Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Melalui Instant Articles dan Audience Network

Panduan mendapatkan uang melalui Facebook Instant Articles dan Audience Network. Ini adalah cara baru menghasilkan uang melalui artikel yang kamu tulis di Facebook.



1. Pendahuluan

Makin hari Facebook makin menggurita. Ada saja gebrakan baru yang dikeluakan dan bikin netizen geleng-geleng kepala sekaligus berdecak kagum. Dimulai dari akusisi WhatsApp, akusisi Instagram, munculnya FB Ads, dan sekarang bertambah lagi inovasi baru yang nggak kalah keren, yaitu hadirnya Instant Articles dan Audience Network. Keduanya merupakan fitur yang berbeda, namun saling membutuhkan satu sama lain. Dan hal terpenting yang bikin orang-orang tergiur adalah: bisa dijadikan ladang uang! Iya, kamu nggak salah baca. Sekarang kamu bisa mendapatkan uang dari Facebook melalui Instant Articles dan Audience Network.

Inovasi ini bener-bener gila! Facebook yang awalnya hanya media sosial biasa, kini berkembang pesat menjadi media sosial sekaligus media iklan yang dibayar (FB Ads) dan membayar (Instant Articles dan Audience Network) penggunanya.

Penasaran? Sebenarnya mereka itu makhluk apa sih? Trus cara dapet uangnya gimana? Sabar, blog Igniel akan mencoba menjelaskannya satu persatu. Kamu harus membaca dari awal sampai akhir kalau beneran mau dapat uang dari Facebook melalui Instant Articles dan Audience Network. Baca aja males, gimana bisa dapet penghasilan?

2. Pengertian Facebook Instant Articles

Cara Mendapatkan Uang Melalui Facebook Instant Articles

Instant Articles adalah program dari Facebook yang dapat menerbitkan artikel secara langsung ketika dibuka di aplikasi resmi Facebook (selanjutnya disebut App). Dikatakan bahwa Instant Articles mampu memangkas waktu muat artikel sehingga dapat diakses 10 kali lebih cepat dibandingkan ketika dibuka di browser mobile biasa.

2.1. Apa Ciri Jika Artikel Tersebut Adalah Instant Articles?

Kalau kamu melihat sebuah konten di Facebook yang memiliki tanda petir, artinya itu adalah Instant Articles. Maka ketika kamu klik, dia akan langsung otomatis membuka artikelnya di App. Nggak bakal dibuka di browser mobile seperti biasanya.
Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Instant Articles

2.2. Kelebihan Facebook Instant Articles

  1. Loading halaman sangat cepat sampai 10 kali lipat. Bahkan lebih cepat dari AMP milik Google.
  2. Tampilan lebih minimalis, interaktif, dan elegan.
  3. Template dapat dimodifikasi.
  4. Artikel otomatis terbuka melalui browser bawaan App. Menghemat waktu karena pembaca nggak perlu meninggalkan Facebook untuk membukanya.
  5. Namanya juga 'artikel instan'. Intinya lebih cepat, sederhana, dan lebih hemat data tanpa mengurangi kualitas artikel asli.
  6. Bisa menampilkan iklan Audience Network.

2.3. Kekurangan Facebook Instant Articles

  1. Wajib memiliki halaman / fanpage.
  2. Harus membuat aplikasi Facebook dulu.
  3. Hanya dapat dibuka melalui App.
  4. Seperti AMP milik Google, format HTML di Instant Articles agak sedikit berbeda dan harus disesuaikan lagi. Kamu harus edit dulu sebelum mempublikasikannya.
  5. Begitupun dengan iklannya, scriptnya harus disesuaikan.

App = aplikasi resmi Facebook.
Tanda petir hanya akan terlihat di App. Artinya, Instant Articles hanya dapat dibuka ketika kamu menggunakan App. Nggak bakal muncul kalau dibuka di browser mobile biasa.

3. Pengertian Iklan Audience Network

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Audience Network

Audience Network adalah fitur dari Facebook yang membuat advertiser (pengiklan) dapat mengiklankan produk mereka DILUAR Facebook, namun dengan data targeting yang sama yang biasa mereka gunakan.

Dimana saja iklannya dapat muncul?
  1. Di aplikasi Android
  2. Di aplikasi iOS
  3. Di Instant Articles yang penjelasannya sudah saya tulis panjang lebar diatas.

3.1. Kelebihan Audience Network

  1. Keuntungan Bagi Advertiser (Pengiklan)
    Lokasi pemasangan iklan menjadi lebih luas dan nggak terbatas cuma di Facebook doang. Target pasar menjadi lebih banyak dan dapat menekan biaya iklan.
  2. Keuntungan Bagi Publisher (Penerbit)
    Artinya buat kita-kita nih para blogger dan pembuat aplikasi. Ini bisa dijadikan ladang emas untuk meraup dollar. Kita akan dibayar jika menampilkan iklan Audience Network di aplikasi atau di Instant Articles.
  3. Keuntungan Bagi Pembaca dan Pengguna Aplikasi
    Iklan yang ditampilkan sesuai dengan minat dan kesukaan. Misalnya kalau kamu senang memasak dan sedang membuka artikel tentang resep, maka iklan yang muncul pun akan berkaitan dengan hal masak-memasak. Pun ketika membuka aplikasi atau game di smartphone, iklan yang muncul akan sesuai dengan yang disuka saja.

3.2. Kekurangan Audience Network

  1. Sementara ini hanya muncul di aplikasi Android dan iOS, dan di Instant Articles. Belum bisa dipasang di website dan blog secara luas seperti AdSense milik Google.
  2. Menyambung dari atas, artinya iklan nggak bakal muncul kalau dibuka di browser biasa.

4. Kesimpulan

Terlalu males baca semuanya? Ini sih intinya.

Instant Articles adalah program dari Facebook yang membuat artikel bisa terbuka lebih cepat dari aslinya. Instant Articles hanya bisa dibuka dari aplikasi mobile Facebook dan Pages Manager di Andoid dan iOS. Instant Articles bisa dimonetasi dan menghasilkan dollar melalui pemasangan iklan yang bernama Audience Network. Jadi, program yang menghasilkan uang adalah Audience Network. Dan Audience Network hanya bisa dipasang di Instant Articles.

Kelihatannya Facebook memang sedang berusaha untuk bisa bersaing dengan brand lain yang lebih besar, terutama Google. Sekilas, Instant Articles mirip AMP, dan Audience Network mirip AdSense. Tapi iklan Audience Network hanya bisa tampil di dalam Instant Articles. Berbeda dengan AdSense yang bisa tampil di semua jenis web, baik itu AMP maupupun NON AMP. Dan bukan itu saja, ada juga Facebook Sound Collection yang mirip seperti koleksi musik no copyright dari Youtube.

Inovasi dan kreasi itu penting bagi seluruh perusahaan teknologi agar bisa bersaing dan terus digunakan oleh banyak orang. Apapun inovasinya, selama itu positif, kita harus mendukung Facebook. Apalagi kalau bisa menghasilkan uang, didukung banget lah.

5. Tutorial Membuat Instant Articles Dan Audience Network

Kamu pasti nungguin bagian ini kan? Agar bisa mulai mendapatkan uang dari Facebook melalui Instant Articles dan Audience Network, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan. Silakan ikuti dengan membaca artikel lanjutannya berikut ini.

5.1. Cara Daftar Dan Membuat Instant Articles

  1. Blogger
    Bagi pengguna Blogger (Blogspot), kamu bisa ikuti panduannya di artikel Cara Pasang Facebook Instant Articles Di Blogger.
  2. Wordpress
    Sedangkan jika kamu pengguna self-hosted Wordpress, ikuti panduannya di artikel Cara Pasang Facebook Instant Articles Di Wordpress.

5.2. Cara Memasang Iklan Audience Network Di Dalam Instant Articles

Setelah Instant Articles sukses dibuat, kamu mulai bisa monetasi dan menghasilkan uang dari Facebook. Tutorial tentang ini bisa kamu baca di Cara Memasang Iklan Audience Network Untuk Blogger dan Wordpress.

https://instantarticles.fb.com
https://www.facebook.com/business/help/788333711222886
http://www.businessinsider.sg/what-is-facebook-audience-network-and-why-does-it-matter-2016-2
22
Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Melalui Instant Articles dan Audience Network
Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Melalui Instant Articles dan Audience Network
Panduan mendapatkan uang melalui Facebook Instant Articles dan Audience Network. Ini adalah cara baru menghasilkan uang melalui artikel yang kamu tulis di Facebook.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

22 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • San Tuy
    20 September, 2023
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/12295918764914356640
    Bisa dibahas cara terbaru supaya applikasi facebook cepat di terima, soalnya dalam mode pengembangan terus setelah dapaftarkan applikasi
  • blog hijau
    18 Juli, 2021
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/07876076042489511404
    2021 gan saya mampir kesini, masih relevan kah?
  • Unknown
    05 Mei, 2019
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/15815107799974554449
    cara menghasilkan uang di fb diatas sudah dicoba, tapi knp penghasilan nya sedikit ya? apkh ada trik khusus untuk meningkatkan penghasilan iklan ad breaks? atau dengan optimasi halaman biar penghasilan iklan meningkat? trims..
  • Tulisan Ndeso
    15 Februari, 2018
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/05487761607909429713
    mbak Igniel, adakah tutorial membuat daftar ini seperti di post ini? yang ketika di klik linknya bisa menuju ke judul terkait?

    terima kasih
  • Arief Tirtana
    12 Februari, 2018
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/13958648172654210254
    Udah perneh denger tapi kayaknya ribet. Jejak dulu. Fokus di blogger dulu. Thanks infonya
  • anjar
    03 Februari, 2018
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/00677158479617606863
    template blog ini pake apa ya? boleh minta link widget share sosmed?
    • Igniel
      03 Februari, 2018
      Profil: https://draft.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Nggak ada namanya karena bikin sendiri.

      Social share with counter segera dishare tutorialnya.
  • bisotisme.com
    17 Januari, 2018
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/00401530057852388849
    Ok ditunggu bahasan selanjutnya kak :)
  • Pencari Pengetahuan
    16 Januari, 2018
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/17585307858604459540
    mba igniel web ini pake platform blogger ya? keren..
  • test
    04 Januari, 2018
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/03351983649348254459
    Sangat bermanfaat
  • Unknown
    02 Januari, 2018
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/18249578636075569586
    artikel yang bagus, sangat bermanfaat. Saya ada masalah dengan situs saya: www.ummatsatu.net. Sampai 9 bulan ini belum bisa menghasilkan apa-apa. Mohon bantuan saudara semua. kirim kabar baiknya ke email saya: ummatsatu@gmail.com
  • funny moment
    31 Desember, 2017
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/09963917175781217918
    Mada perhitungan pendapatan IA itu kalau artikel dibuka atau iklan yang di klik, terima kasih
  • Edwin
    29 Desember, 2017
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/01052716820235258743
    Dengear dengar keuntungan nya besar juga dari facebook instant articles ini. Btw, kok belakangan ini post setiap hari kak?
    • Igniel
      29 Desember, 2017
      Profil: https://draft.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Iya lumayan besar kalau trafficnya juga besar.

      Iya biar perkembangan blog nggak stuck. Posting sebulan sekali kaya kemarin tafficnya mentok disitu-situ aja. Kan pengen jadi blogger yang rajin juga :)
  • Unknown
    29 Desember, 2017
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/01207060409843145807
    terimakasih atas infonya, dan saya tunggu inovasi2
  • CH
    29 Desember, 2017
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/03283785701596301615
    Saya sudah buat itu.cuma agak ribet di cara pembuatan artikel nya...bisa di jelaskan cara buat instan arikelnya jeng....trims
    • Igniel
      29 Desember, 2017
      Profil: https://draft.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Akan dijelaskan satu-persatu secara bertahap mas. Tunggu ya.
  • CogelRandy
    29 Desember, 2017
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/01065775918352428854
    Bermanfaat
  • Kang Wira
    28 Desember, 2017
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/17188659355465337070
    Tutorial untuk bikin aplikasi facebooknya sekalian atuh teh.. di tunggu ah artikelnya..
    biar tambah semangat buat nulis.. :p
    • Igniel
      28 Desember, 2017
      Profil: https://draft.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Pasti kang. Kan masih nyambung sama tutorial di artikel ini. Mau nggak mau harus dibikin :)
  • Lang
    28 Desember, 2017
    Profil: https://draft.blogger.com/profile/17250744050571368220
    gud bang