Cara Verifikasi Twitter dan Mendapatkan Centang / Lencana Biru

Terhitung 16 November 2017, Twitter menutup permintaan verifikasi. Baca keterangan lengkapnya di tweet ini.

Cara Verifikasi Twitter dan Mendapatkan Centang / Lencana Biru

Di Twitter, sebuah akun yang sudah terbukti otentik (asli, sah, resmi, tulen) akan mendapatkan badge verified (lencana verifikasi) yang ditandai dengan sebuah icon berbentuk centang berwana biru. Dulu, yang bisa mendapatkan status verified alias terverifikasi hanyalah akun dari public figure terkenal di masyarakat seperti artis, politikus, atlet, penulis, brand ternama, dan lain sebagainya.

Saya sebagai orang biasa kadang ngiler juga pengen punya centang biru kaya gitu. Kesannya keren aja. Tapi apa daya, Twitter hanya memverifikasi akun yang terkenal saja. Apalagi buat pemilik online shop. Pasti tokonya akan terlihat lebih terpercaya kalau akun Twitternya sudah dihiasi centang biru.

Tapi itu dulu. Sekarang, Twitter memberikan kesempatan lho kepada semua penggunanya untuk bisa mendapatkan centang biru. Sebagai contoh, ini adalah akun tempat saya biasa nongkrong. Akun ini sudah mendapatkan status verifikasi, padahal bukan public figure. Melainkan sebuah komunitas menulis tulisan fiksi.

Contoh akun Twitter terverifikasi: @fiksimini
Cara Verifikasi Twitter dan Mendapatkan Centang / Lencana Biru

Mungkin masih banyak lagi akun non-public-figure lain yang sudah terverifikasi Twitter. Tapi saya nggak tau yang mana aja.

Bagaimana prosedur lengkapnya? Yuk simak langkah-langkah verifikasi akun Twitter dan mendapatkan centang biru berikut ini.

Persyaratan Verifikasi Twitter

Sebelum mengajukan permintaan, penuhi dulu beberapa persyaratan dibawah ini agar akun kamu lebih dipertimbangkan untuk diverifikasi Twitter.
  1. Akun sudah memasukkan nomor telepon. Dan nomor teleponnya sudah diverifikasi.
  2. Akun sudah memasukkan email. Dan emailnya sudah diverifikasi. Jika akun kamu mewakili perusahaan atau organisasi, harus pakai email perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.
  3. Terdapat bio.
  4. Terdapat foto profil.
  5. Terdapat foto header.
  6. Terdapat tanggal lahir (untuk akun yang BUKAN perusahaan atau organisasi). Setting secara publik.
  7. Terdapat website.
  8. Privasi tweet disetting secara publik.
  9. Untuk akun pribadi (BUKAN perusahaan atau organisasi), jika masuk ke tahap berikutnya, Twitter akan meminta scan KTP.

Rekomendasi untuk Profil dan Akun

Beberapa karakteristik dari akun yang terverifikasi. Ikuti agar Twitter mempertimbangkan permintaan kamu.
  1. Jika akun personal, nama akun (nama ya, bukan username) haruslah nama asli atau nama panggung (nama alias). Nama panggung itu contohnya Pewdiepie. Padahal kan nama asli dia bukan itu.
  2. Jika perusahaan atau organisasi, nama akun wajib sama seperti nama asli perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.
  3. Foto profil dan foto header mencerminkan akun bersangkutan. Jadi kamu jangan pake foto anime dulu buat sementara, okey. Jika perusahaan atau organisasi, fotonya pake logo masing-masing.
  4. Di bio, cantumkan bidang keahlian atau pekerjaan kamu. Jika perusahaan atau organisasi, tulis visi misi.

Cara Verifikasi Twitter Lencana Biru

  1. Login ke Twitter menggunakan akun yang ingin diverifikasi.
  2. Masuk ke alamat ini: Request Verify
  3. Tulis nama akun yang ingin diverifikasi. Jika akun kamu mewakili perusahaan atau organisasi, centang kotak yang tersedia. Jika akun pribadi, kosongkan saja centangnya.
    Cara Verifikasi Twitter dan Mendapatkan Centang / Lencana Biru

  4. Muncul form baru. Disana kamu harus mengisi minimal 2 website sebagai referensi bagi Twitter. Dibawahnya, tulis alasan kenapa Twitter perlu memverifikasi akun kamu. Ya kaya ngelamar kerja aja, jual diri kamu dan yakinkan Twitter agar tertarik. Pake bahasa Inggris ya. Jangan sungkan minta bantuan ke Google Translate.
    Cara Verifikasi Twitter dan Mendapatkan Centang / Lencana Biru

  5. Twitter minta konfirmasi lagi nih soal data yang sudah kamu masukkan. Kalau dirasa benar, klik tombol "SUBMIT".
    Cara Verifikasi Twitter dan Mendapatkan Centang / Lencana Biru

Dan selesai. Kamu tinggal menunggu keputusan dari Twitter. Mereka akan mengirim infonya ke email.

Bagaimana Jika Permintaan Saya Ditolak?

Kamu bisa kok mengajukan permintaan ulang untuk verifikasi Twitter ini. Tapi harus menunggu selama 30 hari dulu, baru bisa apply lagi.
Coba sampai berhasil ya. Saya sendiri sudah beberapa kali mencoba tapi gagal terus.

https://support.twitter.com/articles/20174631

Artikel Terkait

16 komentar

Ikuti format penulisan berikut untuk menyisipkan elemen tambahan.
  • Komentar TIDAK DAPAT DIHAPUS setelah dikirim. Pikirkan sebelum menulis.
  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>
  • Blogger Kota Tasikmalaya
    7/10/18
    Profil: https://www.blogger.com/profile/08377946174228839078
    tetep susah
  • choco avocado
    23/12/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/08829511804405587701
    Kok saya buka form nya itu gak bisa ya mba
    • Igniel
      23/12/17
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Udah ditutup mas. Di awal artikel udah saya sertakan link referensinya.
  • Mas Kholis
    28/10/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/02889398110311460807
    Sekarang sudah tidak bisa ya mba?
    • Igniel
      29/10/17
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Masih bisa.
  • Dewa Gede Padma
    17/8/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/12349893433202480702
    untuk facebook fanpage caranya gimana?
    • Igniel
      17/8/17
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Buat Facebook: http://www.igniel.com/2016/05/cara-verifikasi-fanpage-facebook-mendapatkan-badge-hitam.html
  • timenews.blogspot.com
    22/6/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/02560785018085945389
    Kata kata nya gimana yang bagus.. pliss Jawab ya.. Kan banyak Tuh harus 500 karakter
    • Igniel
      23/6/17
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Bisa coba kalimat yang saya pake. Ada di gambar dalam artikel.
  • Unknown
    30/5/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/13424568533411320802
    Kirain harus bayar berapa dulu gitu biar diverifikasi
  • xasemele
    18/5/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14296378552820564451
    Kak asli HS bisa pinter dan hightech nih dgn subcribe kamu. Panutan sekali terima kasih infonya

    Blog walking HS juga yah https://xasemele.blogspot.com
    Terima kasih
  • Andrew Pradana
    17/5/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00436598016875014368
    kira kira ada kata kata yang bagus ga gan -_-" hahaha
    • Igniel
      17/5/17
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Bisa coba kalimat yang saya pake. Ada di gambar screenshot diatas.
  • Demo akun
    19/4/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/07789902388423626997
    kalo gak ada followers
    • Igniel
      19/4/17
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Jumlah followers & following nggak ada di persyaratan. So, nggak ngaruh.
  • Mahendra tutorial.
    28/3/17
    Profil: https://www.blogger.com/profile/13653366614802778922
    Nice