Cuan Dari Internet Bukan Sekedar Mitos Karena Semua Bisa Go Digital

Saya sudah ngeblog sejak tahun 2008 akhir. Banyak sekali suka duka yang dirasakan selama menjalaninya, dan selama itu pula komunitas blogging mengalami banyak perubahan ke arah yang semakin positif. Berkat ngeblog, saya mampu mengembangkan minat dan bakat ke arah yang lebih bermanfaat, salah satunya mendapatkan cuan alias keuntungan finansial yang tidak disangka sebelumnya.

Semua Bisa Go Digital

Di tahun 2011, berkat sering membaca blog-blog lain saat blogwalking, saya jadi menyadari bahwa peluang untuk mendapatkan uang lewat internet tidak lagi sekedar mitos. Beberapa peluang yang saya coba adalah melakukan monetasi blog dengan AdSense dan berjualan secara daring atau istilah bekennya sih punya online shop.

Fast forward ke tahun 2022, kini hal yang dianggap mitos itu semakin menjadi realita. Di era sekarang, apa-apa memang harus serba digital, kan? Bahkan sekolah pun mulai online sejak adanya pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 lalu. Banyak juga kantor yang menetapkan kebijakan WFH (Work From Home) yang mana karyawan hanya perlu bekerja dari rumah. Kebiasaan masyarakat yang terus bergeser ke arah digital ini membuat kita harus mampu beradaptasi agar tidak ketinggalan.

Tak terkecuali bagi kamu para pelaku UMKM, inilah saat yang tepat untuk go digital dengan cara membuat website toko online. Masyarakat kita semakin gemar berbelanja melalui smartphone. Manfaatkanlah momentum ini untuk melakukan strategi pemasaran yang lebih efektif, efisien, dan hemat biaya.

Atas pengalaman berjualan dan ngeblog itu, izinkan saya berbagi sedikit cerita saat mendapatkan penghasilan dari internet dengan memanfaatkan website. Mudah-mudahan bisa memotivasi.

1. Manfaat Kemajuan Internet

Sudah lebih dari 10 tahun berlalu sejak pertama kali saya mengenal cuan lewat internet. Perkembangan teknologi pun semakin canggih sehingga beberapa hal berat di tahun-tahun lampau mulai terasa ringan dan lebih mudah dilakukan. Apa saja sih memangnya? Inilah beberapa contoh nyata dari perkembangan internet yang memudahkan hidup saya.

1.1. Lebih Mudah Berjualan

Budget untuk marketing bisa ditekan seminimal mungkin karena saya bisa berpromosi lewat media sosial dan marketplace. Modal yang dikeluarkan hanya kuota internet dan kreatifitas saja. Tidak perlu tuh mencetak brosur seperti dulu. Saya ingat pernah pergi ke warnet untuk memakai printer dan mencetak brosur sederhana di kertas ukuran A4 dengan tinta hitam putih. Setiap lewat di tempat ramai, saya menyempatkan untuk menempel brosur di dinding. Kalau sekarang sih tidak perlu segitunya ya.

Meski berpromosi di media sosial dan marketplace, saya tidak lupa untuk membuat website sebagai wadah untuk memajang produk. Memiliki website sendiri membuat saya memiliki kendali penuh atas produk yang dijual.

Saya pun mulai belajar menggunakan WordPress agar bisa membuat toko online idaman. WordPress memiliki banyak plugin yang memudahkan dalam merancang tampilan antar muka, cek ongkos kirim, sampai sistem check out yang bisa dipasang dalam satu kali klik.

Cara Membuat Toko Online Murah
Toko online BJITA - Japan Anime Manga

Saya menjual pakaian dengan tema Jepang dan anime karena menyukai budayanya dan sering menonton acaranya. Yang awalnya sekedar hobi belaka ternyata bisa diubah menjadi usaha sampingan berkat kemajuan internet yang membuat semua bisa go digital.

1.2. Ngeblog Anti Ribet

Saya memiliki banyak blog. Kok banyak sih? Saya menulis beragam niche spesifik yang saling berbeda satu sama lain untuk setiap blog. Semakin banyak blog yang dibuat, semakin besar pula potensi pendapatan yang dihasilkan lewat AdSense.

Mengelola banyak blog tidaklah mudah. Maka dari itu saya memilih menggunakan WordPress untuk money site agar pengelolannya lebih efektif dan efisien. Keberadaan plugin pada WordPress sangat membantu dalam kegiatan ngeblog, terutama plugin SEO yang membuat artikel saya lebih mudah di-ranking oleh Google.

Kegiatan ngeblog ini cocok dilakukan oleh semua kalangan, baik tua maupun muda. Kalau kamu masih duduk di bangku sekolah, coba deh mulai menulis dari sekarang. Tuangkan dan sebarkan isi pikiranmu karena semua bisa go digital berkat internet. Jika blog mulai populer, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan sampingan melalui AdSense seperti saya.

2. Pilih Platform Website dan Blog

Saya menggunakan WordPress dengan alasan kemudahan dan harganya yang murah. Mudah karena banyak plugin yang membantu beragam aktivitas, murah karena saat ini terdapat Cloud Provider Indonesia yang menyediakan beraneka pilihan paket hosting harga terjangkau dan berkualitas.

Hosting yang dibeli tidak hanya bisa digunakan di 1 website atau 1 blog saja, namun bisa digunakan untuk beberapa domain lain juga. Dengan hitungan ini, artinya harga hosting akan terasa lebih murah lagi, bukan?

Layanan terbaru yang cukup menarik yaitu WordPress Hosting yang menyediakan panel khusus WordPress sehingga kamu bisa fokus dalam mengembangkan produk atau menulis blog. Tidak perlu memikirkan managemen infrastruktur ataupun akses control panel berkat fitur bernama serverless. WordPress dapat diinstall dengan mudah dan cepat dalam 30 detik saja.

3. Tips Memilih Penyedia Hosting

Kamu harus teliti dan bijak dalam memilih perusahaan penyedia hosting karena berbagai alasan. Beberapa poin di bawah ini patut dijadikan pertimbangan.

  • Support 24 Jam

    Sebagai pengguna, wajar jika kita menemukan kesulitan saat sedang menginstall atau mengoperasikan layanan hosting yang telah dipesan. Keberadaan customer service sangat penting karena merekalah yang akan membantu dan memandu sampai semua permasalahan selesai. Layanan yang tersedia penuh selama 24 jam sangat krusial karena kita tidak pernah tahu kapan kesulitan itu datang.

  • Performa Tinggi

    Tidak mau kan website atau blog jadi lelet saat dibuka atau bahkan sering down? Musibah ini berpotensi membuat kamu kehilangan traffic dan pengunjung. Pilihlah penyedia hosting yang memiliki performa tinggi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

  • Tingkat Keamanan Tinggi

    Penting sekali menjaga keamanan data dan informasi. Penyedia hosting harus memiliki layanan uptime 99.99% untuk menjamin kestabilan server tanpa khawatir terjadi gangguan. Fitur-fitur yang wajib ada yaitu sertifikat SSL, LiteSpeed Enterprise, Load Balancer, BitDefender AntiVirus & Firewall, Imunify360 Server Security, Support Support HTTP/3 & QUIC, dan daily backup untuk mencadangkan data.

  • Menggunakan Teknologi Baru

    SSD telah dipercaya sebagai tempat penyimpanan paling cepat dan aman. Namun tidak semua penyedia hosting telah memilikinya, ada juga yang masih menggunakan HDD. Demi mendapat hasil maksimal, pilihlah yang menyediakan sistem cloud dan optimized SSD storage.

  • Fitur Satu Kali Klik

    Fitur ini memungkinkan kamu untuk menginstall WordPress hanya dengan sekali klik saja berkat layanan Softaculous. Bikin website dan blog jadi mudah dan cepat, cuma butuh beberapa langkah saja untuk melakukannya.

  • Harga Murah dengan Spesifikasi Besar

    Sebagai pelaku UMKM yang masih belajar jualan lewat website atau personal yang baru memulai ngeblog, tentu modal yang dimiliki tidak terlalu besar. Ada kok penyedia hosting yang menyediakan pilihan paket harga terjangkau dengan spesifikasi yang besar. Kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya.

4. Semua Bisa Go Digital Dengan IDCloudHost

Dengan semua pertimbangan tersebut, saya merekomendasikan untuk menggunakan layanan cloud untuk bangsa milik sebuah perusahaan provider bernama IDCloudHost. Mereka mampu menjawab semua kegalauan saya yang telah dituangkan dalam poin-poin di atas.

Urusan harga pasti jadi pertimbangan alot kan? Coba deh cek harga yang mereka tawarkan. Kamu akan terkejut karena pilihan paketnya sangat budget friendly dengan spesifikasi yang bejibun.

Harga hosting IDCloudHost
Harga hosting IDCloudHost

Harganya ada yang cuma Rp 15.000 / bulan dong. Cocok banget untuk kamu yang baru mencoba jualan atau ngeblog. Keberadaan paket hosting ini bikin semua bisa go digital meski modal masih minim. Dan cek di bawahnya, di situ tertulis unlimited bandwith! Jadi aman deh kalau website atau blog kamu sedang kebanjiran pengunjung.

Selain hosting, terdapat juga layanan VPS dan dedicated server yang bisa dipilih saat website atau blog mulai memiliki banyak traffic harian atau saat menginginkan spesifikasi yang lebih besar lagi.

Metode pembayarannya pun beragam dan mudah. Kamu bisa menggunakan transfer bank, dompet digital, PayPal, bahkan bisa bayar melalui minimarket.

Itulah pengalaman saya dalam membuat website untuk toko online dan ngeblog menggunakan WordPress. Segera action dan jangan buang waktu lagi karena sekarang semua bisa go digital. Terima kasih kepada perkembangan teknologi yang pesat. Berkatnya, saya dan kamu bisa menikmati dunia internet yang luas ini dengan nyaman.

Banner Blog Competiotion 320x160

Artikel Terkait

5 komentar

Ikuti format penulisan berikut untuk menyisipkan elemen tambahan.
  • Menulis kode gunakan <i>kode</i>
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em>
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>
  • ⠀
    19/5/22
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14861092182195724906
    saran aja mbak igniel untuk theme seperti igniplex gratis lifetime update jadi tidak perlu bayar lagi untuk updatenya. pasti lebih rame yang beli mbak. sekedar saran aja mbak igniel hehe
    • Igniel
      20/5/22
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Sarannya ditampung.
  • Riedayme
    18/5/22
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06842964811765796933
    mantap sekali ini harus diatm nih warnanya
  • Rifqi
    13/5/22
    Profil: https://www.blogger.com/profile/18301344476097593206
    tambah mantaap templatenya🤤
  • Kincaid
    13/5/22
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00620754151629927068
    seperti biasa templatenya memanjakan mata