02 August, 2017

Facebook Matikan Fitur Untuk Modifikasi Preview Link

Facebook Tidak Bisa Manipulasi Link Lagi

Saya merasa perlu mengangkat berita ini karena ada hubungannya dengan beberapa tutorial yang pernah ditulis disini, diantaranya tentang menyembunyikan link asli Facebook. Entah ini berita baik atau buruk. Yang jelas para spammer yang suka pake tool autopost udah nggak bisa otak-atik judul, gambar, deskripsi, dan caption kalau mau posting di grup atau wall.

Dengan semakin maraknya berita hoax dan berita yang mengandung clickbait, maka terhitung tanggal 29 Juni 2017 Facebook mematikan fitur untuk modifikasi preview link. Sebuah fitur yang yang memungkinkan kita untuk mengganti judul, gambar, deskripsi, dan caption pada link ketika dibagikan ke Facebook. Memang sih, ada beberapa pihak yang memanfaatkan fitur itu untuk membuat berita yang judul dan gambarnya nggak sesuai sama sekali dengan web asli ketika dikunjungi. Biasanya dipakai untuk mencari banyak traffic karena pengguna Facebook terpancing dengan judul yang udah diubah menjadi lebih bombastis. Bisa aja di judulnya tertulis "Penampakan Hantu", eh....ketika dibuka, webnya malah bercerita soal masak-memasak. Kan nggak nyambung. Berita jenis inilah yang sedang berusaha diberantas oleh Facebook, salah satu caranya dengan mematikan fitur modifikasi peview link.

INGAT! Yang dimatikan hanya fitur modifikasi preview link. Kalau share link seperti biasa ya jelas masih dan akan selalu bisa. Cuma ya itu tadi, udah nggak bisa diotak-atik lagi. Apa yang tercantum di web, tulisan itulah yang akan muncul di Facebook.

Tidak Bisa Modifikasi Link Facebook
Modifikasi link kaya gini udah nggak bisa lagi

Rasanya kurang pas kalau nggak mengutip tulisan aslinya. Mending kamu baca aja berita lengkapnya dibawah ini. Tulisannya udah saya translate ke bahasa Indonesia menggunakan Google Translate, soalnya saya lagi males translate sendiri. Hasil translasinya cukup bagus meski masih ada beberapa kalimat yang rancu. Kalau mau baca dari sumber aslinya yang masih berbahasa Inggris, linknya bisa kamu lihat di akhir artikel.

API Change Log: Memodifikasi Preview Link

Sebagai bagian dari upaya terus-menerus kami untuk menghentikan penyebaran informasi yang keliru dan berita palsu di platform kami, awal tahun ini di F8, kami mengumumkan sebuah perubahan penting pada API Grafik kami: API Grafik versi 2.9 mencakup penghentian 90 hari kemampuan untuk mengedit preview di link posting. Kami ingin membagikan lebih banyak detail tentang perubahan yang akan datang.

Dengan menghapus kemampuan untuk modifikasi metadata link (yaitu judul, deskripsi, gambar) di Facebook, kami menghilangkan saluran yang telah disalahgunakan untuk mengirim berita palsu. Kami juga memahami bahwa banyak penayang memiliki alur kerja yang mengandalkan link preview metadata (termasuk saya, pak Bos Mark) untuk menyesuaikan konten mereka ketika ditampilkan kepada pemirsa di Facebook. Kami berkomitmen pada solusi yang mendukung kerja mereka.

Selama beberapa bulan terakhir, kami bekerja dengan publisher and publishing apps untuk memahami mengapa mengedit link previews penting bagi mereka. Kami berupaya menemukan solusi lain yang memungkinkan publisher berbagi customized content di platform kami, dan kami akan memiliki lebih banyak (informasi mengenai ini) untuk dibagikan dalam beberapa minggu mendatang. Saat membuat perubahan ini, pembuat konten masih bisa mengontrol preview tautan dengan menggunakan meta tag Open Graph. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara meng-host dan melihat pratinjau perubahan ini di CMS Anda, lihat dokumentasi kami. Kami juga bekerja langsung dengan aplikasi yang mendukung media publishers untuk mengelola perubahan yang akan datang ini bagi klien mereka.

Kami akan menyediakan alat dan sumber daya publishers dan aplikasi untuk mengakomodasi perubahan yang akan datang.

Tujuan kami adalah untuk mendukung alur kerja publisher dan fungsi aplikasi, sekaligus membatasi bahaya dari konten tautan yang mendasarinya. Seiring penyesuaian konten berkembang, kami terus bekerja sama dengan mitra kami untuk mendukung alat terbaik untuk berbagi tautan di Facebook.

Selesai.

Gimana nih tanggapan kamu? Apa dengan dihapuskannya metode mengubah preview link di Facebook ini akan benar-benar bisa memberantas hoax dan clickbait? Buat saya yang lebih condong ke pengembangan tool Facebook sih kurang setuju. Bukan karena saya suka nyari traffic dengan cara menyebar berita hoax dan clickbait, tapi keasikan untuk mengulik Facebook jadi sedikit berkurang. Jangan lupa kunjungi sumber aslinya (yang linknya ada di akhir artikel) dan baca komentarnya. Lihat deh, yang komen kebanyakan setuju atau nggak.

https://developers.facebook.com/blog/post/2017/06/27/API-Change-Log-Modifying-Link-Previews/
Baca Juga

2 Komentar

Mantap, dengan update ini kita tidak perlu terkecoh lagi dgn priview palsu

Sayang banget nih,,padahal saya sangat butuh fitur ini difacebook ketika akan share link dari blog saya

Komen pakai akun asli tidak akan menurunkan harga diri kok. Buat apa pakai pakai kloningan :)