Iklan AdSense Bisa Dipasang Di Dalam Instant Articles. Apakah Aman?

Cara Memasang Iklan AdSense Di Facebook Instant Articles

Awalnya saya ingin membuat tutorial cara memasang iklan Adsense di dalam Facebook Instant Articles. Tapi setelah baca artikel disana-sini, akhirnya niat itu diurungkan. Ternyata ada hal yang membuat pemasangan Adsense tersebut bisa dikategorikan melanggar peraturan. Hal apakah itu? Check this out.

Secara teknis, ya, kita bisa memasang iklan AdSense ke dalam Instant Articles, kalau tahu bagaimana caranya. Namun dalam praktiknya, kita dihadapkan pada privacy policy atau kebijakakan masing-masing perusahaan yang menghambat dan membuat ragu untuk melakukannya.

Kalau mau memasang iklan Adsense ke dalam Instant Articles, artinya kita harus memahami peraturan dari dua tempat berbeda: Google dan Facebook.
Kenapa? Karena kita bertindak sebagai publisher dari kedua perusahaan tersebut.

Iklan Google AdSense bisa dipasang di dalam Facebook Instant Articles. Tapi apakah aman dan tidak melanggar kebijakan?
.

1. Kebijakan Facebook Instant Articles

Instant Articles TIDAK MELARANG publisher untuk memasang iklan selain Audience Network. Malahan publisher dibebaskan untuk memasang jenis iklan apapun, SELAMA IKLANNYA TIDAK BERASAL DARI PIHAK KETIGA ATAU DARI JARINGAN IKLAN LAIN. AdSense bisa dikategorikan sebagai pihak ketiga, karena pihak pertama dan kedua adalah publisher (kamu sendiri) dan Instant Articles. Pun sudah jelas, AdSense merupakan jaringan iklan (ad network).

Iklan di dalam Instant Articles harus berupa direct-sell, artinya jenis iklan yang langsung menghubungkan antara visitor dengan penjual. Kurang lebih sama seperti website online shop lah ya, yang didalamnya langsung mengajak visitor untuk menghubungi penjual tanpa melewati pihak lain terlebih dulu. Kalau masih ngotot mau dapat penghasilan dari pemasangan iklan pihak ketiga di Instant Articles, kamu hanya bisa menggunakan Facebook Audience Network. Berikut kutipan pernyataan dari website resmi Instant Articles yang sudah saya terjemahkan.

Pilihan monetisasi apa saja yang tersedia?
Instant Articles menawarkan pilihan monetisasi yang fleksibel dan publisher dapat memilih yang terbaik bagi bisnis mereka. Facebook Audience Network adalah jaringan iklan terprogram yang eksklusif untuk Instant Articles. Publisher juga dapat menjual dan menayangkan iklan mereka sendiri. Jika iklan direct-sold adalah model monetisasi utama publisher (atau merupakan komponennya), publisher juga dapat memonetisasi inventaris yang tidak terjual melalui Facebook Audience Network.

Apakah Aman Pasang AdSense Di Dalam Instant Articles

Dapatkah penerbit menjual iklan mereka sendiri di Artikel Instan?
YA. Publisher yang memasang iklan direct-sell dapat menjual dan menayangkan iklan mereka sendiri di Instant Articles sebagai tayangan mandiri atau sebagai bagian dari paket yang lebih besar dan mempertahankan 100% dari pendapatan tersebut. Untuk memonetisasi inventaris yang tidak terjual, publisher juga dapat menampilkan iklan dari Facebook Audience Network.

Amankah Memasang AdSense Di Facebook Instant Articles

Sejauh ini terlihat aman ya kebijakannya. Eits, coba baca lagi. Disana cuma disebutkan tentang direct-sell ads lho (jenis iklan yang langsung menjual, seperti yang saya contohkan 'online shop' diatas). Tidak ada tuh disebutkan tentang pemasangan iklan dari pihak ketiga. Ini diperkuat oleh pernyataan dari website Facebook for Developers.

Penjualan dan Penyajian Iklan
1. Jangan tayangkan iklan yang dijual oleh pihak ketiga (artinya, hanya boleh menjual jenis iklan yang menjual secara langsung). Misalnya, Instant Articles tidak boleh menyertakan iklan yang dijual oleh jaringan iklan (ad network), agensi, atau jaringan penjual iklan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan Facebook Instant Articles.
2. Direct ads harus dihosting di server Anda sendiri atau meminta pembaca untuk langsung menghubungi pengiklan.

Memasang Iklan AdSense Di Facebook Instant Articles Melanggar Kebijakan

Jika terbukti melanggar, Fanspage kamu berpotensi kehilangan akses Instant Articles dan tidak lagi memenuhi syarat untuk monetasi Audience Network.

2. Kebijakan Google AdSense

Kalau kebijakan AdSense sih cukup jelas dan tidak terlalu berbelit seperti Instant Articles.

Apakah melanggar kebijakan program jika saya menempatkan iklan pada halaman web iframe (bingkai) di software?
Ya, itu melanggar kebijakan kami. Pertama, Anda tidak diizinkan untuk menempatkan iklan di bingkai dalam laman lain. Pengecualian terhadap kebijakan kami hanya diizinkan dengan otorisasi dari Google untuk penggunaan iframe yang valid. Kedua, Anda tidak diizinkan untuk menempatkan iklan di software, misalnya, jika Anda mengontrol halaman dengan iklan beserta aplikasi yang memuat halaman tersebut, kami akan mengambil tindakan terhadap hal itu.

Cara Menggabungkan Iklan Google AdSense Dengan Facebook Instant Articles

Loh, memangnya ada apa dengan iframe? It is a big deal, ini hal penting. Karena Instant Articles membutuhkan tag iframe untuk memasang iklan.
<figure class="op-ad">
    <iframe height="300" width="250">
       <!-- Kode Iklan Disini -->
    </iframe>
</figure>

Tidak hanya untuk iklan, tapi untuk memasukkan javascript pun diperlukan iframe. Inilah yang menjadi masalah. Kita terbentur dengan kebijakan AdSense, dan menyimpan iklan di dalam iframe merupakan sebuah pelanggaran.

3. Referensi Dari Forum Google Products Dan Quora

Saya pun pernah menanyakan hal ini di forum bantuan Google, meskipun tidak mendapat jawaban memuaskan, bahkan cenderung pendek. Ternyata orang lain pun pernah beberapa kali menanyakan hal yang sama, meskipun lagi-lagi kebanyakan tidak terlalu memuaskan. Silakan dibuka dan dibaca ya.
  1. Can I Put Adsense Into Facebook Instant Articles? *pertanyaan saya*
  2. Is it allowed/possible to put Adsense ads on Facebook Instant Articles & Apple News? *ditekankan bahwa secara teknis bisa, tapi tidak diperbolehkan*
  3. Adsense on Instant Articles *yang ini cukup panjang*
  4. Google Adsense in Instant Articles
  5. Can I use Google Adsense in Facebook Instant article?
  6. How to put adsense in Facebook instant article or is it against AdSense policy?
  7. Can I use both Adsense and Facebook audience network on Instant Articles?
  8. Is it possible to insert Google Adsense ads into a Facebook instant article and how?

Bisa ditarik kesimpulan bahwa pemasangan iklan AdSense di dalam Instant Articles sangat memungkinkan secara teknis. Tapi kebijakan dari masing-masing perusahaan tidak bisa serta-merta mengizinkannya. Kalau nekat, mungkin diawal tidak bakal ketahuan. Tapi jika sampai terdeteksi, harap jangan menyesal jika akun Instant Articles, Audience Network, dan AdSense kamu dibanned semua. Sayangi akun kamu, karena dia aset berharga dan sangat berjasa untuk meraup dollar dari internet.

Kamu bermental baja dan punya cadangan akun banyak? Silakan pasang dan jangan lupa bagikan pengalamannya ya.

https://instantarticles.fb.com/faqs
https://developers.facebook.com/docs/instant-articles/policy
https://support.google.com/adsense/answer/3394713
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

3 Komentar

  1. Dulu berhenti pakai instant articles juga gara-gara ini.
    Biar pengunjung masuk ke Blog langsugn aja deh biar blog ada yang ngunjungin juga

    ReplyDelete
  2. Nyimak sambil leyeh leyeh

    ReplyDelete

Centang kotak "NOTIFY ME" agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada yang membalas komentar kamu.