Rencana Membuat Travel Blog untuk Dokumentasi Perjalanan

Tips mendapatkan uang dengan menjadi travel blogger. Salah satu syarat utama adalah membuat blog dengan memilih web hosting berkualitas agar bisa menampung banyak pengunjung dan blog tetap stabil (tidak sering down tiba-tiba).
Cara Menjadi Travel Blogger yang Sukses

Bagi yang mengenal saya di dunia nyata atau kebetulan mengikuti media sosial pribadi di Facebook, Instagram, dan Twitter, mungkin sudah tahu bahwa saya punya hobi selain blogging dan programming, yaitu traveling.

Meski masih pemula, saya lumayan intens melakoni hobi tersebut. Saya selalu menyempatkan diri untuk me-refresh otak dengan mengunjungi berbagai tempat, baik di kota tempat saya tinggal maupun luar kota.

Sebenarnya sejak dulu saya hobi jalan-jalan. Namun karena kesibukan dan keterbatasan, saya baru sering melakukannya sejak tahun 2017. Setidaknya sebulan sekali, bahkan bisa 2-3 kali dalam sebulan jika sedang ingin dan sempat.

Untuk tempatnya sendiri sih tidak spesifik ya. Kadang wisata kota, menjelajah alam, naik gunung, main di pantai, air terjun, atau lainnya. Dan kebetulan punya beberapa teman dengan hobi yang sama. Saya tidak berani melakukan solo traveling, jadi keberadaan partner traveling itu mutlak harus ada.


Alasan Ingin Membuat Blog Traveling

Tempat-tempat di pulau Jawa merupakan yang paling sering dikunjungi. Kalau di-list sudah lumayan banyak lah. Niatnya sih mau explore pulau Jawa dulu karena ternyata spot bagusnya banyak sekali. Saking banyaknya jadi belum sempat coba ke pulau lain. Selain juga keterbatasan waktu dan budget (nah ini masalah utamanya).

Saya bukan tipe pejalan yang semuanya harus serba glamour dengan pelayanan kelas satu. Malah lebih sering pergi dengan gaya backpacker. Alasannya adalah lebih ringkas, dan tentu saja hemat biaya. Backpackeran tidak melulu soal gaya traveling gembel tidak bermodal. Yang penting aman dan nyaman saja sih.

Dengan melimpahnya sumber informasi di internet, tidak jarang saya mendapatkan promo dan pergi ke suatu tempat dengan menghabiskan dana di bawah rata-rata tanpa menurunkan kualitas. Misalnya pernah menemukan penginapan 15 ribuan di Yogyakarta, naik pesawat ke Bali hanya 500 ribu pulang-pergi, naik kereta kelas eksekutif promo 1.000 perak dari Bandung ke Banjar, atau yang baru-baru ini ke Malaysia dengan pesawat 350 ribu pulang-pergi.

Cara Menghasilkan Uang Dari Travel Blog
@ Jurang Tembelan Kanigoro. Hemat budget besar-besaran di Yogya berkat penginapan 15 ribuan
Tips Sukses Membuat Blog Traveling
Saat dapat promo tiket pesawat ke Bali. Akibatnya biaya sisanya dipakai untuk mampir ke pulau Nusa Penida
Panduan Membuat Travel Blog Bagi Pemula
Kereta eksekutif sebagus ini cuma 1.000 perak lho!
Menjadi Traveler dan Mendapat Penghasilan dari Blog
@ Batu Caves. Akhirnya bisa ngerasain pergi ke luar negeri. Cuma 350 ribu pula tiket pesawatnya.

Keberadaan partner traveling sangat membantu menekan pengeluaran lho. Ketika pergi dengan teman, biaya untuk segala hal bisa dibagi rata. Misalnya biaya sewa kamar, sewa motor, sampai biaya makan (bisa ambil paket makan yang harganya lebih murah).

Karena latar belakang saya yang senang menulis, senang mencari info, dan senang jalan-jalan, rasanya kok kepikiran ingin membuat blog pribadi khusus untuk berbagi pengalaman traveling. Setidaknya bisa memberikan informasi tentang hotel atau penginapan murah, biaya akomodasi, rute jalan, cara mengatur budget agar bisa backpackeran hemat, dan info tempat-tempat menarik untuk orang lain yang sedang ingin jalan-jalan. Bagaimana menurut kamu?


Persiapan Membuat Blog Traveling Baru

Meski diluaran sana banyak travel blogger handal yang pengalamannya jauuhhhh lebih keren, tidak ada salahnya toh saya ikut mencoba. Pengalaman setiap orang kan pasti berbeda meski mengunjungi tempat yang sama.

Keinginan untuk membuat travel blog pribadi ini sudah ada sejak lama. Namun belum bisa terwujud karena berjibaku dengan kesibukan lain yang sedikit menyita waktu (terutama mengelola banyak blog).

Dan sepertinya, inilah saatnya....
Saya berencana menggunakan platform WordPress untuk blog baru. Alasannya supaya manajemen blog lebih mudah dengan bantuan plugin. Di blog pribadi ini hanya ingin fokus menulis, jadi pengoperasiannya haruslah sesimple mungkin.

Konsekuansi menggunakan WordPress haruslah menyewa hosting dan membeli custom domain TLD. Berbeda dengan Blogspot yang cukup membeli domain saja. Selain itu harus mencari hosting yang kuat menampung banyak visitor agar blog tidak sering down.

Saya sudah mulai mencari dan membandingkan web hosting berkualitas. Dari banyak list yang didapat, saya tertarik pada salah satu jasa hosting terpercaya di Indonesia, yaitu Niagahoster.

Banyak pertimbangan sehingga akhirnya memilih Niagahoster. Selain kualitas pelayanan yang mumpuni, Niagahoster juga sering memberikan promo domain dan hosting. Lumayan kan bisa hemat biaya.

Niat sudah, pemilihan platform sudah, pemilihan hosting pun sudah. Agar tidak sekedar rencana, sudah seharusnya saya mulai menulis. Saya perlu saran dari teman-teman nih mengenai blog baru yang akan dibuat. Mulai dari nama domain, isi konten, tampilan, atau lainnya. Boleh lho tinggalkan saran di komentar.

Semoga bisa segera terealisasi deh. Kan mubazir juga kalau perjalanan tidak terdokumentasi dengan baik.

8
Rencana Membuat Travel Blog untuk Dokumentasi Perjalanan
Rencana Membuat Travel Blog untuk Dokumentasi Perjalanan
Tips mendapatkan uang dengan menjadi travel blogger. Salah satu syarat utama adalah membuat blog dengan memilih web hosting berkualitas agar bisa menampung banyak pengunjung dan blog tetap stabil (tidak sering down tiba-tiba).
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

8 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Ryuusei
    16 Februari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/07123898444593098130
    Mas saya izin comot buat belajar buat theme blog btw abdi oge ti sukabumi parungkuda 😁
  • Minuki
    30 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/17216426145973668268
    Kenapa tidak pilih blogger mba
    • Sultan Bisnis Online
      31 Agustus, 2020
      Profil: https://www.blogger.com/profile/03857057477811086661
      Pertanyaan saya sama.

      Kenapa tidak pilih blogger saja?

      Toh blogger lebih tangguh dari segi hosting, 100% free, mudah di kustom, banwidth unlimited, bisa untuk monetize, dan masih sejibun lagi...

      Why not blogger?
  • M. Nur Khozin
    20 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06289561565126128790
    Rekomendasi theme untuk blog travelling mbak
  • Anonim
    Anonim18 September, 2019
    Di Tunggu Blog Baru Nya Mba, Kayamyah Bakalan Seru
  • Man
    18 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09871969664070629106
    aku sangat mendukung teteh buat bikin blog traveling, soalnya diriku pribadi juga punya impian buat traveling, jadi blog baru teteh bakal sangat berpengaruh dikehidupan aku.
    soal saran tampilan kalau untuk blog traveling mungkin lebih di tingkatkan kualitas dari thumbnail foto, rapi seperti galery gitu loh. foto seperti di postingan ini juga keren kalo dipakai di blog travel nya.
    soal nama aku payah sih wkwk
    • Igniel
      18 September, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Harus nyari temen yang jago foto nih berarti. Nggak bisa foto-foto soalnya. Makasih ya sarannya.
  • bagi pengalaman
    17 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00064183411085459586
    blog e hora umum apikke, wonderfully blog in the world...haaaaa