Mengatasi Artikel Tidak Muncul Sebagian di Homepage Blogger

Cara memperbaiki postingan hanya muncul sebagian atau cuma satu di halaman utama home Blogger (Blogspot). Lengkap dengan solusi agar copy tulisan dari Microsoft Word tidak rusak.
Mengatasi Artikel Tidak Muncul Sebagian di Homepage Blogger

Masalah yang sering ditemui oleh pengguna Blogger (Blogspot) adalah postingan tidak tampil sebagian di homepage. Jumlahnya tidak sesuai dengan pengaturan yang sudah ditentukan, alias ada postingan yang hilang. Ini mengakibatkan tampilan template jadi terkesan terpotong.

Kok bisa ya, padahal jumlah post sudah 10 tuh, tapi kok postingan hanya tampil satu di home? Sebelum sampai pada solusi, kita harus cari tahu dulu apa yang menyebabkan hal ini terjadi.


Penyebab

Setahu saya ada 4 hal yang menjadi penyebab artikel hanya muncul sebagian di halaman utama, yaitu:

  1. Ada kode HTML yang tidak tertutup sempurna.
  2. Karena artikel ditulis menggunakan Ms.Word lalu disalin ke text editor Blogger. Ketika dilakukan, ada kemungkinan sebagian tulisan tidak terkonversi dengan baik yang akibatnya kembali ke nomor satu di atas, yaitu ada tag HTML yang belum tertutup.
  3. Menuliskan javascript langsung di dalam artikel.
  4. Memang mengatur artikel homepage untuk muncul sedikit, misalnya satu saja.

Jika kamu tahu penyebab lainnya silakan tulis di kolom komentar.


Cek Pengaturan

Pertama, cek dulu yuk pengaturan blog. Siapa tahu kamu sendiri yang mengatur agar jumlah artikel di homepage cuma tampil sedikit. Trus kamu lupa buat mengubahnya. Untuk mengecek, pergi ke menu Tata letak (Layout) lalu cari kotak bernama Blog Posts. Klik tulisan Edit atau ikon pensil yang ada pada kotak tersebut.

Cara Memperbaiki Postingan Hanya Muncul Satu di Homepage

Lihat kotak bernama Jumlah postingan di halaman utama (Number of posts on main page) dan ganti angkanya sesuai keinginan lalu klik tombol Simpan (Save) di bawah setelah selesai.

Solusi Post Cuma Tampil Sedikit di Halaman Utama

Cara kedua adalah melalui menu Setelan (Settings) » Postingan, komentar, dan berbagi (Posts, comments and sharing). Lihat pada bagian Tampilkan sebanyak mungkin (Show at most) dan ubah angkanya sesuai keinginan. Jika selesai klik tombol Simpan setelan (Save settings).

Mengapa Posting Hanya Tampil Satu di Homepage Blogspot


Solusi Untuk Mengatasinya

Untuk memperbaiki kesalahan tersebut ternyata sangat sederhana. Cukup gunakan fitur yang bernama Jump Break bawaan Blogger. Cara ini benar-benar ajaib karena terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit error yang terjadi. Jump Break adalah fitur sederhana dari Blogger untuk memotong artikel di homepage. Simpanlah Jump Break di akhir paragraf pertama! Untuk menggunakannya bisa melalui Compose maupun HTML tergantung lebih suka mode yang mana ketika menulis.

a. Compose
Arahkan cursor pada akhir paragraf pertama. Lalu klik ikon kertas sobek seperti yang tertera di gambar berikut. Itu adalah ikon untuk fitur Jump Break. Setelah berhasil akan muncul garis patah-patah.

Fungsi Jump Break di Blogspot

b. HTML
Bagi kamu yang suka menulis langsung di mode HTML seperti saya, Jump Break disisipkan dengan cara menuliskan kode pemanggilnya, yaitu:

<!--more-->

Posisinya sama seperti sebelumnya, yaitu diletakkan di akhir paragraf pertama. Contohnya seperti gambar di bawah.

Memasang Read More di Blogspot


Saran Untuk Pengguna Microsoft Word

Ms.Word menjadi penyebab paling banyak atas timbulnya error ini. Word bukanlah program text editor melainkan word processor. Jika kamu menyalin semua isi tulisan Ms.Word ke Blogger, maka tidak hanya teks saja yang ikut tersalin, melainkan kode HTML di dalamanya pun akan ikut.

"Lho kan saya nggak nulis kode HTML apapun di Ms.Word. Kebawa gimana sih?"
Contohnya gini deh, ketika kamu menulis paragraf di Ms.Word, maka ketika disalin ke Blogger paragraf tersebut akan tampil lengkap dengan kode HTMLnya secara otomatis. Kemungkinan besar kodenya seperti ini ketika dicek di mode HTML.

<p>Ini paragraf pertama</p>
<p>Ini paragraf kedua</p>

Begitupun ketika (misalnya) membuat table. Kamu sih bikinnya memang cuma pake fitur yang ada di Ms.Word, tinggal klik-klik maka table akan tampil. Tapi ketika disalin maka table itu akan berubah menjadi kode HTML.

Ada kemungkinan kode itu tidak tertutup sempurna ketika selesai disalin. Pun bisa jadi karena ketidakcocokan kode yang ada di Ms.Word dengan kode di Blogger.

Solusinya adalah:

  1. Jangan menulis di Ms.Word lagi! Gunakan text editor yang benar-benar valid HTML seperti Notepad++, Wordpad, Atom, VS Code, atau Sublime Text.
  2. Menulis langsung di text editor Blogger.

Solusi di atas mungkin terdengar ribet apalagi bagi blogger yang murni menulis saja tanpa tahu tentang kode HTML, yang biasanya menulis apapun di Ms.Word. Kalau kamu tetap bersikeras mau menulis di Ms.Word dulu untuk nantinya disalin, saya masih punya solusi alternatif kok.


Agar Teks Dari Microsoft Word Valid HTML5

  1. Ketika akan menyalin ke Blogger, pastikan untuk memilih mode HTML terlebih dulu. Ingat ya, JANGAN mode Compose! Lalu setelah itu baru salin teks dari Ms.Word.
  2. Cara kedua yang bisa dicoba. Kamu bisa memilih mode Compose, lalu salin semua teksnya. Tapi sebelum dipublikasikan, teks harus diformat terlebih dulu. Blok semua teks lalu klik ikon huruf T (Remove formatting).
    Agar Teks Dari Ms.Word Valid HTML5

Hal di atas punya efek samping, yaitu semua format teks akan hilang. Misalnya teks yang diberi bold, pembuatan table, dan sejenisnya. Maka dari itu lebih baik JANGAN memberikan format apapun di Ms.Word. Lakukanlah di text editor Blogger langsung ketika tulisan selesai disalin.

Jika selesai dilakukan, harusnya masalah kamu sudah terpecahkan dan postingan tidak hanya muncul satu saja di homepage. Mulai sekarang tambahkanlah Jump Break di semua artikel untuk berjaga-jaga agar tidak ada error di kemudian hari. Saya sih selalu pakai.

17
Mengatasi Artikel Tidak Muncul Sebagian di Homepage Blogger
Mengatasi Artikel Tidak Muncul Sebagian di Homepage Blogger
Cara memperbaiki postingan hanya muncul sebagian atau cuma satu di halaman utama home Blogger (Blogspot). Lengkap dengan solusi agar copy tulisan dari Microsoft Word tidak rusak.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

17 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Haris Fauzi
    26 September, 2023
    Profil: https://www.blogger.com/profile/01368439600120135364
    Terimakasih...
  • Unknown
    29 Agustus, 2023
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09605876018397253289
    Thanks kak informasi nya kak
  • Pakarandroidin
    25 November, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/03967169882366637899
    Tambah pusing mikirin kode ngeblog susah ya? LaptopKW.blogspot.com
  • Oscar
    25 Agustus, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14486482407839814643
    Bagaimana mengatasi Judul artikel tida muncul di Google? Malah hanya Label yang muncul di Gsearch. Ada kah yang bisa bantu jawab?
  • Percetakan Express
    11 Mei, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04333548943975041384
    gambarnya goyang2 ... mau bagus jadi jelek !!
  • Cara Memilih Tempat Kursus Anak Dengan Tepat
    04 Maret, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/03370887808199570364
    Hai kak, terima kasih atas sarannya. Saya sudah coba mengikuti dengan insert jump break, tetapi tidak kunjung berhasil kak. Blog saya ketika di klik baca selengkapnya, muncul tulisan "Maaf, halaman yang Anda cari di blog ini tidak ada".

    Jika berkenan, boleh minta bantuannya ya kak untuk cek blog saya di link ini
    https://suppliermainananaksurabaya.blogspot.com/

    Semoga di notice ya kak, Terima kasih banyak sebelumnya, maaf merepotkan.
  • Nahwu Shorof Online
    09 Februari, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/16880826833980262229
    Template nya bagus
  • Weka Kanaka
    29 Januari, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14171273038188778084
    #comments suhu saya ada 4 artikel yg bermasalah dan gak nongol di home page halaman 1 ataupun 2, padahal normalnya ini artikel baru dipost seharusnya ada disekitaran halaman tersebut. Lalu saya sudah mencoba menghapus format dari salah satu artikel tersebut, namun tetap tidak muncul di home. Apakah saya harus menghapus format seluruh artikel suhu? terimakasih sebelumnya.
  • raztarman
    21 Januari, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04898223381243017649
    saya malah lupa mana artikel saya yang dulu pernah diimport dari word, saya gunakan word karena enak buat diarsip terlebih dahulu sebelum dipost ke blog dan auto save. ada tips buat nyari artikel yang bermasalah?
  • Hizbul Wathoni Ibnuma'rif
    19 Januari, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/05842933356080526444
    Hu. izin nanya. beberapa hari lalu saya mengganti template bloger menggunakan yang baru namun ada yang aneh. artikel saya hanya bisa muncul satu dengan narasi kalimat lengkap sementara puluhan lainnya ketika di klik tidak menampilkan apa-apa.(blank Polos). mohon pencerahannya? maturnuwun
  • Nashrullah Ali Fauzi
    10 Januari, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04233317025235383329
    Mas Taufik DTE pernah buat rich text editor, kita bisa menulis dan otomatis diformat HTML ketika dilihat kode sumbernya. Sehingga memang menjadi semantik ketimbang menulis di Word.
  • Sang Pelajar
    08 Januari, 2021
    Profil: https://www.blogger.com/profile/04488046326864689012
    blog saya memang seperti itu mas. Sudah saya coba jump break di compose tapi belum berhasil. Mohon pencerahannya mas.
  • Anonim
    Anonim04 Februari, 2020
    Thanks for quick reply man you are awesome it worked
  • Rian
    20 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/01230509647052706348
    masalah yang sering datang lupa penutup html saat membuat post dan memang itu bisa menjadi penyebab utama :3
  • Chugy
    10 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/02136317963626800019
    Asik blognya Euy ... sdah lm tdk ngeblog, liat blog ini jd pengen ngblog lagi ...
  • Djangkaru Bumi
    09 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00526825525563935443
    Cara yang mudah, dan saya juga pernah mengulasnya
    Menulis di aplikasi notepad, kayaknya lebih enak.
    • Sari Sarwono
      13 Desember, 2020
      Profil: https://www.blogger.com/profile/04418316615167460501
      halo kang.. lama ga ngobril..
      saya juga suka nulis di notepad. namun untuk beberapa hal, saya juga nulis di Word. Biasanya alasannya biar ada arsip saja. Karena kadang kalau pakai notepad, saya lupa save. kalo di word kan ada autosave nya.. Hanya saja, pas copas artikel harus ingat clear format.