Pengertian Lengkap dan Macam-macam Tipe Web Hosting

Pengertian dan penjelasan lengkap tentang berbagai macam web hosting beserta jenis dan tipenya. Berapa harga sewa hosting yang gratis dan murah di Indonesia.
Pengertian Lengkap dan Macam Tipe Web Hosting

Adalah hal yang wajar apabila orang yang tidak berkecimpung di dunia online atau dunia komputer tidak tahu mengenai tipe web hosting. Untuk itu, sebelum seseorang tersebut terjun ke dunia online, alangkah baiknya mempelajari terlebih dulu apa yang dibutuhkan supaya tidak asal langkah saja saat benar-benar memutuskan untuk terjun.

Jika diharuskan menjawab secara simple, hosting adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan file di sebuah tempat di internet. File yang disimpan tersebut nantinya bisa diakses dengan menggunakan koneksi internet kapanpun dan dimanapun. Data yang disimpan dalam sebuah hosting dapat berupa video, dokumen, audio, dan juga foto.

Usai mengetahui pengertian hosting, maka saatnya kita membahas mengenai macam-macam jenis layanan webhosting seperti di bawah ini.

Jenis Hosting yang Paling Baik
Mana Jenis Hosting yang Paling Baik?


Web Hosting Gratis atau Free Hosting

Pengertian dan macam-macam dari jenis server hosting di dunia komputer yang pertama adalah Free Hosting. Kamu dapat dengan mudah mencari layanan web hosting dan domain gratis ini di internet. Tinggal mencarinya di mesin pencari seperti Google atau lainnya. Biasanya penyedia web hosting gratis ini diberikan sebagai promosi dari layanan yang disediakan oleh mereka. Apabila ingin menggunakan ataupun berpindah fasilitas yang disediakan penuh maka harus membayar biaya tambahan dengan mengupgradenya.


Web Hosting Berbagi atau Shared Hosting

Jenis hosting yang satu ini merupakan jenis yang paling sering digunakan. Bahkan hosting ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan di dunia. Kenapa? Sebab shared hosting ini terbilang murah dan juga punya layanan yang dapat mencukupi segala kebutuhan. Pelanggannya sendiri dari mulai bisnis kecil sampai bisnis menengah.

Hal ini tergantung dengan jenis website. Biasanya untuk mendapatkan layanan web hosting ini kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar 100 sampai 200 ribu untuk mendapatkan ruang berkapasitas 2GB-7,5GB dengan bandwith yang unlimited. Hal ini tentu sangat menguntungkan.


VPS Web Hosting

Salah satu dari pengertian dan juga macam-macam jenis server di dunia komputer yang ketiga adalah VPS Web Hosting. Layanan yang satu ini sangat tepat untuk kamu yang mempunyai situs atau website dengan traffic ramai. VPS Web Hosting adalah jalan tengah terbaik apabila share hosting sudah tidak bisa lagi menampung dan dedicated server terlalu mahal di kantong. VPS sendiri merupakan singkatan dari Vertual Private Server. Dengan kata lain, kamu seperti memiliki server sendiri untuk situs yang dikelola. Keuntungannya, kamu punya kontrol yang lebih dalam seperti Dedicated Server.


Dedicated Web Hosting

Dedicated Web Hosting (Dedicated Server) merupakan sebuah layanan yang paling diinginkan oleh para webmaster. Sebab server yang satu ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melakukan handle atas traffic yang sangat banyak. Tak hanya itu, fiturnya pun sangat baik dan bersifat premium. Di sini kamu akan merasa sangat istimewa karena dapat mengontrol penuh server ini meski statusnya hanya menyewanya.

Jenis dan Tipe Web Hosting
Tipe Web Hosting


Managed Web Hosting

Managed Hosting (Web Hosting Terkelola) merupakan web hosting yang dikhusus kan untuk situs dengan platform yang sama. Contohnya seperti Managed WordPress Hosting, maka webhosting tersebut hanya dikhususkan bagi situs-situs yang dibuat dengan WordPress saja. Webhosting jenis ini terbilang lebih aman dan memiliki kinerja yang lebih optimal. Kebanyakan penyedianya merupakan orang-orang yang benar-benar paham akan platform yang digunakan. Untuk itu masalah yang dialami di kemudian hari bisa mendapatkan penanganan yang tepat dari tim mereka. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan beragam pengaturan, mulai dari installasi WordPress itu sendiri hingga setting yang lainnya.

Dengan menggunakan webhosting terbaik merupakan salah satu bekal paling penting dalam mengembangkan sebuah situs web, baik itu personal website, website bisnis, blog dan lainnya. Tidak bisa dipungkiri jika hosting memiliki peran yang penting dalam menentukan masa depan suatu website dengan konten yang beragam. Tidak hanya berkaitan dengan kecepatan akses, kualitas hosting pun akan berdampak pada impelementasi SEO dan juga kepuasan para pengguna website kamu.


Dimana Tempat yang Tepat Untuk Menyewa Hosting?

Di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia hosting yang bermunculan. Namun ingat, tidak semua penyedia hosting tersebut memiliki kredibilitas yang baik untuk membantu kamu dalam mengembangkan website ke depannya. Untuk itu sebelum memutuskan membeli hosting di sebuah penyedia layanan, akan lebih baik melakukan cek dan ricek terlebih dulu. Sebab dikhawatirkan penyedia kurang kompeten dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Tidak hanya soal kualitas penyedia hosting, kamu pun harus memperhatikan harga yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Biasanya harga yang dipatok tidak terlalu jauh, hanya saja fasilitas yang diberikan berbeda di tiap penyedia hosting. Nah, fasilitas inilah yang harus diperhatikan. Pastikan fasilitas dan pelayanan yang kamu dapatkan sesuai dengan harga yang akan dibayarkan.

Berbagai Tipe Web Hosting
Tipe Web Hosting

Selain itu jangan mudah tergiur dengan harga hosting yang terbilang murah. Sebab harga murah tersebut belum tentu bisa menjamin kelangsungan website di masa depan. Terlebih jika akan dijadikan website bisnis yang tentunya memerlukan branding yang kuat agar rasa kepercayaan tertanam dibenak pengunjung. Tidak ada salahnya untuk merogoh kocek lebih dalam demi masa depan website yang lebih baik.

Apabila kamu belum menemukan tempat yang tepat untuk menyewa hosting, maka saya merekomendasikan untuk menyewanya di IDWEBHOST. Website tersebut sangat populer dan sudah banyak banyak pelanggan yang puas akan pelayanan yang diberikan. Tidak hanya itu, harga yang dipatok tentu cukup bersaing dengan penyedia yang lainnya. Tidak perlu khawatir soal masa depan website jika menyewa hosting di website yang satu ini.


Tentukan Nama Domain yang Tepat

Jika hosting sudah didapat, jangan lupa untuk menentukan nama domain. Memilih nama domain tidak semudah yang dikira. Sebab nama domain nantinya akan menjadi identitas kita di dunia online. Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan nama domain. Salah satu yang harus diperhatikan adalah nama domain tersebut harus sesuai dengan isi website yang akan dibuat. Nama domain pun harus unik supaya pengunjung tidak kesulitan saat mengingat nama website.

Itulah dia pengertian lengkap dan macam tipe web hosting yang umum dipakai dan dijual secara luas. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang masih bingung terkait dengan hosting maupun domain.

2
Pengertian Lengkap dan Macam-macam Tipe Web Hosting
Pengertian Lengkap dan Macam-macam Tipe Web Hosting
Pengertian dan penjelasan lengkap tentang berbagai macam web hosting beserta jenis dan tipenya. Berapa harga sewa hosting yang gratis dan murah di Indonesia.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

2 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Asep Rois
    06 Desember, 2020
    Profil: https://www.blogger.com/profile/13168388978888186268
    idwebhost memang top
  • Bodreksen
    29 September, 2020
    Profil: https://www.blogger.com/profile/02944694333084133709
    constantly i used to read smaller articles or reviews that
    also clear their motive, and that is also happening with this post which I am reading now.
    poker online
    https://199.192.30.191/
    https://199.192.31.253/
    https://199.192.31.174/