Update News Feed, Facebook Dahulukan Konten Dari Teman dan Keluarga

Update terakhir yang dilakukan Facebook pada 11 Januari 2018 membuat News Feed lebih mendahulukan konten dari teman dan keluarga yang sering melakukan interaksi dan diskusi.
Pada 11 Januari 2018, Facebook melakukan update pada algoritma pengurutan konten yang tampil di News Feed. Ini berkaitan dengan tujuan awal dibentuknya Facebook, yaitu mendekatkan orang dan membangun hubungan. Maka untuk mewujudkannya, kini konten yang lebih diprioritaskan untuk tampil lebih dulu adalah post dari orang-orang terdekat yang sering melakukan interaksi seperti teman dan keluarga. Sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pun menguraikan hal ini dalam post terbarunya.


Selama ini algoritma Facebook membuat News Feed lebih memprioritaskan konten dari orang-orang yang memiliki ketertarikan dan minat yang sama. Akan tetapi, hal itu tidak lagi menjadi tujuan utama Facebook.

Mark berkata, News Feed lebih dipenuhi oleh konten publik lain (yang biasanya konten viral) dibandingkan dengan konten dari teman dan keluarga. Ini menjauh dari tujuan utama Facebook, yakni membantu penggunanya terhubung satu sama lain.

Bagaimana Bentuk Updatenya?
Yang diprioritaskan tampil di News Feed adalah konten yang memicu percakapan dan interaksi yang bermakna antar pengguna. Dengan algoritma super canggihnya, Facebook akan memprediksi konten mana yang mungkin akan kamu ajak berinteraksi. Nantinya hal ini diukur dari pemberian reaksi (like, sad, angry, dan lainnya), pemberian komentar, atau aktifitas share pada konten tersebut. Semakin banyak diskusi dan aktifitas, maka konten sejenis itulah yang di hari-hari selanjutnya akan tampil lebih dulu di News Feed.

Interaksi antar pengguna dengan pengguna lebih diprioritaskan dibanding interaksi antar pengguna dengan Fanspage.

Efek Bagi Fanspage Dan Konten Publik Lainnya
Karena ruang di News Feed terbatas, maka Facebook akan mengurangi konten publik lain, termasuk post, foto, dan video dari bisnis, merek, dan media. Ini karena Facebook lebih memprioritaskan konten dari teman dan keluarga dekat. Apakah artinya "memaksa secara halus" untuk beriklan di FB Ads agar kontennya tampil di bagian atas News Feed pengguna? Entahlah.

Selama Facebook melakukan update ini, Fanspage mungkin akan mengalami penurunan traffic dan reach. Tapi dampaknya bervariasi untuk setiap Fanspage, tergantung konten seperti apa yang mereka buat. Jika konten Fanspage hanya berisi post biasa yang tidak mengajak interaksi (seperti post berita yang hanya memberikan informasi), jenis inilah yang mengalami penurunan terbesar. Tapi jika post berisi ajakan untuk melakukan interaksi seperti memberikan komentar yang timbal-balik, maka efeknya tidak akan begitu terasa.

Masih Bisakah Memprioritaskan Post Dari Fanspage Yang Diikuti Agar Tampil Lebih Dulu Di News Feed?
Iya, bisa. Jika ingin melakukannya, pilih See First di News Feed Preferences dan pilih Fanspage favorit kamu.

Apa Jenis Post Dari Fanspage Yang Ditampilkan Lebih Dulu Di News Feed?
Post yang menghasilkan interaksi dan percakapan yang tinggi. Misalnya, aktifitas Live Video yang sering menimbulkan diskusi diantara penontonnya. Biasanya Live Video ini mendapat interaksi enam kali lebih tinggi dari video biasa.

Tidak Ada Ruang Bagi Pengemis Like Dan Komentar AMIN
Memancing agar pengguna memberikan reaksi (seperti menuliskan "ketik AMIN lalu bagikan postingan ini") bukanlah interaksi yang berarti. Konten jenis ini akan diturunkan dari News Feed dengan cepat.

Apakah Ini Berarti Update Dari Fanspage Favorit Akan Hilang Karena Tertutup?
Tidak. Konten dari Fanspage akan tetap muncul di News Feed, meski jumlahnya mungkin akan lebih sedikit.


Kesimpulan

  1. Yang tampil lebih dulu di News Feed adalah post dari teman dan keluarga yang lebih condong ke interaksi sosial natural.
  2. Post berbau jualan dari bisnis, merek, dan media akan dikurangi. Sepertinya tidak berlaku untuk post yang diboost oleh FB Ads. Jika ingin tampil di top News Feed, mau tidak mau memang harus beriklan.
  3. Fanspage dengan post organik tetap punya kesempatan tampil di News Feed paling atas jika memiliki interaksi tinggi (seperti komentar yang timbal balik antar pengguna).
  4. LIVE VIDEO pun lebih disukai dan kemungkinan bisa tampil di top News Feed paling atas jika kolom komentarnya ramai dengan diskusi penonton.
  5. Jangan memancing interaksi dengan kalimat sakti "katakan AMIN dan bagikan postingan ini". Interaksi seperti itu tidak berguna dan akan diturunkan dari News Feed.

https://newsroom.fb.com/news/2018/01/news-feed-fyi-bringing-people-closer-together
5
Update News Feed, Facebook Dahulukan Konten Dari Teman dan Keluarga
Update News Feed, Facebook Dahulukan Konten Dari Teman dan Keluarga
Update terakhir yang dilakukan Facebook pada 11 Januari 2018 membuat News Feed lebih mendahulukan konten dari teman dan keluarga yang sering melakukan interaksi dan diskusi.
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

5 komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse)
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.
  • Unknown
    25 Agustus, 2019
    Profil: https://www.blogger.com/profile/09266248159798422427
    Postingan di fp saya sama sekali tidak muncul di newsfeed, mereka kalo mau komen mesti masuk ke fp dulu.
    Tolong bantuan nya suhu, apa yg mesti saya lakuka supaya normal.
  • Anwar Wahudin
    21 Januari, 2018
    Profil: https://www.blogger.com/profile/14547063490956943735
    Bermanfaat
  • Kha Ferry
    15 Januari, 2018
    Profil: https://www.blogger.com/profile/13805724237168575669
    Izin Ambil Kode Author Mbak :)
  • Okumura
    13 Januari, 2018
    Profil: https://www.blogger.com/profile/01326322987783691739
    btw boleh ngambil author box kaya mbak nggak ?
    • Igniel
      13 Januari, 2018
      Profil: https://www.blogger.com/profile/09199170379661896200
      Boleh. Ada disini https://www.igniel.com/2017/05/widget-author-box-igniel-resume-skill.html