Tips Memilih Template Blogger Yang Baik Dan Benar

Tips memilih template Blogger (Blogspot) bagi pemula. Template yang bagus adalah responsif, ringan, mobile friendly, simple (sederhana), SEO friendly, clean (bersih), dan fast loading (cepat).
Kalau blog ibaratkan rumah di internet, maka template adalah dekorasinya. Buat kamu yang baru bikin Blogspot dan masih bingung mau pake template apa, saya punya beberapa tips memilih template blog yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1. Pilih Template yang Responsif alias Mobile Friendly

Apa tuh responsif? Artinya kalau blog dibuka di handphone, tablet atau device lain yang ukurannya lebih kecil dari komputer, tampilannya nggak bakal berubah jadi berantakan. Dia akan menyesuaikan diri dengan ukuran device. Memang dari Blogspot sendiri sudah ada fitur bawaan berupa mobile template.

Tips Memilih Template Blogger Yang Keren Dan SEO Friendly
Mobile template bawaan Blogspot

Tapi saya sendiri kurang sreg dengan fitur ini. Tampilan blog jadi keliatan standar banget, cuma putih doang. Widget pun nggak bakal tampil. Makanya saya cari template yang responsif, agar ketika dibuka di hape tampilannya tetap sesempurna versi komputer. Ini perbandingan tampilan template responsif dan mobile template bawaan Blogspot. Kalau kurang jelas, klik aja gambarnya biar tampil full size.

Tips Memilih Template Blogspot

Tips Memilih Template Blog SEO Friendly
Klik untuk melihat ukuran lebih besar.
Atas: Template responsif. Bawah: Mobile template bawaan Blogspot

2. Pilih Template Dengan Struktur Data yang Benar

Template yang memiliki struktur data yang baik akan mempermudah Google untuk melacak dan mengindex blog kamu. Apa efeknya kalau blog mudah dikenali Google? Besar kemungkinan blog akan tampil di halaman-halaman awal pencarian dan imbasnya blog kamu akan ramai dikunjungi pembaca. Siapa sih yang nggak mau blognya rame?

Untuk mengecek struktur blog, kamu bisa pergi ke Google Structured Data Testing Tool.

3. Jangan Pilih Yang Berwarna-warni

Apalagi kalau warnanya ada 7 kaya pelangi. Ini bakal bikin pembaca sakit mata. Pilihlah template yang didominasi 2 warna aja. Saya sendiri milih template berdominasi warna putih, dipadukan dengan aksen warna hijau. Kombinasi warnanya juga jangan bikin sakit mata. Coba bayangin gimana perihnya baca blog yang backgroundnya warna merah cerah trus fontnya warna kuning. Di bagian footer berwarna hitam. Masih wajar karena kebanyakan daerah footer memang berbeda warna dengan body bagian utama.

4. Terdiri Dari Dua Kolom

Yang ketiga dalam tipe memilih template blog ini adalah soal pembagian kolom. Kolom pertama buat isi postingan, kolom kedua yaitu sidebar buat tempat widget. Kebanyakan sih kaya gitu. Di bagian bawah ada kolom tambahan berupa footer. Si footer ini juga optional, artinya bisa ada bisa nggak. Tergantung selera masing-masing. Ada juga yang lebih suka nyimpen semua widgetnya di sidebar.

Tips Memilih Template Blog Responsif

5. Ada "Read More" nya

Buat saya ini krusial banget. Dengan adanya fitur read more ini, blog nggak bakal kepanjangan. Mau nampilin 10 postingan sekalipun di bagian home, blog nggak bakal keliatan penuh dan panjang. Fitur ini nggak tergantung dari template sih. Kalian bisa nambahin fitur read more dengan memasang script nya. Gampang kok, coba deh tanya Google.

Tips Memilih Template Blogspot Ringan Dan Cepat

6. Jangan Terlalu Lebar

Yang satu ini subjektif dan tergantung selera masing-masing. Pemilihan template yang terlalu lebar bakal bikin mata bergerak lebih ekstra ke kanan dan kiri. Makanya saya milih template yang lebarnya sedang-sedang aja. Tapi ada juga kok yang suka sama tampilan lebar, biasanya yang isi postingannya panjang banget. Sekali lagi, ini tergantung selera.

Tips Memilih Template Website Keren

7. Jangan Pasang Widget Berlebihan

Widget musik, kalender, slideshow foto, dll. Hey, ini bukan Friendster :^)
Widget kaya gini bakal bikin loading blog berat dan lama. Pasanglah widget yang sekiranya penting dan dibutuhkan pembaca. Misalnya label, popular posts, recent posts, recent comments, blog archive, dan widget buat memonitor pergerakan traffic blog kaya Histats, Alexa, dll.

8. Jangan Menghilangkan Kredit Pembuat Template

Kalau memang pake template gratisan, setidaknya kredit dari si pembuat template jangan dihapus. Ini salah satu cara menghargai kerja keras orang lain dan wujud terima kasih karena dia mau berbagi template rancangannya. Lagian apa ruginya sih nampilin nama orang lain?

9. Kesimpulan

  1. Template yang bagus adalah yang loadingnya cepat. Hal ini dipengaruhi oleh pemilihan widget dan berbagai komponen yang ada dalam template itu sendiri. Seperti gambar, script, dan CSS.
  2. Kebanyakan pembaca lebih suka melihan template yang bersih. Faktor ini dipengaruhi oleh pemilihan warna. Ingat, jangan gunakan terlalu banyak warna. Nanti pembaca bakal sakit mata.
  3. Pilih template yang responsif alias mobile friendly. Sekarang ini penggunaaan smartphone meningkat sangat pesat. Kebanyakan orang lebih suka memakai smartphone untuk browsing, buka media sosial, dan lain-lain. Kalau template kamu nggak responsif, ini sama aja kaya bunuh diri. Pembaca cenderung meninggalkan sebuah blog dengan cepat kalau tampilannya nggak mobile friendly.

Itu dia beberapa tips dasar dalam memilih template blogger yang baik dan benar dari seorang pemula. Kalau ada yang mau nambahin bisa tulis di kolom komentar.


24
Tips Memilih Template Blogger Yang Baik Dan Benar
Tips Memilih Template Blogger Yang Baik Dan Benar
Tips memilih template Blogger (Blogspot) bagi pemula. Template yang bagus adalah responsif, ringan, mobile friendly, simple (sederhana), SEO friendly, clean (bersih), dan fast loading (cepat).
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

24 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Dasir Rounin
    14 November, 2020
    Profil: https://www.blogger.com/profile/10472978856265032813
    menurut mbak, berapa kuantiti maksimal script dalam sebuah blog agar lebih ringan?
    • hasheemi Rafsanjani
      03 Maret, 2021
      Profil: https://www.blogger.com/profile/01205852673505466263
      Saya sih dak tahu tapi , saya tahu bahwa jangan banyak banyak script eksternal maka akan memberatkan loading blog
  • Rio Ve
    01 Mei, 2020
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14592838458998654428
    Saya pengguna template fiksioner dari mbak igniel semoga di versi selanjutnya gambarnya responsif jd gk kepotong, mohon dipertimbangkan mbak...
  • Tung Dang
    27 Juli, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/12150899562800527062
    Tôi đã đọc hầu hết các bài viết về blog của bạn. Thực sự rất thú vị và có nhiều điều thật quý giá với tôi. Cám ơn rất nhiều về những kiến thức mà bạn đã chia sẻ!
  • Syafiq
    17 Februari, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04007798583952663891
    Oh ya mbak, terus gimana ya, ngotak-atik template supaya pengunjung nggak turun?

    Saya sebenernya sering otak-atik template. Dan nggak ada penurunan sih. Cuma pernah sekali turun sampai 60% (Untuk udah backup, jadi bisa langsung balik).
    • Igniel
      19 Februari, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Pilih template yang stuktur HTMLnya valid. Yang ada tag alt dan title untuk gambarnya. Yang ada tag title untuk semua linknya.
    • Marita Ningtyas
      04 Maret, 2020
      Profil: https://www.blogger.com/profile/16130881517158478521
      Saya habis ganti template pakai Fiksioner bulan lalu, dan traffic anjlok hampir 50%. Bisa beri pencerahan gimana memperbaiki trafficnya? Terima kasih.
    • Igniel
      04 Maret, 2020
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Awal-awal biasanya memang turun. Nanti juga normal lagi.
  • Syafiq
    17 Februari, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04007798583952663891
    Saya mau bertanya soal struktur skema. Apakah struktur skema komplit berpengaruh terhadap SEO Onpage?

    Bukan maksud menjatuhkan ya, misalnya Vi0 Mag yang kalau saya cek di Structured Data Testing Google cuma kebaca beberapa saja.

    Tapi kalau saya cek template kompiajaiab, rata-rata skemanya komplit, dari navigasi, footer dan sebagainya.

    Ini gimana mbak?
    • Igniel
      19 Februari, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Nggak masalah nggak ada skema footer dan sebagainya. Yang penting ada skema BlogPosting, SiteNavigationElement (breadcrumbs), dan hatom.
  • Fizi
    30 November, 2018
    Profil: https://www.blogger.com/profile/12664816184934381226
    jaman sekarang mau pakai template apa aja rasanya sama. Sekarang kebanyakan visitor lewat smartphone, otomatis cuma scroll kebawah ndak ada bedanya. hihi
    • Igniel
      30 November, 2018
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Tampilan luarnya aja yang sama. Fitur di dalamnya masih banyak yang berbeda.

      Terutama dari segi kecepatan loading, berat halaman, struktur skema, SEO friendly atau tidak, dsb. Ini gak penting buat visitor (karena nggak keliatan sama mereka) tapi penting buat pengurus biar blognya sehat di mata mesin pencari.
  • defantri.com
    25 November, 2018
    Profil: https://www.blogger.com/profile/07126573827912835475
    tadi saya pikir setelah baca sampai selesai di kalimat terakhir ada tulisan
    "contoh template yg baik menurut saya adalah template iginel.com, jika ingin memesannya hubungi contact"
    langsung dech saya hubungi contacnya :)
    • Igniel
      25 November, 2018
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Ehehe ini pure ngasih tips, bukan copywriting :)

      Kalau mau ada templare premium IGNIPLEX. Versi 2 segera rilis dan akan mirip 50% dengan template igniel.com.


      Demo:
      https://igniplex.blogspot.com

    • defantri.com
      30 November, 2018
      Profil: https://www.blogger.com/profile/07126573827912835475
      ditunggu IGNIPLEX Versi 2, semoga cocok dihati nantinya.
      sehat dan sukses untuk mbak niel
    • hasheemi Rafsanjani
      03 Maret, 2021
      Profil: https://www.blogger.com/profile/01205852673505466263
      Iya mbak di search engine sana itu banyak kayak gini "template blogger mirip igniel" gitu saya lihat di demo nya itu 70% mirip
  • WWW.WINMAHDI.COM
    08 Januari, 2017
    Profil: http://www.winmahdi.com
    Berapa mahar igniel ?? :D
  • WWW.WINMAHDI.COM
    06 Januari, 2017
    Profil: http://www.winmahdi.com
    Bener banget, gue nerapin semua tips ini untuk blog gue :)
    BTW ini template dibuat sendiri yah?
    gak dibagiin? ckckckc
    • Igniel
      07 Januari, 2017
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Iya bikin sendiri. Wani piro? Wkakakak
    • nyemopedia
      23 Juli, 2018
      Profil: https://www.blogger.com/profile/14166092241598057041
      nunggu share themplatenya :D
  • Yus Yulianto
    25 Februari, 2016
    Profil: https://www.blogger.com/profile/05922413362091946434
    Urusan template, sepertinya kita satu selera ya.
  • Aul Howler's Blog
    23 Januari, 2016
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16697325744851980986
    Kayaknya template blog ku udah masuk kategori2 di atas deh
    yuhuuuu

    eh tapi ada rencana mau ganti lagi sih wkwk
    • Giri Diwa Adam
      14 Februari, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/11346759223421693465
      Kalau ganti² template melulu itu nggak bagus buat Kesehatan blog mu dan Juga Pemgunjung mu
    • Asep Rohimat
      22 Maret, 2022
      Profil: https://www.blogger.com/profile/13503791911000091655
      Benar itu bang gonta ganti ga bagus bang hehe