Hal-hal Sederhana Untuk Mendatangkan Inspirasi Menulis Agar Konten Blogmu Naik Kelas

Saya sudah mulai ngeblog sejak tahun 2008. Dulu dimulai dengan curhat biasa ala anak remaja. Nggak disangka ternyata rame juga. Banyak yang berkunjung dan kasih komen di setiap artikel. Komentar dari pembaca adalah suntikan energi dan sumber kebahagiaan nggak terbatas yang membuat seorang blogger menjadi semangat untuk menulis. Bener lho, coba deh kamu rasakan sendiri sensasinya seperti apa.

Tips Mendatangkan Inspirasi Menulis Blog

Hingga akhirnya sekarang berubah haluan menjadi blogger yang fokus membahas tutorial seputar dunia internet dan blogging. Tujuan awalnya karena saya memang sedang belajar soal itu, dan blog dimanfaatkan sebagai "jurnal pribadi" untuk menyimpan dan mencatat pelajaran apa saja yang sudah didapat. Sambil belajar, tentu lebih baik kalau sekalian dipublikasikan agar ilmunya bisa tersalurkan ke banyak orang yang sedang belajar hal serupa. Dan nyatanya konten tutorial lebih berfaedah daripada sekedar curhatan. Ketika berhasil membuat konten yang lebih baik itulah artinya blog kamu sudah naik kelas.

Sepanjang perjalanan tersebut, satu hal yang nggak pernah berubah: konsistensi. Iya, saya berusaha konsisten untuk terus menulis. Itu pun nggak asal publish aja lho. Jangan sampai karena saking pengennya kejar setoran biar jumlah postingan banyak, kamu nulisnya asal-asalan dan nggak berbobot. Ini harus dibarengi dengan isi tulisan yang berkualitas dan memberikan kepuasan batin pada pembaca.

Memang sih gampang-gampang susah. Apalagi kalau sudah stuck dan nggak ada yang satupun ide yang mengalir. Kalau sudah begitu, apa kamu mau menyerah dan membiarkan blog menjadi satu dari sekian banyak bangkai di lautan internet? Oh nggak dong! Jangan cepat putus asa gitu. Ada kok beberapa hal sederhana yang bisa memancing ide agar kamu produktif dalam menulis konten.

1. Bangun Pagi dan Jangan Begadang

Ini hal yang selalu saya ingat sejak kecil. Guru saya pernah bilang kalau waktu belajar yang paling efektif adalah pagi hari ketika pikiran masih fresh. Kalau kamu menulis dengan kepala yang masih segar, ide akan mengalir dengan lancar. Hindari begadang karena pasti besoknya bakal susah bangun pagi. Plus memang nggak baik buat kesehatan.

2. Banyak Membaca

Serius deh, membaca itu membantu banget dalam mengundang inspirasi. Semakin banyak membaca, semakin banyak informasi dan kosakata yang masuk ke kepala. Wawasan kamu akan semakin bertambah dan ide untuk menulis akan semakin banyak. Nggak melulu harus baca yang serius kok. Novel, berita di internet, bahkan komik sekalipun bisa menjadi makanan untuk otak. Bacalah apapun selama isinya positif. Jalan-jalan ke blog lain pun oke banget tuh. Kamu bisa melihat bahwa ternyata setiap blogger punya ciri khas tersendiri, biasanya tersirat dari pemilihan kata dalam artikelnya. Siapa tau salah satu diantaranya bisa menjadi inspirasi. Jangan lupa berikan komentar. Seperti kata saya di awal paragraf, komentar pembaca itu sumber kebahagiaan.

Banyaklah membaca agar kamu banyak menulis.

3. Sesekali Pergi Ke Luar Rumah

Misalnya ke perpustakaan, kafe, atau tempat lain yang disukai. Biasanya inspirasi akan muncul ketika kamu mendapatkan suasana baru.

Tips Menulis Bagi Blogger Pemula

4. Rajin Nonton Youtube

Lho, kok? Iya, kamu nggak salah baca. Blogging nggak melulu soal menulis. Untuk membuat konten semakin menarik, kamu harus menghiasinya dengan berbagai pernak-pernik dan aksesoris. Misalnya gambar ilustrasi yang bagus, infografis, atau bahkan video interaktif yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Saya ngerti, nggak semua blogger bisa membuat gambar atau video (karena saya sendiri pun begitu). Makanya kita harus sama-sama belajar. Dan sumber terbaik untuk mempelajari hal tersebut adalah melalui Youtube. Disana kamu akan menemukan buanyyyakkkkkkk (saking banyaknya) banget tutorial mengenai editing. Diikuti saja tutorialnya pelan-pelan, toh itu buat isi konten kamu juga nantinya.

5. Latihan Menulis

Dan semuanya itu bermuara pada hakikatnya, yaitu menulis. Semua ide dan inspirasi yang datang digunakan untuk membuat tulisan yang berkualitas. Latihan menulis bisa dilakukan dengan membuat beberapa blog. Anggaplah kamu mempunyai 3 blog: A, B, dan C. Tulislah sehari minimal satu artikel di satu blog. Contoh: hari Senin tulis di blog A, Selasa blog B, Rabu blog C, Kamis blog A, dan seterusnya. Selain sebagai sarana latihan, buatlah aktifitas ini menjadi rutinitas sehari-hari agar nantinya kamu bisa menjadi pembuat konten yang produktif dan bisa menulis tanpa henti.

Faktor Penunjang Yang Membantu Menciptakan Konten Berkualitas

Senjata utama seorang blogger sudah tentu laptop. Makanya penting banget nih memilih alat tempur yang pas. Pasti nggak mau dong punya laptop yang performanya jelek banget. Bisa-bisa idenya keburu kabur duluan karena laptopnya lemot dan susah dipake ngetik maupun bikin ilustasi.

Trus laptop apa sih yang fiturnya mumpuni dan desainnya kekinian biar keren kalau dibawa ke kafe? Kamu bisa coba ASUS VivoBook A407 untuk mendukung produktifitas yang tinggi. Berikut fitur kerennya yang bakal bikin kamu ngiler.

Tips Membuat Konten Blog Berkualitas

Baterai Yang Awet dan Irit

Kesel kan kalau lagi mencari inspirasi dengan baca artikel atau nonton Youtube tiba-tiba laptopnya mati. Makanya daya tahan baterai ini penting banget untuk menghindari hal ngeselin kaya tadi. Apalagi kalau kamu tipe orang yang mesti keluar rumah untuk memburu ide. Kalau punya laptop yang baterainya awet, kamu nggak perlu bawa-bawa charger segala. Cukup isi sekali di rumah dan kamu siap pergi keluar tanpa cemas laptopmu akan mati ditengah jalan. Pengisian daya cepat hingga 60 persen hanya dalam 49 menit.

Tipis Dan Ringan

Menyambung hal diatas, beban bawaanmu ketika pergi keluar menjadi semakin ringan karena tebalnya 21.9mm dan berbobot 1.55kg saja. Tergolong sangat ringan untuk ukuran laptop 14 inch.

NanoEdge Display

Bezel laptop ini tuh tipis banget, cuma 7.1mm dengan rasio layar-ke-tubuh 73,8%. Ini membuat ukuran laptop menjadi semakin kecil sehingga layarnya terkesan lega. Lagi-lagi sangat membantu untuk kegiatan mobile. Nggak ribet dibawa kemana-mana.

Cara Membuat Konten Blog Berkualitas

Fingerprint Sensor

Sebagai blogger, kamu pasti punya banyak tulisan, foto, maupun video yang bersifat pribadi. Maka keamanan laptop menjadi hal yang patut diperhatikan agar data nggak gampang tercuri. Fitur keamanan canggih di laptop VivoBook A407 sudah dilengkapi fingerprint sensor yang hanya membutuhkan sidik jari yang bahkan bisa digunakan saat tangan basah, menjadikan data lebih aman dan proses login lebih cepat karena nggak perlu ngetik kata sandi manual.

Tips Agar Produktif Menulis Konten Blog Setiap Hari

Aktifitas Multimedia

Untuk membuat gambar atau video sebagai pendukung konten, diperlukan laptop dengan spesifikasi memadai agar kegiatan editing semakin lancar. Dalam perangkat ini tertanam sistem operasi Windows 10 dengan prosesor Intel Core i3-6006U 2.0 GHz, RAM DDR4 4GB yang masih bisa diupgrade hingga 8GB, serta prosesor grafis terbaru Nvidia MX110 yang bisa bekerja untuk multimedia dan game casual. Spesifikasi ini oke banget kalau buat edit gambar dan video.

Bagaimana Agar Rajin Menulis Blog Tiap Hari

Hard Disk Super Lega

Ini gokil sih. Ukurannya 1TB HDD lho! Gede banget! Kamu bisa simpan banyak tulisan, gambar dan video blogmu di laptop ini tanpa takut kehabisan kapasitas.

Kesimpulan

Banyak banget hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan inspirasi dan ide ketika menulis. Ide memang menjadi faktor utama yang harus dicari dan diburu. Tulisan itu penting, karena itu esensi utama sebuah blog. Tapi pernak-pernik lain seperti gambar dan video dapat membuat pembaca lebih betah karena dapat memanjakan mata.

Faktor pendukung lain pun nggak boleh dihiraukan, karena bisa membantu dalam kelancaran menulis. Pilihlah laptop dengan spesifikasi memadai namun ramah di kantong seperti ASUS VivoBook A407. Laptop ini dibanderol dengan harga Rp 6.499.000 dengan fitur yang sangat menunjang kegiatan blogging.

Ketika blog kamu mulai dikenal orang karena isinya yang bermanfaat, dengan sendirinya pembaca akan merekomendasikan pada orang lain. Yuk buat konten berkualitas agar blogmu naik kelas.
Baca Juga

DONASI VIA PAYPAL

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.igniel.com. Terima kasih.

Artikel Terkait

8 Komentar

  1. laptop yang mantep buat para blogger.. :)

    ReplyDelete
  2. yup bener banget mbk, hal-hal sederhana pun bs membuat kita lebih kreatif yah mbak apalagi didukung asus a407 behhh makin kreatiffff

    ReplyDelete
  3. asus memang top... saya juga pake laptop asus buat ngeblog :)

    ReplyDelete
  4. Saya juga ngrasain pake asus tipe apapun, mantab.. Tpi sementara pake lon**o kalo ada rejeki pingin upgrade ke Asus..

    Agar ngeblog semakin lancar jaya

    ReplyDelete
  5. mbak boleh clone templatenya gak hehehe

    ReplyDelete
  6. Mantap mbk, artikelnya bagus

    ReplyDelete

Gunakan tag HTML <em> untuk menuliskan URL, potongan kode, atau hal penting lainnya.
Contoh: <em>isi pesan</em>