Memahami Fungsi Follow di Blogger (Blogspot)

Apakah Ada Fitur Follow di Blogger?

Istilah follow atau ikuti sudah tidak asing di telinga, terlebih lagi di platform media sosial. Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, dan lainnya sudah lumrah menggunakan kata follow dalam interaksi antar penguna.

Bagaimana dengan platform blog seperti Blogger? Apakah ada fitur follow? Ya, ternyata ada. Dan bukan cuma gaya-gayaan ngikut istilah doang, tapi fiturnya memang bekerja selayaknya follow di media sosial.

Sama seperti media sosial, bagi yang ingin menikmati fitur follow wajib punya akun di Blogger terlebih dulu. Gini deh, kalau mau follow orang di Instagram, berarti kamu sendiri harus punya akun Instagram dulu dong. Kalau tidak punya, bagaimana caranya follow orang lain?

Follow dalam Blogger berbeda dengan subscribe via email (berlangganan). Subscribe TIDAK mewajibkan orang lain untuk mempunyai akun Blogger saat ingin mendapatkan notifikasi. Jika subscribe hanya mengirimkan notifikasi ke email, maka follow membuat followers dapat melihat langsung update artikel terbaru dari blog yang di-follow melalui dashboard Blogger. Namun isi updatenya hanya sebagian ya, paling hanya beberapa ratus karakter. Disana disematkan tautan untuk pergi ke artikel asli jika ingin membaca secara penuh.

Lantas bagaimana agar blog kita bisa difollow alias diikuti orang lain? Dan sebaliknya, bagaimana cara follow atau mengikuti blog lain?


Cara Agar Blog Bisa Difollow Orang Lain

Caranya adalah dengan memasang widget Follow di Blogger. Dengan begini, pengunjung tinggal klik tombol lalu akan otomatis mengikuti.

Cara Pasang Widget Follow (Ikuti) di Blogspot

Atau cara lain yang lebih sederhana dan efisien adalah dengan mengunakan link saja. Formatnya seperti ini:

https://www.blogger.com/follow-blog.g?blogID=<ID blog>

Tinggal simpan link tersebut di blog dan tempatkan di mana pun kamu mau. Yang penting cukup mencolok agar bisa dilihat pengunjung. Sebagai contoh, coba klik tombol di bawah ini.



Cara Follow Blog Lain di Blogger

Dengan memahami penjelasan di atas, tentu caranya yaitu blog yang dimaksud harus memasang widget Follow terlebih dulu. Tinggal follow deh melalui widgetnya. Atau melalui link yang formatnya sudah disebutkan di atas. Tinggal buka URLnya dan ganti dengan ID blog yang ingin diikuti.

Cara lain yang lebih cepat adalah langsung melalui dashboard Blogger. Ikuti petunjuk berikut ini.

  1. Masuk ke Reading List dan klik Manage Reading List yang berupa ikon pensil di pojok kanan.
    Cara Follow Blog Orang Lain Tanpa Widget
  2. Klik tombol Add dan tulis alamat blog yang ingin diikuti secara lengkap. Lalu klik tombol Next.
    Cara Agar Blog Difollow Orang Lain
  3. Akan muncul pilihan apakah ingin mengikuti secara publik atau anonymous (rahasia). Pilihlah sesuai keinginan dan klik tombol Follow.
    Cara Supaya Blog Muncul di Reading List Blogspot

Cara Cek Update Dari Blog yang Difollow

Sama seperti media sosial yang menampilkan postingan terbaru dari following di halaman utama, saat kamu follow blog lain pun postingannya akan tampil di homepage Blogger. Lebih tepatnya di dashboard, di menu Reading List.

Bagaimana Mengaktifkan Fitur Follow di Blogger


Kelebihan

Berbeda dengan fitur subscribe by email yang memerlukan alamat email, follow ini tidak membutuhkannya. Jadi lebih praktis. Dan tidak perlu bolak-balik ke blog dan situs favorit untuk mengecek apakah ada postingan terbaru atau tidak. Cukup dicek melalui Reading List saja.


Bisa Follow Selain Blogspot

Kelebihan lain yang tidak kalah keren adalah bisa mengikuti blog atau situs lain selain Blogger selama kita tahu alamat feednya. Contohnya gini nih, saya mengikuti blog Facebook yang (sepertinya) dibuat menggunakan WordPress.

Cara Follow Situs Selain Blogspot di Blogger Reading List

Bagaimana cara mengetahui alamat feed? Biasanya sih tercantum di situsnya langsung. Adminnya pasti paham bahwa banyak orang lain yang ingin follow situs melalui feed. Kalau tidak tersedia, baiknya tanyakan langsung pada admin.


Pilih Follow Atau Subscribe?

Follow lebih praktis karena bisa dicek melalui Reading List. Kegiatan ini bisa dilakukan saat membuka dashboard Blogger ketika update artikel atau cek traffic blog pribadi. Jadi sekalian aja, gitu lho. Tidak perlu bolak-balik ke blog favorit untuk cek update artikel terbaru. Namun wajib memiliki akun Blogger agar bisa memanfaatkan fitur follow. Berbeda dengan media sosial, tidak semua orang paham dan punya akun Blogger. Mungkin banyak di antara pembaca setia blog kamu yang mampir tiap hari tapi tidak follow karena tidak punya akun Blogger.

Subscribe memerlukan email pembaca. Namun yang ini lebih ramah pengunjung karena orang yang tidak punya akun Blogger sekalipun tetap bisa mendapatkan notifikasi sesegera mungkin setiap ada artikel terbaru melalui email. Sangat cocok jika target blog kamu adalah pembaca yang bukan dari kalangan sesama blogger atau yang masih awam soal fitur-fitur internet.

Kalau saya memilih memasang dua-duanya agar bisa menjangkau pengunjung lebih banyak. Toh tidak memberatkan blog sama sekali.

SHARE Pin Share
Terbaru Lebih lama
Artikel Terkait
7 komentar
  1. menurut ku lebih bagus push notifcation sih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu bagus. Sayangnya pihak ke tiga. Bukan produk Google.

      Hapus
    2. Teh kalau pihak ketiga apa pengaruhnya untuk blog yang kita kelola teh?

      Hapus
    3. Nggak pengaruh apa-apa. Cuman ini ceritanya lagi bahas produk Google aja.

      Hapus
  2. Wahhh kalo bisa masuk pemberitahuan post lewat email itu apakah berbayar ya? Saya dapat notifikasi email terus kalau ada post baru gituu, padahal blognya blogspot...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratis pakai FeedBurner. Silakan baca artikel ini.
      https://www.igniel.com/2020/01/subscribe-via-email-feedburner.html

      Hapus
  3. I want to add share buttons to own website like you would like

    BalasHapus

Posting Komentar

×

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru. Gratis!