14 February, 2017

Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage

Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage - igniel.com

Sebagai sebuah media sosial yang memiliki banyak pengguna, Facebook tetap membatasi jumlah pertemanan untuk setiap akun yang ada. Sampai saat ini batas maksimal jumlah teman yang diperbolehkan adalah 5.000 orang. Kalau kamu udah punya teman Facebook sebanyak itu, artinya nggak bisa lagi buat menambahkan teman lain. Hal ini cukup menyebalkan terutama untuk online shop. Promosi pun nggak bisa diperluas karena jumlah teman udah mentok. Terlebih, sebenarnya akun pribadi bukan tempat yang pas untuk berjualan. Facebook sendiri nggak menyarankan untuk berjualan di akun pribadi. Udah banyak lho kasus dihapusnya akun pribadi secara sepihak oleh Facebook ketika nama akun tersebut mencerminkan brand atau jualan. Nggak mau kan akun yang udah banyak pelanggan tiba-tiba raib tanpa sepengetahuan kamu.

Solusi?

Coba deh buat sebuah halaman alias Fanspage. Disana tempat yang paling pas untuk kegiatan jual beli. Selain karena kaya fitur, Facebook pun lebih menyarankan untuk membangun bisnis atau brand melalui Fanspage. Dengan Fanspage, kamu nggak lagi dibatasi soal jumlah teman. Malah makin bagus kalau makin banyak orang yang menyukai Fanspage kamu. Tapi apa nggak ribet bangun dari awal dan mengundang mereka untuk menyukai Fanspage kamu satu per satu?

* Baca Juga: Script Auto Invite All Friends To Like Fanpage *

Solusi lain?

Ganti aja akun pribadi Facebook kamu menjadi Fanspage! Ya, ternyata bisa banget mengubah akun pribadi Facebook menjadi Fanspage tanpa perlu mengumpulkan teman dari awal. Semua orang yang sebelumnya sudah menjadi teman kamu, otomatis akan berubah menjadi liker / penyuka Fanspage.

Misalnya, di akun pribadi ada 3.500 teman. Ketika di-migrate, jumlah liker Fanspage kamu langsung berjumlah 3.500 juga. Mereka adalah orang yang sudah menjadi teman kamu di akun pribadi yang lama.

Gimana nasib akun pribadi? Apakah akan terhapus karena proses migrasi ini?

TIDAK. Per tanggal artikel ini dibuat, kebijakan yang berlaku adalah: Kamu akan mempunyai keduanya. Fanspage baru dan akun pribadi yang tetap hidup. Tapi harap diingat, kebijakan ini berganti-ganti. Sebagai contoh, dulu sekitar tahun 2015 awal, ketika melakukan migrasi, akun pribadi akan terhapus dan diganti dengan Fanspage.

Gimana, asik kan? Nggak mesti capek membangun customer dari awal. Simak aja nih cara convert profil pribadi Facebook menjadi Fanspage berikut ini.

Langkah-Langkah

  1. Login ke Facebook dulu dong yang jelas.
  2. Pergi ke alamat https://www.facebook.com/pages/create/migrate.
    Klik tombol "Get Started".
    Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage - igniel.com

  3. Perhatikan dengan seksama tulisan yang ada disana.
    - Alat yang otomatis menyalin informasi dari profil pribadi ke Fanspage akan tersedia selama 14 hari. Artinya, kamu diberi waktu 14 hari untuk menyalin semua data dari akun pribadi. Kalau dalam waktu tersebut kamu nggak melakukan apapun, otomatis Fanspagenya terbuat tapi informasi dan likernya kosong. Proses menyalin otomatis ini dimulai dari langkah ke 3 dibawah.
    - Kamu masih tetap bisa menggunakan profil pribadi untuk berkomunikasi dengan teman. Artinya akun pribadi kamu nggak akan terhapus ya.
    Klik tombol "Continue".
    Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage - igniel.com

  4. Kemudian akan muncul pilihan untuk mengubah data Fanspage. Mau diubah atau nggak, itu terserah kamu. Kalau udah, klik tombol "Next".
    Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage - igniel.com

  5. Nah, ini langkah yang cukup penting, yaitu proses untuk memindahkan semua teman di akun pribadi menjadi liker Fanspage. Kamu bisa memilih siapa aja yang mau dijadikan liker. Biar cepet, klik aja "Select All". Kalau udah dipilih, klik tombol "Next".
    Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage - igniel.com

  6. Langkah terakhir. Akan muncul pilihan, album mana aja yang mau ikut dipindahkan ke Fanspage. Buat para online shop enak nih, nggak usah capek upload ulang semua gambar produknya. Kalau udah, klik tombol "Finish".
    Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage - igniel.com


SELESAI. Ini dia hasil akhir dari proses migrate profil pribadi Facebook menjadi Fanspage.

Migrate: Mengubah Akun Pribadi Facebook Menjadi Fanspage - igniel.com

Hal yang harus diperhatikan:
  1. Karena diberi waktu sampai 14 hari untuk menyalin informasi dari akun pribadi, kita anggap saja seperti ini: butuh waktu 14 hari sampai semua informasi bisa dipindahkan dengan sempurna ke Fanspage.
  2. Wow jumlah liker langsung bertambah drastis sesuai jumlah teman! Enak ya, Fanspage baru tapi likernya udah banyak.
  3. Jika jumlah liker kurang dari jumlah teman di akun pribadi, kembali ke nomor satu. Tunggu sampai 14 hari kedepan.
  4. Jika sampai 14 hari jumlah liker nggak kunjung bertambah sesuai dengan jumlah teman, itu hal wajar. Saya pun sering mengalaminya setiap migrate akun. Sepertinya karena ada akun mati / nggak aktif kemudian dihapus otomatis oleh Facebook. Selebihnya nggak tau, itu urusan Facebook.

Panjang juga. Makanya jangan lupa share dan kasih komen untuk artikel ini ya. Silakan langsung praktekan cara migrasi ini dan pindahkan lapak kamu ke Fanspage agar jangkauannya audience-nya lebih luas.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Dua Fanspage Facebook Menjadi Satu

9 comments

Aku pernah nyoba beginian gak berhasil, beberapa kali belum berhasil pula, kenapa ya...

Gagalnya waktu proses apa? Likenya gak nambah?

maksudnya menyalin,,,apakah informasi yang di Fanspage baru kita update dan samakan ddengan yang di profil teh Igniel

OWH bukan otomatis sama om facbook ny ya,,mba

Nggak kang. Namanya juga memindahkan akun pribadi jadi FP. Datanya pasti sama.
Tapi bisa diedit kok di langkah ke 4 di tutorial diatas.

Sy mau tnya, misal akun sdh migrasi ke FP,,Jmlh tmn di akun pribadi dan FP ttep sama kn..
Nah ketika kita mau hpus tmen di akun pribadi .. kira2 ngaruh gk di FP?

Nggak ngaruh kak. Nggak bakal ngurangin.

Komen pakai akun asli tidak akan menurunkan harga diri kok. Buat apa pakai pakai kloningan :)