Cara Membuat Website Menggunakan Wordpress dengan Domainesia

Panduan lengkap bagi pemula untuk membuat website dengan menggunakan CMS Wordpress dari awal install sampai benar-benar menjadi situs yang bisa diakses. Disertai informasi tempat beli domain dan hosting murah.
Panduan Lengkap Membuat Website Menggunakan Wordpress

Di jaman serba online seperti sekarang ini, kebutuhan orang-orang terhadap pembuatan website sangat tinggi. Website seringkali dijadikan sarana menghasilkan uang di internet, personal branding, membangun citra perusahaan dan lain sebagainya. Semua fasilitas yang ada sangat memudahkan jika kamu ingin membuat website. Kamu bisa membuat website sendiri maupun menggunakan jasa orang lain. Pilihan kedua banyak dilakukan orang mengingat banyaknya perusahaan ataupun perorangan yang membuka jasa pembuatan website profesional di forum maupun toko online.

Bagi seorang pemula pastinya akan mengalami kesulitan dalam membuat website karena terdapat istilah-istilah yang asing mereka dengar. Kemampuan teknis diperlukan dalam membuat website profesional yang menarik. Walaupun begitu, tetap saja ada kemungkinan besar seorang pemula dapat membuat website dengan platform Wordpress. Mengingat ada banyak sumber referensi yang bisa dipelajari di internet, contohnya seperti artikel yang sedang kamu baca saat ini.


Jenis CMS

Mengingat betapa pentingnya CMS (Conten Management System) dalam sebuah website, maka kamu harus betul-betul memilih CMS yang handal dan disukai. Diantara sekian banyak CMS seperti Joomla, Drupal dan lain-lain, satu yang paling terkenal adalah Wordpress. Platform Wordpress adalah software CMS yang banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Wordpress merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang masih pemula dalam membuat website. Platform ini mempunyai performa yang sangat baik dalam mendukung website bertrafik medium dan rendah serta mempunyai skalabilitas yang memadai. Ada banyak website terkenal di dunia yang memakai CMS Wordpress, antara lain NBC, Techcrunch, TED, CNN, TIME Magazine dan masih banyak lagi.


Keunggulan Wordpress

Adapun yang menjadi kelebihan CMS Wordpress antara lain:


1. Gampang Diinstal

Mayoritas perusahaan penyedia hosting mempunyai pilihan CMS Wordpress sebagai software untuk menginstall website. Biasanya hanya satu klik saja, Wordpress dapat diinstal dengan mudah. Pihak penyedia jasa hosting umumnya merekomendasikan Wordpress dikarenakan kepopulerannya.


2. Open Source dan Komunitas yang Sangat Kuat

Wordpress mempunyai komunitas dan open source yang kuat. Terdapat beberapa plugin dan theme gratis yang panduannya sangat lengkap dan dapat digunakan tanpa biaya tambahan. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat website yang lebih menarik dan canggih.

Disamping banyak plugin dan theme gratisan, terdapat juga plugin dan themes premium dengan harga yang tidak mahal. Jika mengalami masalah di tengah jalan tidak perlu cemas karena pihak Wordpress menyediakan pelayanan dan support yang handal.


Cara Membuat Website Wordpress

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa langkah dan cara membuat website Wordpress dari awal sampai jadi untuk pemula.


1. Menentukan CMS

CMS, singkatan dari Content Management System, merupakan sebuah sistem atau platform software mekanis dalam membuat, menerbitkan, maupun mengelola konten di website. Provider hosting akan memberitahukan kepada kamu bagaimana cara menginstall CMS agar nantinya bisa digunakan untuk membuat website berbasis Wordpress.

Setelah melakukan install CMS sesuai yang diperintahkan pihak provider, kamu dapat login ke website yang telah dibuat tadi. Kamu mulai bisa menambahkan konten seperti teks, gambar, foto, video, ataupun jenis konten lainnya seperti halaman produk.

Kamu juga bisa memilih template atau theme yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kecocokan dengan jenis topik website. Supaya website memiliki performa maksimal, kamu dapat menambahkan plugin sosial media atau plugin lainnya ke dalam website. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan CMS.


2. Menentukan Domain

Berikutnya setelah menentukan CMS adalah menentukan nama domain yang hendak dipilih. Untuk nama domain pastinya dipilih berdasarkan nama yang dicari banyak orang dengan melakukan riset kata kunci berdasarkan niche tertentu. Untuk niche website, pilihlah satu topik yang benar-benar sangat dikuasai dan disukai. Misalkan topik bisnis, hobi, personal dan lainnya. Sehingga kelak sangat memudahkan dalam perkembangan website ke arah lebih baik dalam menghasilkan uang. Untuk ekstensi diomain bisa menggunakan dot net atau dot com yang sangat populer.


Cara Install CMS WordPress Untuk Membuat Website dengan Cepat


3. Menentukan Hosting Murah

Berikutnya memilih jenis hosting. Kamu dapat menggunakan Cloud Hosting, Dedicated Server Hosting, VPS maupun Shared Hosting. Salah satu yang direkomendasikan sebagai tempat beli hosting murah www.domainesia.com/hosting.


4. Melakukan konfigurasi pada Wordpress

Demikianlah gambaran singkat panduan lengkap dan cara membuat website Wordpress sampai jadi untuk pemula. Semoga memberikan manfaat bagi kamu semua yang ingin membuat website dari awal sampai akhir.

Sumber: DomaiNesia

5
Cara Membuat Website Menggunakan Wordpress dengan Domainesia
Cara Membuat Website Menggunakan Wordpress dengan Domainesia
Panduan lengkap bagi pemula untuk membuat website dengan menggunakan CMS Wordpress dari awal install sampai benar-benar menjadi situs yang bisa diakses. Disertai informasi tempat beli domain dan hosting murah.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

5 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Joker Face
    22 Januari, 2022
    Profil: https://www.blogger.com/profile/06337519103515086077
    Good code em comment? share me
  • Innovanto
    12 Mei, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/12630806502897381574
    Keren ka Igniel
  • LK21
    03 April, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09355765791714082936
    kurang lengkap mba, coba bagi tutorialnya yang step by step biar lebih paham
  • Muhamad
    01 April, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/18444108684555365365
    mbak kalo boleh tau compress gambar nya pakai apa yah? makasih
  • Resep Kuliner
    12 Maret, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14007676524109096242
    Sekalian post juga cara migrasi blogspot ke wordpress kk...