Cara Menghemat Kuota Data Internet di Instagram

Tips mengirit penggunaan data saat bermain Instagram agar kuota lebih hemat sehingga bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk membeli pulsa internet.
Cara Menghemat Kuota Data Internet di Instagram

Instagram adalah aplikasi media sosial favorit untuk saling berbagi foto dan video. Karena kontennya yang menampilkan visual tersebut, maka data internet yang diperlukan menjadi lebih banyak. Bisa dibayangkan jika sering membuka Instagram, maka konsumsi kuota pun menjadi lebih boros.

Berselancar dan mengeksplor feed Instagram memang menyenangkan. Selain bisa menambah wawasan juga bisa menjadi hiburan di kala waktu luang. Terkadang kita menjadi lupa waktu dan lepas kendali. Pernahkan terpikirkan berapa banyak data yang habis hanya untuk membuka Instagram saja?

Rasanya banyak yang tidak sadar bahwa aplikasi Instagram di ponsel berperan penting dalam terkurasnya kuota dalam waktu cepat jika digunakan terlalu sering. Ada baiknya jika kamu mulai mengaktifkan fitur penghemat data agar pengeluaran biaya untuk membeli paket internet bisa berkurang dan hidupmu semakin hemat. Ada beberapa cara yang bisa dicoba dan blog igniel.com akan menjelaskannya dengan rinci.


1. Aktifkan Fitur Penghemat Data

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Instagram sendiri yang bernama Use Less Data atau dalam bahasa Indonesia disebut Gunakan Data Lebih Sedikit.


  1. Buka Instagram di ponsel dan pastikan sudah login.
  2. Ketuk ikon user di pojok kanan bawah, lalu ketuk lagi ikon garis tiga, terakhir ketuk menu Settings (Pengaturan) di pojok kanan bawah.
    Hemat Kuota Instagram
  3. Ketuk menu Account (Akun) dan pilih menu Cellular Data Use (Penggunaan Data Seluler)
    Cara Aktifkan Fitur Hemat Data IG Android
  4. Aktifkan fitur Data Saver (Penghemat Data) dengan mengetuk atau menggeser ikon yang tersedia sampai berubah menjadi warna biru.
    Mengurangi Pemakaian Data Internet Instagram
  5. Dan satu lagi nih yang perlu diatur yaitu High Resolution Media (Media Beresolusi Tinggi). Artinya Instagram bertanya, "kapan media dengan resousi tinggi harus ditampilkan?"
    Disana terdapat pilihan, apakah akan diaktifkan ketika kamu memakai WiFi Only (WiFi Saja), Cellular + WiFi (Seluler + WiFi), atau Never (Tidak Pernah) alias jangan diaktifkan sama sekali. Untuk semakin menghemat data lebih baik pilih Never. Nantinya semua media seperti foto dan video akan ditampilkan dalam resolusi yang lebih rendah. Namun sepengalaman saya tampilannya sama saja kok, tidak membuat buram sama sekali.
    Instagram Menghabiskan Kuota?

Pembatasan Penggunaan Data di Belakang Layar

Dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan istilah restrict background data. Maksudnya apa sih? Artinya adalah aplikasi akan tetap bekerja di belakang layar meski sedang tidak dibuka. Dia akan tetap memakan data internet untuk berbagai keperluan.

Sering kan mendapatkan notifikasi live Instagram, notifikasi jika ada Direct Message (DM) alias pesan masuk, atau pemberitahuan lain ketika ada yang like atau komen postingan? Nah, itu sebenarnya Instagram sedang bekerja meski aplikasinya sedang tidak dibuka. Dia mengumpulkan data yang keluar masuk dan mengirimkan pemberitahuannya ke ponsel kamu. Dan itu membutuhkan data internet.

Jika ponselmu hidup selama 24 jam terus menerus, maka data akan selalu dikonsumsi. Padahal kamu tidak setiap saat buka Instagram tapi tetap saja kuota berkurang. Untuk menyiasatinya lebih baik aktifkan fitur restrict background data yang sudah pasti ada di semua handphone.

  1. Buka Settings (Pengaturan) smartphone masing-masing dan pergi ke menu Apps (Aplikasi). Cari aplikasi Instagram dan ketuk ikonnya.
    Membatasi Penggunaan Kuota Data Instagram
  2. Ketuk menu yang bernama Data usage (Penggunaan data) lalu matikan fitur Background data (Data belakang layar) dengan cara mengetuk atau menggeser ikon ke arah kiri.
    Tips Irit Kuota Bermain IG

Kelebihan Kekurangan
Jauh lebih menghemat kuota. Data internet akan aktif hanya saat membuka aplikasi. Bisa jadi tidak ada notifikasi yang masuk karena tidak ada data yang mengalir ke aplikasi Instagram. Kamu tidak akan tahu jika ada yang memberikan like / komentar atau DM sampai membuka aplikasi.

Aktifkan Fitur Pengingat Waktu

Ini adalah fitur yang fungsinya untuk memunculkan notifikasi peringatan jika sudah mencapai durasi tertentu saat bermain Instagram. Sangat bermanfaat membantu pengguna agar tidak terlalu membuang waktu dan menghindari kecanduan. Kamu bisa menemukan panduannya di artikel yang berjudul Cara Aktifkan Pengingat Waktu Untuk Membatasi Pemakaian Instagram. Semakin sedikit waktu yang dihabiskan, maka semakin hemat pula data yang dikeluarkan.

Itu dia artikel lengkap tentang tips mengirit penggunaan kuota data internet saat bermain Instagram. Semua hal yang serba berlebihan memang tidak baik. Oleh sebab itu mari kita kurangi membuka media sosial sedikit demi sedikit dan mulailah menggunakannya untuk hal yang lebih positif. Kebaikan dapat disebar melalui media apapun termasuk Instagram.

4
Cara Menghemat Kuota Data Internet di Instagram
Cara Menghemat Kuota Data Internet di Instagram
Tips mengirit penggunaan data saat bermain Instagram agar kuota lebih hemat sehingga bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk membeli pulsa internet.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

4 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • ADMIN
    20 Oktober, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/02212149667719722745
    Mantap
  • Sadiq
    18 Juli, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14353847882208369878
    Helpful article..
    Please bro igniel, which app do you use in showing demo arrow on image?

    App name please. 🙏
    • Igniel
      18 Juli, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      The arrow is just an image. I use Photoshop to edit all of the picture.
    • Sadiq
      18 Juli, 2019
      Profil: https://www.blogger.com/profile/14353847882208369878
      Hey miss igniel, thanks for your feedback. Can you pls drop a short video for me here on how to do that? I will be really grateful if you can do that for me.

      Will be happy to hear a positive response from you.
      Thanks.