Langkah Mudah dan Cepat Untuk Membuat Website Gratis Bagi Pemula

Cara Membuat Website Gratis

Kebutuhan akan website kian hari kian tinggi. Bukan hanya bagi publisher, website pun menjadi kebutuhan bagi siapa saja yang bergelut di bidang internet. Salah satu yang sedang hits adalah online shop atau penjual barang maupun jasa melalui internet. Sebenarnya hampir semua profesi di internet mulai dari blogger, freelancer, graphic design, penulis, sampai pengusaha sekalipun memerlukan website sebagai media promosi. Apalagi start-up yang bergelut di bidang teknologi, website adalah hal mutlak yang harus ada.

Keberadaan website sangat membantu dan memberikan efek yang luar biasa.Tidak hanya itu, website menjadikan usaha lebih terlihat profesional dan terpercaya. Tidak peduli skala besar atau kecil, promosi dengan website memberikan kesan eksklusif sehingga calon konsumen akan lebih tertarik dan percaya.

Sekarang ini, orang cenderung menilai sebuah perusahaan tidak terlalu kredibel jika tidak mempunyai website resmi. Bagaimana tidak, di zaman serba digital begini sebagian besar orang mencari informasi (bahkan melakukan transaksi) melalui internet. Maka menjadi suatu kelebihan dan keuntungan besar ketika kita memiliki media promosi yang tepat dan calon konsumen menemukannya saat browsing di internet.

Bagi pemula, tidak perlu risau dan bingung mengenai bagaimana cara membuat website. Semua bisa dibuat dengan mudah, murah bahkan gratis alias cuma-cuma. Mau tahu bagaimana caranya?


Aspek Penting Sebelum Membuat Website Gratis

Meskipun mudah dan murah bahkan gratis, kita tetap harus memperhatikan aspek penting dalam membuat website. Langkah-langkah awal yang perlu dipertimbangan yaitu menentukan jenis website yang akan dibuat. Hal paling mendasar ini sangat penting. Kenapa? Ini karena akan berpengaruh pada tahapan selanjutnya, seperti pada jenis platform yang akan digunakan, pemilihan domain, pemilihan paket web hosting, dan lainnya.

Beberapa jenis website yang paling banyak dibuat antara lain: pribadi (blog), toko online, profil perusahaan (company profile), forum, berita, portofolio, dan masih banyak lagi.


Membuat Website Gratis Tanpa Coding dengan CMS

Setelah kita mengetahui jenis yang ingin dibuat, langkah selanjutnya adalah mulai membuat website itu sendiri. Hal yang menakutkan bagi pemula adalah harus berhadapan dengan coding. Bagi yang tidak punya dasar tentang bahasa pemrograman tentu kesulitan ya, begitupun dengan yang sempat belajar tapi tidak mendalaminya. Sama-sama akan mengalami kendala untuk membuat website dengan sempurna.

Padahal tidak susah sama sekali lho. Kamu bisa membuat website gratis tanpa harus ngoding, yaitu dengan bantuan CMS.

Apa Itu CMS?

CMS (Content Manajemen System) adalah sebuah perangkat lunak atau sistem yang mengatur konten pada website. CMS akan membantu kita dalam membangun website, bahkan ketika tidak paham bahasa pemrograman sema sekali. Sederhananya, CMS ini berisi tema yang cukup diinstall lalu tinggal ditambahkan dan diubah isinya.


Banyak sekali keuntungan membuat website dengan CMS, yang paling utama tentu kemudahannya. CMS merupakan pilihan terbaik terutama bagi yang tidak mengerti coding. Selain itu keuntungan lainnya adalah:

  • Menghemat biaya karena murah bahkan gratis.
  • Proses cepat karena penggunaan yang mudah.
  • Banyak fitur dan dinamis.
  • Akses mudah, cukup dengan koneksi internet.

Atas semua kelebihan itu, pantas saja kalau CMS sangat diminati dan sering digunakan untuk membuat website.

Jenis CMS yang paling terkenal dan tidak asing di telinga adalah Blogger dan WordPress. Selain kedua itu masih ada beberapa jenis CMS yang sering digunakan, antara lain: Joomla, Drupal, Plone, MediaWiki, Moodle, dan lain-lain. Dari semua itu, yang akan saya rekomendasikan adalah WordPress.


Kenapa WordPress?

Alasan Memilih WordPress

WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL yang bersifat open source. Saat ini WordPress menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan di dunia.

Membuat website dengan Wordpress sangat murah, bahkan gratis. Meski begitu bukan berarti kualitasnya murahan. Malah sudah banyak perusahaan besar yang bertumpu pada platform WordPress.

Kelebihan menggunakan Wordpress antara lain:

  • Instalasi dan konfigurasi yang sangat mudah. Cocok untuk pemula maupun ahli. Karena kemudahan dan kepopulerannya, biasanya pihak hosting akan merekomendasikan WordPress dibanding CMS lain.
  • Memiliki komunitas open source yang besar sehingga sangat mudah untuk mencari informasi jika mengalami kendala saat menjalankannya.
  • Banyak forum diskusi dan sharing yang sering berbagi insight ataupun plugin baru.
  • Fitur beragam dan menarik mulai dari tema, plugin, dan lain sebagainya.

Menentukan Domain dan Hosting

Setelah menentukan WordPress sebagai mesin pembuat website, kini lanjut kepada tahap yang lebih teknis demi menyempurnakan pembuatannya. Salah satunya adalah menentukan nama domain. Tujuannya agar orang lain bisa dengan mudah mengakses website kita. Tidak harus berakhiran .COM kok, kamu bisa menggunakan ekstensi yang lain sesuai kebutuhan seperti .CO.ID, .WEB.ID, .NET, .INFO, .ONLINE, .SITE, .WEBSITE, hingga .XYZ.

Jangan menentukan domain sembarangan ya. Tidak cukup dengan nama yang menarik saja, sebaiknya kita melakukan riset kata kunci yang paling banyak dicari sesuai dengan niche yang akan diusung.

Jika domain sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan hosting. Jenisnya banyak sekali dan memiliki spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jenis-jenis hosting antara lain adalah shared hosting, cloud hosting, dan VPS.

Untuk domain dan hosting tidak gratis lagi ya. Tapi tenang, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok. Sudah banyak sekali jasa WordPress hosting terbaik yang murah dan berkualitas.


Konfigurasi WordPress

Setelah membeli domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi. Hal ini mencakup instalasi dan modifikasi. Silakan ikuti instruksi berikut ini.

1. Install WordPress Tanpa Coding

Langkah-langkah dalam menginstall Wordpress:

  1. Login cPanel.
  2. Buka Softaculous App Installer dan pilih WordPress
    Cara Gampang Install WordPress
  3. Klik tombol Install Now
    Bagaimana Pakai WordPress Installer
  4. Pilih domain.
  5. Isi detail website.
  6. Masukkan username dan password.
  7. Selesai

Mudah bukan? Sebetulnya beberapa penyedia hosting sudah menyediakan fitur auto-installer. Jadi tidak perlu menginstall secara manual. Selain lebih mudah juga lebih cepat.


2. Modifikasi Website

Kini website yang berbasis WordPress telah berhasil dibuat setelah selesai mengikuti tutorial di atas. Kini saatnya memodifikasi isinya sesuai keinginan. Apa saja yang bisa diubah?

  • Tema
    Banyak tema gratis, tapi jangan pakai bajakan ya!
  • Buat sitemap.
  • Ubah permalink.
  • Install plugin.
  • Atur keamanan.
  • Install plugin backup.
  • Install Google Analytics.
  • Membuat konten dengan page dan post.
  • Mengatur menu.
  • dan lainnya.

Modifikasi ini tidak akan berhenti dan selalu menjadi bagian dari maintenance.

Langkah membuat website gratis dengan WordPress sudah selesai! Proses yang panjang tapi cukup mudah dipahami, bukan? Kamu bisa bereksperimen sendiri dengan bantuan panduan-panduan yang tersebar di internet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin membuat website dengan mudah dan murah bahkan gratis.

SHARE Pin Share
Artikel Terkait
1 komentar

Posting Komentar