rata kanan dengan FPS yang lumayan playable.

Untuk kegiatan multitasking seperti mengedit foto di Adobe Photoshop dan render video di Adobe Premiere secara bersamaan tidak akan menjadi masalah besar bagi si laptop jagoan satu ini. Berpindah dari satu aplikasi ke lainnya akan sangat lancar.

Varian tertinggi Vivobook Pro 14 OLED (M3400) lebih ganas lagi karena dibekali dengan AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor yang menggunakan konfigurasi 8-core dan 16-thread dengan cache besar 20MB. Kecepatan turbo maksimum 8 core-nya dapat mencapai 3,8GHz. Ini lebih cepat dibanging AMD Ryzen 7 5800U yang dibatasi sampai 3,4GHz saja. Meski kecepatan single core-nya sama-sama mampu mencapai 4,4GHz, tentu varian AMD Ryzen 7 5800H akan terasa lebih kencang saat digunakan dalam kegiatan multitasking.

Performa prosesor kelas gaming ini disempurnakan oleh keberadaan memori RAM DDR4 hingga 16GB dan sistem operasi Windows 11 Home.

2. Layar yang Memanjakan Mata Dengan Kualitas Visual Terbaik

Sering gak sih mata terasa pegal dan berat setelah berlama-lama menatap laptop? Salah satu penyebabnya adalah efek sinar biru yang dipancarkan oleh layar.

Untungnya layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah megantongi sertifikat dari TÜV Rheinland yang mampu mengurangi pancaran radiasi sinar biru hingga 70% lebih sedikit (low blue light) tanpa mengurangi kualitas visual yang dihasilkan. Teknologi ini disempurnakan dengan fitur anti-flicker yang membuat mata tidak mudah lelah meski menatap layar dalam waktu yang lama.

Layar dengan pancaran sinar biru yang rendah akan benar-benar cocok bagi saya yang seorang pengguna kacamata silinder yang memiliki keluhan mata cepat capek dan pegal.

Untuk urusan keakuratan warna, layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display. Warna yang dihasilkan sangat kaya dan beragam dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3 yang telah tersertifikasi oleh VESA. Foto dan video yang disimpan di laptop ini akan memiliki warna yang hampir 100% serupa dengan aslinya. Akan sangat memudahkan dalam mengatur color grading saat proses editing.

Saat diatur dalam tingkat kecerahan rendah misalnya 11%, layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) tetap mampu memberikan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Ini akan sangat berguna bagi yang suka bekerja di luar ruangan karena biasanya laptop akan menjadi silau saat terkena sinar matahari. Namun itu tidak akan terjadi pada layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

Teknologi Warna Layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
Teknologi Warna Layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

DisplayHDR™ 600 True Black bisa menghasilkan warna hitam pekat yang solid. Lagi-lagi akan membantu dalam proses editing foto maupun video dan memberikan pengalaman nonton yang nyaman. Nggak bakal tuh ketemu warna hitam yang pucat saat menatap layar laptop ini.

ASUS True Black
True Black Pada ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Secara look atau tampilan, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki ukuran layar 14 inch beresolusi 2.8K (2880 x 1800) dengan rasio aspek 16:10 dan rasio layar-ke-tubuh 84% yang menjadikannya memiliki bezel cukup tipis.

Ukuran rasio ini lebih besar dibanding pendahulunya yang memiliki rasio aspek 16:9. Tentunya akan membuat layar lebih luas dan bisa membuka banyak tab aplikasi bersamaan tanpa berdesak-desakan.

Layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
Tampilan layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

3. Baterai Awet Hingga 8 Jam

Untuk memenuhi kebutuhan harian yang mengharuskan saya menulis berjam-jam di depan laptop, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah dibekali baterai Lithium-ion 3-cell berkapasitas 50WHrs sehingga sanggup memasok daya hingga 8 jam. Pengujian ini telah dilakukan oleh PCMark 10 Modern Office yang mensimulasikan bekerja dengan aplikasi office, multimedia, dan web secara non stop.

4. Kapasitas Penyimpanan SSD yang Lega

Agar dokumentasi media seperti foto dan video dapat dismpan dengan aman, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menanamkan penyimpanan berupa SSD berbasis M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 berkapasitas 512GB. SSD dikenal memiliki kemampuan membaca dan menulis data lebih cepat dibanding harddisk biasa.

Setelah dilakukan pengujian di aplikasi CrystalDiskMark 8, SSD yang terpasang di ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki kecepatan baca sebesar 3500MB/s, sementara kecepatan tulisannya 3000MB/s. Hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan laptop dalam menjalankan sistem operasi dan software.

5. Keyboard Nyaman dan Touchpad Luas yang Reponsif

100% kegiatan di laptop berhubungan dengan keyboard, betul? Coba sebutkan aktivitas yang tidak berhubungan dengan keyboard? Tidak ada. Apalagi untuk blogger nih yang aktivitas mengetiknya cenderung lebih banyak karena harus menyusun kata setiap saat.

Teknologi keyboard ASUS ErgoSense memiliki kedalaman tekan yang pas sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menekan huruf. Jarak antar tombol sangat presisi. Tidak akan terasa terlalu jauh bagi orang yang bertangan kecil maupun terasa terlalu berdempet bagi orang dengan tangan besar.

Bagi yang lebih suka bekerja di malam hari (seperti saya), ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dilengkapi dengan backlit agar keybord dapat menyala dalam suasana redup.

Keberadaan touchpad yang luas membuat nyaman saat menggeser-geser kursor. Tingkat responsifnya sangat baik dan dapat menggantikan peran mouse untuk mengarahkan, memilih teks, melakukan klik, melakukan gerakan sentuh atau multi gesture, dan aktivitas kontrol lainnya.

ASUS Keyboard dan Touchpad
Keyboard dan touchpad

6. Webcam Shield Untuk Perlindungan Privasi

Sejak menjadi blogger, saya lebih banyak bekerja dari rumah dan hampir semua komunikasi dengan klien atau rekan sejawat dilakukan secara online melalui aplikasi meeting seperti Google Meet dan Zoom. Saya membutuhkan webcam yang jernih untuk melakukan panggilan video. Siapa sih yang mau terlihat burik di depan klien? Itu kan bisa mempengaruhi penilaian mereka juga.

Kebutuhan ini sudah terpenuhi oleh ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang dibekali dengan 720p HD webcam terintegrasi agar pengguna dapat melakukan panggilan video dimana saja dan kapan saja.

Uniknya lagi, webcam ini dilengkapi penutup geser yang dapat dibuka tutup untuk lebih menjaga privasi. Lho memangnya penting ya? Ya penting! Kasus kejahatan siber kerap terjadi dimana para penjahat dapat mengakses laptop diam-diam dan merekam kegiatan kita melalui webcam yang dinyalakan dari jarak jauh. Hih....seram! Kita bisa mencegah teknik kejahatan tersebut dengan hal sederhana, yaitu menutup webcam ketika tidak dipakai.

ASUS Webcam Privacy Shield
Pelindung privacy webcam ASUS

7. Audio Imersif Dengan AI Noise Cancelling

Keberadaan webcam HD akan terasa lebih mewah saat disandingkan dengan sistem suara berteknologi AI Noise Cancelling yang mampu meredam suara latar belakang yang tidak diinginkan saat melakukan panggilan video. Hal tersebut dapat terjadi akibat adanya ClearVoice Mic untuk menyaring suara-suara bising di sekitar dan mode Multi-Presenter untuk menormalkan semua suara individu dari posisi berbeda. Kegiatan meeting online akan terasa lebih kondusif. Tidak ada lagi tuh miskomunikasi antar peserta meeting yang diakibatkan oleh suara kurang jernih.

Mau nonton drakor dan YouTube? Atau mendengarkan musik di Spotify? Butuh suara menggelegar saat bermain game? Semuanya bisa banget didapatkan di ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang telah bersertifikat Harman Kardon. Merk yang telah berpengalaman di bidang audio sejak lama ini memiliki jaminan untuk menghasilkan suara jernih dan natural seperti aslinya. Kamu akan merasakan pengalaman luar biasa saat menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game lewat ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

ASUS Audio
Pengalaman audio yang asik bersama ASUS

8. Keberadaan Port yang Lengkap

Saya terkadang membutuhkan aksesoris dan perangkat lain untuk mendukung pekerjaan. Contoh paling sering adalah USB, headset, speaker tambahan, adaptop microSD untuk mengambil gambar dari kamera, hingga proyektor untuk presentasi offline.

Namun sekarang saya tidak perlu konektor eksternal lagi karena ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah dilengkapi oleh beragam port I/O (input dan output) yang tergolong lengkap, seperti:

  1. USB 2.0 Type-A (2x)
  2. USB 3.2 Gen 2 Type-A (1x)
  3. HDMI 1.4 (1x)
  4. MicroSD card reader (1x)
  5. Audio jack 3.5mm (1x)
ASUS Port dan Konektivitas
Port yang lengkap

9. Sistem Pendingin Kipas Ganda

Sistem pendingin berfungsi untuk mengurangi hawa panas yang ditimbulkan saat laptop digunakan agar tidak terjadi overheat (panasan yang berlebihan). Kebayang nggak...akan sepanas apa laptop kalau tidak ada sistem pendingin yang mumpuni? Yang jelas sih keadaan overheat akan membahayakan bagi komponen laptop maupun bagi kita sebagai pengguna.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki teknologi IceCool Plus terbaru dengan kipas ganda sehingga proses pendinginan akan berjalan lebih cepat dan maksimal. Hawa panas akan dialirkan ke luar untuk dibuang agar suhu komponen tetap sejuk.

Hebatnya nih, dengan bentuk kipas yang tipis dan ringan, sistem pendingin IceCool Plus sanggup mengalirkan udara 16% lebih baik. Ini karena kipasnya dibuat khusus dari bahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga setiap kipas memiliki 86 bilah untuk mengalirkan udara.

Sistem pendinginan yang efisien seperti ini sangat terasa manfaatnya saat bermain game berat dalam waktu yang lama atau saat proses render video.

Kipas Ganda IceCool Plus
Kipas ganda dengan teknologi IceCool Plus

10. Sensor Sentuh Sidik Jari

Untuk lebih meningkatkan keamanan penggunanya, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dilengkapi sensor sidik jari yang terdapat pada tombol daya. Pengguna tidak perlu selalu mengetik kata kunci untuk masuk ke dalam sistem operasi. Cukup sentuh dengan jari dan laptop sudah bisa diakses. Seperti ponsel saja ya aksesnya. Mobile dan mudah banget!

ASUS Sensor Sidik Jari
Sensor sidik jari sentuh

11. Desain Keren Warna Mentereng

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) nggak bakal malu-malu kalau dibawa nongkrong atau bekerja di coworking space karena memiliki desain yang keren dan modern. Memiliki dua pilihan warna yakni Solar Silver dan Cosmos Blue membuat siapapun yang melirik pasti penasaran karena eye catching banget.

Pilihan Warna Laptop ASUS
Pilihan warna

12. Ringan Dan Ringkas

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) benar-benar cocok bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi karena memiliki bobot hanya 1,4Kg serta ketebalan bodi hanya 18,9mm. Berpindah tempat kerja dari satu lokasi ke lainnya akan terasa ringan dan ringkas. Sangat cocok dijadikan daily driver karena tidak manja dan sanggup diajak work from anywhere.

Spesifikasi Lengkap

Untuk memudahkan kamu dalam membaca spesifikasi lengkap ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), berikut blog igniel.com tampilkan datanya dalam bentuk tabel.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
CPU • AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
• AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)
Sistem Operasi Windows 11 Home
Memori (RAM) • 16GB DDR4
• 8GB DDR4
Penyimpanan 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
Grafik AMD Radeon™ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Konektivitas Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Kamera 720p HD camera dengan penutup privasi
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, Harman Kardon certified audio
Baterai 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimensi 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
Berat 1.4 Kg
Warna • Solar Silver
• Cosmos Blue
Garansi 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Harga • Rp 11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)
• Rp 11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)
• Rp 12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Kesimpulan

Jika sedang mencari laptop tangguh dengan harga masuk akal, tidak ada jawaban lain yang terlintas di kepala saya kecuali ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Layar OLED-nya oke, prosesor sekelas gaming, baterai awet, sangat durable, suara tidak cempreng, port lengkap, dan tetap dingin saat digunakan.

Saya akan sangat senang membawa laptop ini kemanapun untuk work from anywhere berhubung seorang blogger tidak punya tempat wajib untuk bekerja. Mau di rumah, kafe, atau disaat staycation, kegiatan menulis akan berjalan lebih lancar dengan ditemani oleh ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sehingga saya mampu menghasilkan banyak konten setiap harinya.

Meningkatnya produktivitas sama dengan meningkatnya penghasilan. Sungguh sebuah laptop yang cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Referensi:
  • id.asus.com
  • www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400
  • channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=1fca64ebcea24c23862eeaab5fc0122a
  • Dokumen ASUS Press Release

Artikel Terkait

1 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Adam Muiz
    01 Oktober, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14028754173000527387
    Lengkap sekali penjelasannya,
    cocok banget nih digunakan buat bekerja jadi bisa produktif.