22 July, 2017

4 Tips Membangun Personal Branding dengan Memanfaatkan Teknologi Internet

Banyak orang menyamakan makna personal branding dengan pencitraan. Padahal, personal branding jauh lebih menarik dari itu. Secara sederhana, personal branding merupakan sebuah proses yang dilakukan seseorang untuk menonjolkan brand atau "merek" sehingga lebih mudah dikenal. Dengan personal branding yang kuat pula, seseorang dapat meninggalkan kesan mendalam kepada orang lain yang berinteraksi dengannya.Brand yang dimaksud bisa berbentuk keahlian, kompetensi, dan keunikan tertentu.

Istilah personal branding semakin tren di kalangan para netizen seiring dengan semakin ramainya pengguna media sosial. Interaksi yang terjadi antara individu yang satu dengan yang lain di jejaring sosial ini tanpa sadar telah membentuk sistem yang ideal untuk membangun personal branding yang kuat. Nah, untuk memaksimalkan hasilnya, simaklah 4 tips berikut.

1. Tampilkan Sosok Anda dengan Utuh Melalui Instagram

Tips Membangun Personal Branding Melalui Instagram
Instagram - Pixabay

Tidak usah jauh-jauh memikirkan apa yang harus dilakukan untuk membangun personal branding di dunia maya. Mempublikasikan aktivitas harian melalui foto atau video di Instagram sebenarnya sudah merupakan salah satu bentuk personal branding yang sederhana.

Tak ayal lagi, Instagram saat ini semakin ramai dan populer di kalangan pengguna internet. Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini memang sangat mendukung seseorang untuk "memamerkan" diri maupun keahliannya. Melalui Instagram, Anda bisa menonjolkan kesan tertentu sehingga bisa ditangkap secara positif oleh para follower.

Contohnya, untuk membangun kesan fleksibel, dinamis, aktif, dan mandiri, Anda bisa mem-posting foto-foto perjalanan yang dilakukan dengan memanfaatkan bantuan aplikasi Traveloka di gawai Anda. Sementara itu, kesan detail, kreatif, dan penuh tanggung jawab bisa ditampilkan melalui foto-foto aktivitas ketika mengerjakan sebuah karya seni.

Tak perlu khawatir, beragam pilihan paket internet yang saat ini sungguh terjangkau sehingga membuat tips yang satu ini sangat mungkin dilakukan. Misalnya, hanya dengan modal Rp38.000, Anda sudah bisa menikmati paket internet Im3 dengan kuota sebesar 1 GB.

2. Bagikan Pengetahuan Anda dengan Kultwit

Tips Membangun Personal Branding Melalui Twitter
Kultwit - CloudIndonesia

Cerewet di media sosial tidak selalu merupakan hal yang negatif. Syaratnya, apa pun hal yang Anda ungkapkan tersebut memiliki nilai manfaat bagi orang lain, khususnya follower Anda. Oleh karena itu, jangan asal melakukan kultwit (memaparkan topik tertentu secara terstruktur dengan rangkaian tweet).

Kultwit yang tidak berdasarkan pengetahuan dan kompetensi disertai pengalaman di lapangan hanya akan membuat Anda terlihat seperti sedang membual. Bukannya mendapatkan simpati dan kekaguman, Anda justru membuat orang lain semakin meragukan kemampuan Anda.

Ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai bahan kultwit. Berbekal semangat berbagi, Anda bisa mencerahkan orang lain sekaligus memperkuat personal branding sehingga lebih dikenal melalui ulasan-ulasan tersebut. Pada dasarnya, Twitter unggul dalam hal kebaruan sehingga Anda pun wajib menggali topik-topik yang masih hangat dan ramai dibicarakan.

3. Bangun Komunikasi Intensif di Dinding Facebook

Tips Membangun Personal Branding Melalui Facebook
Facebook - Pixabay

Apakah Anda ingin dikenal sebagai sosok yang terbuka serta luwes berkomunikasi? Menguasai teori komunikasi dengan sangat baik tidak akan ada faedahnya jika Anda tidak mengaplikasikannya ketika berinteraksi dengan orang lain. Nah, salah satu media sosial yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan maksimal adalah Facebook.

Melalui Facebook, Anda bisa membangun personal branding dengan sangat mudah. Cara paling sederhana adalah dengan aktif melontarkan komentar positif dan cerdas pada setiap topik obrolan yang diangkat oleh teman Facebook Anda. Tunjukkan kesan bahwa Anda paham masalah tersebut dan mau berdiskusi untuk mencari solusi yang sesuai.

Salah satu contohnya adalah ketika teman Anda mengungkapkan kesulitan yang dialaminya ketika ingin membeli pulsa. Anda bisa memberikan solusi jitu, seperti membeli paket internet Im3 di Traveloka. Dengan langkah ini, Anda juga akan dikenal sebagai pribadi yang peduli dan bisa diandalkan.

4. Bangun Website (Blog) Menjadi Rumah Maya

Tips Membangun Personal Branding Melalui Blog
Blog - Pixabay

Meskipun saat ini pamornya kalah dengan berbagai jenis media sosial yang sedang tren, website atau blog tetap masih memiliki tempat di hati para netizen. Bagaimana tidak, blog menawarkan ruang yang lebih luas bagi siapa pun yang ingin mengungkapkan ide dan opininya.

Untuk membangun personal branding, Anda bisa melakukan beberapa proyek mandiri dan kreatif seperti menjadwalkan posting-an tematik di blog. Ini akan menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk leluasa menyampaikan visi dan misi, baik secara tersirat maupun blakblakan. Melalui tulisan yang diterbitkan di blog, pembaca akan memperoleh informasi yang akurat, detail, dan bermanfaat mengenai diri Anda.

Dibutuhkan kedisiplinan dan konsistensi untuk mengurus sebuah blog supaya tetap aktif dan mendapat tempat di hati pembacanya. Semakin aktif menulis di blog dan semakin mendalam ulasan yang Anda sampaikan di sana, pengunjung blog pun akan semakin bertambah. Untuk semua aktivitas online ini, Anda tidak perlu memikirkan kuota karena sudah tersedia paket Internet Im3 yang sangat terjangkau.

Tujuan personal branding bukanlah semata-mata untuk membuat semua orang menyukai Anda. Justru, dengan strategi personal branding yang tepat, Anda bisa tampil apa adanya. Lalu, biarkanlah orang lain yang melihat keunikan Anda sebagai individu. Keunggulan memiliki personal branding yang kuat adalah adanya kesempatan yang lebih besar untuk memenangkan kompetisi. Biasanya, para klien atau orang-orang yang menawarkan kerja sama, mencari sosok yang unik dan berbeda dari orang kebanyakan.

Nah, setelah membaca ulasan ini, Anda tentu memiliki gambaran yang lebih jelas seputar hal-hal penting yang harus dilakukan untuk mendongkrak popularitas serta personal branding ke tahap yang maksimal. Selamat mencoba.
Baca Juga

3 Komentar

Wah, ga kepikir sampai kesana banget, taunya selama ini cuma main medsos tiap hari cuma buat stalking si doi

saya akan coba gan untuk membuat personal branding dibidang jasa

Komen pakai akun asli tidak akan menurunkan harga diri kok. Buat apa pakai pakai kloningan :)