Memories: Membagikan Postingan atau Story Lama Instagram

Bagaimana cara memunculkan memories (kenangan) di Instagram agar bisa membagikan ulang postingan feed atau story lawas dari tahun-tahun lama yang sudah lewat.
Memories: Membagikan Postingan atau Story Lama Instagram

Instagram menjadi salah satu media yang digunakan banyak orang untuk mengunggah foto dan video yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang mengupload ke Instagram dengan alasan agar fotonya tetap utuh dan menghindari kejadian tidak diinginkan seperti terhapusnya semua file di dalam ponsel secara tidak sengaja.

Media sosial ini dengan cepat menjadi favorit banyak orang karena kemudahan dan beragam fitur yang ada di dalamnya. Salah satu hal keren yang ada di dalam Instagram adalah kemampuan untuk "mengingat" kejadian yang terjadi di tahun yang sudah lewat. Fitur ini dikenal dengan nama Memories (Kenangan).

Bernostalgia menjadi hal yang menyenangkan. Mengingat semua kenangan yang dulu terjadi bisa membuat kita senyum-senyum sendiri. Apalagi jika diabadikan dalam bentuk foto atau video, pasti deh kejadian tersebut bisa diingat dengan lebih baik.

Ada dua jenis Memories yang bisa dibagikan ulang, yaitu:

  1. Memories dari postingan di feed
  2. Memories dari story

Ini bisa menjadi senjata yang cukup ampuh untuk menaikkan interaksi dengan followers baru. Tahun lalu mereka belum follow kamu, jadi postingan lama tidak mereka lihat. Dengan membagikan ulang, followers baru akan melihat postingan tersebut. Blog igniel.com akan mencoba untuk menjelaskan keduanya secara lengkap. Ikuti terus sampai habis ya.


Share Ulang Postingan Feed Lama Instagram

Instagram akan memunculkan postingan yang kamu unggah di tahun yang sudah lewat pada tanggal yang sama dengan hari ini. Misalnya hari ini adalah tanggal 10 Agustus 2019, maka Instagram akan memunculkan notifikasi postingan pada tanggal yang sama, yakni 10 Agustus di tahun 2018. Postingan di tahun yang lebih lawas pun akan ikut muncul (2017, 2016, dll) selama di tanggal itu ada aktivitas posting.

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel masing-masing. Cek apakah disana ada notifikasi memories. Jika ada, ketuk saja.
    Cara Membagikan Postingan Lama Instagram ke Story
  2. Kamu akan langsung dibawa ke tampilan story, lengkap dengan foto atau video yang diposting di tanggal yang sama pada tahun yang sudah lewat. Ketuk sekali tepat di tengah gambar jika ingin mengubah ke gaya 2 (lihat gambar). Nantinya akan muncul warna latar putih lengkap dengan caption.
  3. Kamu bisa memberikan teks, stiker, gambar gif, menggeser posisi gambar, atau hal lainnya seperti biasa.
  4. Jika selesai mengatur pernak-pernik, ketuk tombol Send to (Kirim ke).
    Reshare Foto Lawas Instagram
  5. Beginilah tampilan dari memories Instagram yang berhasil dibagikan ke Instastory. Jika gambar diketuk maka pengunjung akan langsung dibawa ke postingan asli. Di bawah username pun ada keterangan bahwa foto itu berasal dari arsip lengkap dengan tanggal asli ketika postingan itu diunggah.
    Memunculkan Memories Instagram ke Story
Perlu diingat bahwa notifikasi memories hanya akan muncul jika ada postingan pada tanggal yang sama di tahun yang sudah lewat.

Share Ulang Postingan Story Lama Instagram

Berbeda dengan postingan yang harus ada di tanggal yang sama, story bisa dibagikan di tanggal berapapun selama story tersebut tersimpan di dalam arsip.

  1. Buka profil lalu masuk ke menu Archive (Arsip).
    How To Get Memories on Instagram
  2. Pada menu dropdown, pilih Stories Archive lalu pilih foto atau video story lawas yang ingin dibagikan ulang. Lalu ketuk Share (Bagikan).
    Cara Mendapatkan Memories IG
  3. Kamu akan dibawa ke halaman story. Disini bisa disisipkan pernak-pernik seperti biasa (teks, gambar gif, stiker, dll). Setelah selesai klik tombol Send to (Kirim ke). Pada bagian Your Story ketuk lagi Share (Bagikan).
    Bagaimana Cara Memunculkan Kenangan Instastory
  4. Begini tampilan dari story lama yang berhasil dibagikan ulang. Disana terdapat informasi tanggal asli ketika story pertama dipublikasikan.
    Membagikan Cerita Dari Arsip IG

Itulah penjelasan lengkap bagaimana caranya membagikan arsip atau postingan lama ke cerita Instagram. Silakan berikan komentar di bawah jika ada hal yang kurang dimengerti.

6
Memories: Membagikan Postingan atau Story Lama Instagram
Memories: Membagikan Postingan atau Story Lama Instagram
Bagaimana cara memunculkan memories (kenangan) di Instagram agar bisa membagikan ulang postingan feed atau story lawas dari tahun-tahun lama yang sudah lewat.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

6 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Genara Code
    09 September, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/08242140655478003481
    Sangat bermanfaat neng. Hatur nuhun. Kalo mau download video story bagaimana?
    • Igniel
      09 September, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Silakan kesini kang
      https://www.igniel.com/2019/06/download-instagram-story-tanpa-apikasi.html
  • Djangkaru Bumi
    21 Agustus, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/00526825525563935443
    Saya jarang memperhatikan tools instagram. Ternyata postingan lama bisa dibagikan ulang. Berarti ya hampir mirip dengan facebook ya
    • Igniel
      09 September, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Iya. Sejak mereka ada di satu induk perusahaan, antara Instagram dan Facebook suka saling "contek" fitur satu sama lain.
  • Tia
    12 Agustus, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/07678963710196570356
    Kak igniel, iklan tengah artikel yang di scroll ada lalu hilang itu iklan apa namanya. Kalau gak salah dipake di tribun sama grid juga. Kasih tau dong saya juga pengen pake iklan itu kak..
    • Igniel
      13 Agustus, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Namanya iklan parallax. Silakan digoogling.